google-site-verification=vcQB02ZIxvqCFR8t5cvxiRGjaTOwbQmToxYGEZfk6MU Perihal Diri | Sebuah Catatan Menimbah Jati Diri: Dukung Pertumbuhan Anak Dengan Susu Tinggi Protein Dukung Pertumbuhan Anak Dengan Susu Tinggi Protein -->

Dukung Pertumbuhan Anak Dengan Susu Tinggi Protein

Dukung Pertumbuhan Anak Dengan Susu Tinggi Protein
Source image : https://pediasure.co.id

Tahukah Bunda bahwa Indonesia menempati posisi ke-3 untuk jumlah stunting pada anak terbanyak di dunia.

Stunting adalah kondisi pertumbuhan anak yang lebih pendek dibanding anak seusianya. Dengan kata lain tinggi anak berada di bawah standart yang telah ditetapkan Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Penyebab stunting terjadi kebanyakan dari mereka kekurangan asupan gizi dalam 1000 hari pertamanya atau sekitar 0 - 3 tahun. Keadaan stunting pada anak bisa disebabkan oleh masalah kekurangan gizi saat kehamilan, melahirakn, menyusui maupun setelahnya.

Stunting juga bisa disebabkan oleh pola asuh orang tua yang kurang baik maupun keadaan anak sering mengalami sakit.

Gangguan pertumbuhan anak akibat stunting ini bersifat tetap, dengan kata lain tidak dapat diatasi. Namun kondisi ini masih bisa dicegah terutama di masa anak berumur 1 sampai 3 tahun. Perhatian orang tua adalah faktor penting dalam mencegah terjadinya stunting pada anak.

Mulai dari pola asuh hingga pemberian asupan gizi yang baik bagi anak. Seperti memberikan ASI ekslusif di 60 hari pertama dan dilanjutkan dengan menerapkan MPASI yang baik.

Disaat anak sudah berumur 2 tahun, ada baiknya Bunda memberikan susu tinggi protein untuk mendukung tumbuh kembang anak. Perlu diketahui bahwa protein ini menjadi salah satu asupan yang perlu dicukupi oleh anak apalagi di usia pertumbuhan.

Selain bisa mencegah stunting pada anak, manfaat protein bagi yang terkandung dalam susu, antara lain:
  1. Sebagai sumber energi bagi tubuh

  2. Membangun antibodi agar dapat menangkal bakteri dan virus

  3. Membentuk hormon dan enzim

  4. Menjaga kesehatan tulan dan gigi

  5. Meningkatkan berat badan dan masa otot

  6. Mengoptimalkan pertumbuhan anak

Dukung Pertumbuhan Anak Dengan Susu Tinggi Protein
Source image : https://pediasure.co.id

Nah dengan mengetahui hal tersebut, penting sekali bagi bunda memberikan nutrisi protein pada anak dalam mencegah resiko stunting pada anak.

Meskipun sudah menggunakan susu berprotein tinggi, bukan berarti bunda menyampingkan sumber nutrisi dari makanan bergizi lainnya. Sebab untuk mendukung tumbuh kembang yang optimal, anak juga membutuhkan nutrisi lainnya seperti zat besi, kalsium, lemak dan vitamin.

Selain itu, perlu juga bagi bunda untuk memperhatikan cara pengolahan makanan dengan benar. Tak lupa, Bunda juga perlu mengajarkan anak-anak untuk makan secara teratur dan bergaya hidup bersih dan sehat.

Demi tumbuh kembang anak yang lebih optimal, Bunda jangan ragu untuk bertanya soal nutrisi kepada ahli gizi maupun dokter yah.
Artikel Terkait

Dukung Pertumbuhan Anak Dengan Susu Tinggi Protein