google-site-verification=vcQB02ZIxvqCFR8t5cvxiRGjaTOwbQmToxYGEZfk6MU Perihal Diri | Sebuah Catatan Menimbah Jati Diri: Persiapan Penting Bagi Moms Menjelang Melahirkan Persiapan Penting Bagi Moms Menjelang Melahirkan -->

Persiapan Penting Bagi Moms Menjelang Melahirkan

Persiapan Penting Bagi Moms Menjelang Melahirkan
Source image : unsplash.com
Agar proses persalinan lancar, Moms perlu mempersiapkannya dengan baik. Tidak sebatas pakaian Moms dan bayi yang penting disiapkan, namun masih banyak hal lain yang perlu dilakukan menjelang persalinan normal.

Apa sajakah persiapan wajib tersebut?

Ya, setelah mengandung janin selama 9 bulan, kini Moms dihadapkan pada detik-detik menjelang melahirkan. Tentunya hal ini menjadi proses yang mendebarkan di mana Moms akan menjadi seorang ibu.

Di masa ini, sebagian Moms mungkin merasa takut dan cemas. Karena itu, agar proses persalinan berlangsung nyaman, Moms perlu menyiapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari.

Umumnya, proses persalinan normal berlangsung kurang dari 24 jam. Meski demikian, Moms perlu menyiapkan sejak awal.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam persalinan normal, yaitu kekuatan Moms ketika mengejan, kondisi jalan lahir, dan kondisi bayi. Ketiga faktor ini harus dalam kondisi baik agar proses melahirkan secara normal dapat berjalan dengan baik.

Persiapan Mental dan Emosional


Tak kalah pentingnya adalah memperhatikan persiapan mental dan emosional. Terlebih bagi Moms yang baru pertama kali hamil, kesiapan mental ini sangat dibutuhkan.

Pasalnya, permasalahan terkadang muncul karena ketidaksiapan mental Moms. Misalnya, takut dengan rasa sakit yang akan dialami, takut bila proses persalinan normal ini tak berhasil, takut bayi yang dilahirkan mengalami kekurangan, dan berbagai rasa takut lain yang menghantui pikiran Moms.

Untuk mengatasi perasaan takut ini, Moms bisa mengikuti kelas khusus sehingga mental lebih siap dalam menghadapi persalinan nanti.

Ciptakan perasaan tenang, aman dan nyaman. Bayangkan wajah Si Kecil yang Moms nantikan selama 9 bulan lamanya. Hal ini bisa menjadi motivasi sehingga membantu Moms mengurangi rasa takut dan cemas menjelang persalinan.

Moms juga perlu meminta dukungan dari keluarga, terutama suami dan orangtua agar merasa tenang, aman, nyaman dan siap melahirkan secara normal.

Konsumsi Makanan Bergizi

Konsusmi makanan bergizi
Source image : unsplash.com
Moms juga perlu memperhatikan konsumsi atau asupan makanan yang bergizi. Karena kebutuhan nutrisi saat hamil tentu berbeda dengan kebutuhan saat tidak hamil, apalagi saat hendak melahirkan.

Ketahuilah agar bayi lahir sehat, Moms dianjurkan konsumsi makanan yang bergizi dan seimbang. Cukupi kebutuhan kalori dan cairan tubuh dengan maksimal, sehingga menjadi gizi bagi janin dalam kandungan.

Selain itu, asupan makanan yang bergizi seimbang juga dapat menjaga kesehatan serta ketahanan Moms menjelang dan selama proses persalinan nanti. Bahkan setelah melahirkan harus menyusui bayi (IMD)

Perlengkapan Popok Bayi


Popok menjadi salah satu perlengkapan bayi yang penting. Popok yang perlu disiapkan dalam jumlah banyak, bahkan setidaknya dua kali lipat dari jumlah baju bayi. Maka siapkan setidaknya

Moms juga dapat menyiapkan popok sekali pakai khusus untuk bayi baru lahir, karena popok ini sudah didesain khusus untuk ukuran Si Kecil yang baru lahir. Salah satunya adalah popok Merries NB24.

Tidak hanya bahan yang ekstra lembut untuk kulit bayi yang masih sensitif, popok Merries memiliki perekat yang bisa dilepas pasang. Perekat ini membantu Moms dan Dads yang masih belum terlalu fasih mengganti popok bayi.

Bawa paling tidak 1 pack Merries NB24 ke rumah sakit untuk tahap awal selama perawatan dan masa pemulihan di rumah sakit.

Artikel Terkait

Persiapan Penting Bagi Moms Menjelang Melahirkan