Tipe-tipe Tamu Undangan Hajatan Pernikahan

Tipe-tipe Tamu Undangan Hajatan Pernikahan

Setelah liburan akhir tahun berakhir, petualangan baru di tahun 2018 dimulai sejak kembali kerutinitas sebuah pekerjaan.

Tahun baru berarti awal yang baru, planning kerja yang baru, target yang baru dan kalau bisa semua hal bisa serba baru. Bagi sebagian orang, Tahun baru bisa menjadi awal yang baik untuk menjalin sebuah hubungan serius dalam indahnya mahligai pernikahan.

Tipe-tipe Tamu Undangan Hajatan Pernikahan

Yah, selain tahun baru identik dengan habisnya uang belanjaan setelah liburan panjang tahun baru. Kini diperparah lagi dengan banyaknya undangan hajatan di awal tahun baru ini. Ada 4 undangan hajatan pernikahan yang saya terima minggu ini.

Ngomong-ngomong soal undangan hajatan, ada hal unik yang saya pelajari saat berada dalam kondangan tersebut. Yaitu uniknya tipe-tipe tamu kondangan yang hadir dalam acara hajatan tersebut.

#1. Tamu Kepagian

Disetiap undangan, pasti sudah ditentukan kapan acara hajatan tersebut dilangsungkan. Dan normalnya, kebanyakan tamu hadir di waktu yang ditentukan, tapi ada sebagian tamu yang merobohkan sebuah aturan. Yaitu datang paling awal.

Paling awal disini bukan hadir tepat acara itu dimulai, justru sebelum acara hajatan tersebut dimulai. Ada saja tamu seperti ini, hajatan yang seharusnya dimulai jam 4 sore, tamu seperti ini malah datang jam 7 pagi.

Alasan mereka beragam, ada yang beralasan sibuk kerja atau kerja masuk sore, bebarengan dengan hajatan lain dan sebagainya.

Dan ada yang lebih unik lagi di daerah saya, banyak diantara tamu undangan, khususnya laki-laki, justru memberi amplop disaat acara walimatul urushi, sedangkan acara hajatannya masih besoknya. Alhasil, dengan banyaknya yang memberi amplop di acara walimatul urushi, kondangan besoknya jadi terlihat sepi dari tamu undangan yang tinggal didesa sendiri.

Baca juga   Keberagaman itu Indah Jika Kita Bijak Menyikapinya

#2. Tamu Terakhir

Tipikal tamu seperti ini ada dua, yang pertama karena terpaksa datang paling akhir karena urusan pekerjaan dan yang satunya iseng karena ingin mengoda pasangan suami istri dengan lebih leluasa.

Normalnya, acara hajatan itu berakhir disekitar jam 9-10 malam. Nah tamu terakhir ini justru datang di jam 11 malam, disaat semua pernak-pernik acara hajatan sudah banyak yang dikemas kembali.

Tujuannya pasti untuk mengoda pengantin baru, juga biar pengantin baru tidak bermesraan terlalu dini. Dulu sewaktu pernikahan saya di acara hajatan suami, disaat saya dan suami sudah masuk kamar dan menghapus riasan, tamu seperti ini hadir hampir jam 12 malam.

Karena saya lelah dan mengantuk, saya berpamitan untuk tidur terlebih dahulu, dan suami saya yang menemani tamu-tamu ini hingga satu jam lebih.

#3. Tamu Zaman Now

Tamu zaman now

Nah, tipikal tamu seperti ini didominasi oleh kaum anak muda yang tak bisa lepas dari pengaruh gadget dan teknologi informasi.

Setelah datang dan menyantap menu makanan yang disediakan di acara hajatan, tipikal Tamu zaman now ini lebih sibuk memperhatikan gadgetnya ketimbang memperhatikan sekelilingnya. Bahkan ada juga disaat tangan kanan pegang sendok untuk menyantap hidangan, tangan kiri sibuk memainkan gadget.

Baca juga   Bunda Zaman Now Itu Seperti Apa?

#4. Tamu Anak Kos-kos-an

Dulu sewaktu menjadi anak kos. Menghadiri acara hajatan seperti ini merupakan cara tepat untuk menikmati berbagai makanan enak dengan biaya yang cukup hemat.

Hanya dengan mengeluarkan uang sekitar 20rb-50rb, kita bisa memilih berbagai menu yang ada di acara hajatan. Apalagi acaranya di selenggarakan di hotel ataupun gedung. Tentu dalam hajatan seperti ini, menu yang ditawarkan cukup bervariasi.

Nah dikesempatan seperti itu, kita sebagai anak kos bisa mencicipi semua menu yang ada di suguhan acara hajatan tersebut. Makan senang, perut kenyang, pulang membawa bingkisan, hehehe :D

#5. Tamu Unknown

Mengahadiri acara hajatan sudah menjadi sebuah adat dalam bangsa ini. Malah bagi sebagian wilayah, hajatan seperti ini jadi seperti investasi ataupun hutang yang harus dibayar.

Maksudnya investasi disini, bagi mereka yang belum menikah, menghadiri hajatan merupakan investasi. Jika suatu saat giliran dia yang menikah, secara otomatis dia akan mendapatkan feedback dari hajatan yang pernah dia kunjungi.

Tapi ada sedikit orang yang tidak mementingkan hal demikian, kebanyakan orang menuliskan nama di sebuah amplop yang berisi uang untuk menghadiri hajatan, agar suatu hari nanti amplop tersebut juga dia terima saat membuat hajatan serupa.

Tamu unknow ini justru tidak menulisi amplop berisi uang itu dengan namanya. Seakan akan dia tidak mengharapkan imbalan lagi.

#6. Tamu Opportunis

tipe tipe tamu kondangan

Tipikal tamu unknow adalah sebutan tamu dengan keikhlasan yang luar biasa, jauh berbeda dengan tipikal tamu oportunis. Tamu opportunis ini juga sama-sama tidak menulis amlop dengan mencantumkan nama. Bedanya berada dinilai uang dari amplop tersebut.

Logikanya, tidak ada batasan dalam memberikan amplop hadiah dalam sebuah hajatan, tapi coba renungkan lagi. Kita rinci dari besarnya pengeluaran dari pemilik hajatan, makanan yang disantap setiap tamu, juga pengeluaran lain seperti sound sistem, aparat dan sebagainya.

Tamu oportunis ini lebih mementingkan “Pokoknya makan”. Sedangkan nilai dari amplopnya jauh dari standart yang ada di satu wilayah. Sebut saja jika standart amplop hajatan berisi sekitar 15rb-20rb minimal. Si Opoportunis ini justru mengisi amplop dengan besaran 5rb rupiah saja.

Dan ironisnya amplop yang berisi besaran uang segitu tidak tercantum nama pemberinya. Bahkan ada juga yang berupa amplop tak berisi (kosong). Kan kasihan juga pemilik hajatannya kalau tipikal tamu opportunis ini banyak yang datang.

Mungkin karena alasan ini, banyak hajatan modern yang mengunakan buku tamu yang ditulis disetiap tamu yang baru hadir di hajatan tersebut. Dengan adanya buku tamu, bisa meminimalisir adanya tamu opportunis seperti ini.

Baca juga   7 Macam Hal Jorok Yang Biasa Dilakukan Cowok Yang Jarang Diketahui Wanita

***

Dari berbagai tipe tamu undangan yang saya sebutkan, tipe tamu undangan mana yang sering kalian jumpai? Jika tidak keberatan, coba deh di share di kolom komentar, atau mungkin ada tipikal tamu undangan lain menurut kalian?


Pandaan, 09 Januari 2018
Dewi'Na Irawan

Read more »
7 Macam Hal Jorok Yang Biasa Dilakukan Cowok Yang Jarang Diketahui Wanita

7 Macam Hal Jorok Yang Biasa Dilakukan Cowok Yang Jarang Diketahui Wanita

Tidak semua pria tampan itu keren, karena yang terlihat dari mata kita (terutama cewek) adalah skenario yang dibuat oleh pria untuk menarik perhatian si wanita.

Wajar saja sih, pria melakukan hal terbaik di depan wanita yang disukainya, kan memang itulah modal untuk mendapatkan perhatian si wanita. Tapi tahukah engkau wahai para wanita, banyak hal yang tak terduga yang sering dilakukan para lelaki ini dibelakang kita.

Hal tak terduga itu menjadikan kita kaum hawa menjadi ilfeel saat melihat kelakuan sipria ini.
Source image by stocksnap.io 

Aku menulis artikel ini, bukan tanpa ada riset dan fakta yang jelas. Karena aku sudah menikah, se-enggaknya sedikit paham bagaimana kebiasaan seorang laki-laki itu pada umumnya. Berikut 7 hal jorok yang biasa dilakukan oleh seorang laki-laki yang ajrang di ketahui oleh para wanita

1. Kebiasaan Jorok Pria itu Mengupil saat Waktu Senggang 

Suamiku sih jarang melakukan hal ini, bukan hanya cowok saja, cewek juga pernah mengupil. *buka aib sendiri :'). Suamiku pernah cerita, dia mempunyai teman yang hobinya mengupil bahkan saat makanpun masih sempat-sempatnya mengupil.

Ada lagi yang lebih parah, salah satu temannya suami, ada yang memanjangkan kuku jempol dan jari manis di tanggan sebelah kiri. Ternyata tujuan dari memanjangkan kuku tersebut adalah untuk bisa mengupil dengan kuku panjangnya, setelah upilnya terangkat dan masih menancap di ujung kuku, nah disitulah keisengan terjadi.

Upil yang masih menancap di ujung kuku jempol, dia sentilkan dengan mengunakan kuku di jari manis. Kalau hanya disentil supaya upilnya dibuang sih, gak masalah. Nah ini, upil yang disentilkan itu, diarahkan ke orang bahkan kedinding-dinding. Kurang kerjaan banget kan?

2. Kentut Sembarangan Menjadi Tradisi Buruk Lelaki

Aku baru tau kalau kelakuan temannya suami itu suka kentut berjamaah, kalau udah ngumpul dan dibarengi ngopi diluar rumah. kentut itu udah tidak ada rem-nya, yang penting lega dan terserah di kondisi tempat seperti apapun tak masalah.

Yang bikin kaget banget, saat kentut itu dihadapkan ke muka, kurang ajar banget memang. Tapi namanya juga teman akrab, jadi malah balas-balasan kentut.
Baca juga  Jika Kamu Perokok, Cobalah Menjadi Perokok Yang Bijak Dan Elegan

3. Memegangi "Anu-nya" Saat Bangun Tidur Untuk Menghangatkan Diri

Pagi hari memang udaranya dingin, apalagi kalau daerah pegunungan. Kalau cewek sih paling lanjut tidur lagi dengan selimut tebal kesayangan.

Berbeda dengan cowok, ada cara unik untuk sekedar menghangatkan diri dari hawa dingin pagi hari. Yaitu dengan memasukkan kedua tangan kedalam "anu-nya". Kata suami, kebiasaan seperti itu kebanyakan dilakukan oleh seorang pria. Disamping untuk kehangatan mungkin juga untuk menenangkan si "Anu-nya" tersebut. Wkwkwkwk :P

4. Kebiasaan Pipis Tidak Cebok Saat Darurat

Pernah gak lihat cewek pipis di pinggir jalan? Pasti gak pernah kan, kebanyakan para ojek atau om-om yang suka pipis di pinggir jalanan deket pohon-pohon.

Kemarin saat lihat pertandingan sepak bola kampung, sempet kaget lihat pemain bola jongkok di pinggiran lapangan. Sempet aku berpikir, itu pemain lagi jampi-jampi kali yak biar pertandingannya menang.

Eh ternyata, Dia pipis pemirsyaa... Pasti tidak cebok, kan gak ada air di pinggiran lapangan, juga terlihat ada bekas basah dicelananya. Aih... udah besar ngompol dicelana :P

5. Meludah Sembarangan

Source image by stocksnap.io 
Minggu kemarin saat pulang dari Malang naik bis, aku terpaksa naik ojek untuk sampai rumah gegara suami kebetulan pas belum pulang kerja. Tukang ojeknya agak tua, aku sih tidak mempermasalahkan tentang cara mengemudinya, cuma aku paling sebal ketika dia meludah sembarangan, apalagi aku dibelakangnya juga sedikit terciprat liurrnya. Kenapa tidak nunggu berhenti dulu baru meludah, kenapa pas dijalan yang bisa saja liur tersebut terkena orang lain.

Memang tak semua pria seperti ini, tapi ada juga yang sudah menjadi kebiasaan. Mungkin produksi air liurnya sangat extreem, jadi tiap beberapa menit, selalu meludahkan air liurnya.

6. Melihat Cewek Lain Dengan Nafsu

Jika anda baru bersuami, jangan terlalu cemburu saat mata pasangan anda melirik kepada wanita lain. Memang udah kodrat kali yak, mata lelaki itu hobby lihat tubuh wanita.

Tapi, se-enggaknya kita sebagai istri yang baik, mengingatkan bahwa hal tersebut itu salah, mending lihat bodi kita sebagai istrinya sendiri. Biar udah tambah bulat, tapi itu yang dihalalkan.

7. Korek-korek Telinga Dengan Jari Kelingking dan Menciumnya

Entah, apa asiknya melakukan hal tersebut. Padahal sudah tau kotoran telinga baunya juga tak sedap dihidung, tapi kenyataannya, banyak pria sering melakukan hal tersebut.

Tidak ada cotton bat, jari kelingkingpun jadi. Yang penting bisa menghilangkan rasa gatal di telinga. Setelah itu baru dicium apakah itu benar bau kotoran telinga atau emas yang tersimpan ditelinga, wkwkwkw :P
Baca juga  7 Tip Menjaga Kesegaran Kamar Tidur Tetap Terjaga Dan Tidak Berbau

***

Jadi, jangan terlalu kaget ketika anda baru bersuami dan mendapati kebiasaan buruk suami seperti itu. Jangan langsung kecewa, tugas kita hanya menyarankan hal baik biar dia berubah ke arah yang baik.

Kebiasaan itu selayak sudah mendarah daging, tapi bukan mustahil untuk merubahnya. Cukup dengan sabar dan selalu mengingatkan adalah cara terbaik untuk merubah kebiasaan tersebut secara pelan-pelan.


Semoga bermanfaat

Dewi'Na Irawan, 27.10.2016
Read more »
5 Hal Populer Yang Terlupakan Saat Ada Media Sosial Dan Layanan Messenger Di Handphone

5 Hal Populer Yang Terlupakan Saat Ada Media Sosial Dan Layanan Messenger Di Handphone

Saya merupakan sosok manusia yang masih merasakan hidup tanpa ada gadget di tiap harinya. Cukup menyenangkan sih, sebetulnya. Masih merasakan senangnya tulis-menulis di selembar kertas untuk dikirimkan ke seseorang yang jauh disana.

Jika Anda pernah juga mengalami hal serupa!, berarti kita seumuran, bahkan bisa lebih tua dari saya, hahaha xD

Begitu memasuki era 2005, muncullah handphone hitam putih yang bentuknya kadang gede kadang kecil lonjong kayak "menjeng". 
image source by google
*note: menjeng itu sejenis makanan dari tempe yang di kepal-kepal membentuk lonjong
Tidak begitu menarik kalau dilihat di zaman sekarang yang serba touch screen, bahkan ada selogan "HP masak gitu", ketika ada yang memakai hp jadul di zaman sekarang ini.

Tapi handphone jadul tersebut tak kalah menarik sebenarnya di masanya, ada gamenya juga, serta bisa juga untuk sekedar mendengarkan lagu yang jumlahnya terbatas karena faktor media penyimpanan yang begitu terbatas, bisa juga dengan mendengarkan radio dikala senggang.

Semenjak Android bermunculan, juga media sosial sudah sangat mudah di akses, begitu pula aplikasi messenger banyak bertebaran. Banyak hal yang terlupakan yang selalu dilakukan ketika handphone jadul tren di eranya.

Apa saja yang pernah populer, dan sekarang sudah kehilangan sisi populernya, tergantikan oleh banyaknya messenger dan media sosial?.

1. Cu-mi (Cuma Miss Call)

Yang hidup di era kelahiran saya, pasti sempat ingat bahwa cu-mi ini populer dikalangan kita.

Beralasan hanya sekedar usil atau memang mau telpon tapi masih malu untuk bicara, karena di zaman kita dahulu, orang nya pemalu banget.

Pun juga, miss call juga untuk mengetahui nomer HP ini masih aktif atau tidak. Biasanya orang yang melakukan ini bertujuan nyari pasangan dengan menekan nomor acak, ketika yang mengangkat seorang cewek, berlanjut dengan kenalan dan sebagainya.

2. Private Number

Sama seperti miss call tadi, bedanya, ini lebih kepada orang iseng pengecut yang sok misterius.

Dibilang pengecut, karena mereka yang melakukan hal ini, tak mengizinkan nomor HP nya diketahui sang penerima.

Kalau hanya sekedar iseng gangguin orang tidur, type kayak gini, merupakan orang yang paling menyebalkan.

Bagaimana tidak?

Ketika kita kesal, pengen marahin penelepon gila ini, kita tak pernah tau nomor yang harus dihubungi. Jadi, ya pasrah dech, atau dengan mematikan handphone biar masalah terselesaikan.

3. Nomor Nyasar

Kalo yang ini, mungkin kebanyakan cowok atau cewek kecentilan yang lagi nyari pasangan. Atau juga memang mereka typikal orang kesepian yang terlampau lama dalam kegalauan, wkwkwk :-P

Pada awalnya, nelpon sok kenal dengan menyebut nama temannya, setelah dibilang salah sambung, eh masih nelpon lagi dan bilangnya mau kenalan.:-(

Huft, kenapa nggak dari tadi coba pengen kenalan, nggak gentle banget rasanya, pake bohong segala. Kalau saya sendiri, ogah ngelayanin orang semacam ini.

4. Pesan Nyasar

Sama halnya penelepon nyasar yang sok kebanyakan pulsa, bedanya, mungkin yang sms nyasar gini typikal cowok atau cewek kere yang hobi ngabisin bonusan yang seambrek.

Dulu kan sering program soluler yang menghadirkan bonus ratusan sms dengan syarat ngabisin sms dengan pulsa reguler sebanyak 5 sampai 10 kali.

5. Pesan Singkat

Mungkin sekarang bisa dikatakan pesan alay dan lebay.

Masih ingatkah dengan pesan singkat ini: 

Gi ngap = lagi ngapain
Ru lez = baru bales
Lez gpl = bales gak pake lama
Dan sebagainya.
Dulu, pesan sengaja disingkat karena tidak semua handphone support dengan banyak karakter untuk bisa dikirim. Kadang hanya support 30 huruf saja.

Jadi menyingkat kata adalah cara tepat untuk me-minimalisir pesan agar bisa terkirim atau biaya dari pesan tersebut.

So, bagaimana?
Merasa bernostalgia kah, dengan kebiasaan unik masyarakat jadul yang masih mengunakan hal populer seperti di atas?.

Bagaimana dengan pengalaman kalian saat masih handphone jadul dulu?.

Semoga artikel ini menghibur, walau memang tidak ada unsur stand up yang menghibur

Sekian.


Dewi'Na Irawan
Pdn, 071016
Read more »

Islam

Parenting

Blogging