-->

Keuntungan Mengunakan Pertamina Dex Bagi Mobil Diesel

Keuntungan Saat Mengunakan Solar Pertamina Dex Bagi Mobil Diesel
Source image : kompasiana.com
Di Indonesia sudah hadir beraneka ragam jenis kendaraan bermotor yang lalu lalang di jalanan. Tidak hanya sekedar motif designnya saja yang beda, keanekaragaman kendaraan bermotor juga terletak pada spesifikasinya dan kemampuannya juga.

Tentunya setiap kendaraan membutuhkan perlakuan yang berbeda, baik dari perawatannya hingga jenis bahan bakar yang digunakannya. Seperti di artikel saya tentang “Alasan Memakai BBM Jenis Premium, Pertalite atau Pertamax”, Mobil pun juga dibedakan jenis bahan bakarnya sesuai dengan jenis mesin di dalamnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa secara umum mobil di Indonesia menggunakan 2 jenis, yakni mesin diesel dan mesin bensin (gasolin).

Mobil yang menggunakan mesin bensin umumnya menggunakan bahan bakar seperti Pertalite, Pertamax maupun Pertamax Turbo. Kebanyakan orang menggunakan pertalite sebagai bahan bakar mobilnya.

Namun sebenarnya bahan bakar jenis gasolin ini dapat dinilai dengan nilai Research Octan Number (RON) untuk menilai bahan bakar yang terbaik untuk sebuah mobil. Semakin tinggi nilai RON-nya, semakin baik pula untuk mesin mobil.

Pertamax turbo merupakan produk gasolin terbaik dengan nilai RON tertinggi yaitu 98. Pertamax memiliki Ron 92, sementara Pertalite memiliki RON 90.

Berbeda dengan mobil yang menggunakan diesel, mobil bermesin diesel harus menggunakan bahan bakar jenis solar. Sama halnya gasoline, bahan bakar solar juga memiliki tingkatannya juga. Namun tingkatannya tidak diukur melalui nilai RON, melainkan diukur dari nilai Cetane Number (CN).

Jika solar biasa memiliki nilai CN 48, Dexlite unggul dengan nilai 51. Namun yang terbaik dari solar pertamina dalah Pertadex atau Pertamina Dex.

Keunggulan Pertamina Dex

Keuntungan Saat Mengunakan Solar Pertamina Dex Bagi Mobil Diesel
Source image : otosia.com
Pertamina Dex merupakan bahan bakar solar untuk kendaraan bermesin diesel yang dirancang untuk mengembangkan performa mesin lebih ramah lingkungan sekaligus membuat mesin lebih bertenaga.

Pertamina Dex memiliki nilai CN lebih tinggi dari pada Dexlite dengan CN 53. Sehingga membuat pembakaran pada mesin lebih sempurna yang membuat suara mesin lebih halus dan tidak bising.

Terlebih biasanya mobil diesel itu memiliki getaran yang membuat tidak nyaman. Namun dengan menggunakan bahan bakar Pertamina Dex, suara berisik dan getaran mesin akan lebih halus lagi.

Selain ramah lingkungan, menggunakan Pertamina Dex juga dinilai membuat mesin lebih awet dan tahan lama. Hal ini dikarenakan kandungan sulfur pada Pertamina Dex lebih rendah, sehingga bisa membuat mesih tahan lama dan tanggu di segala medan.

Untuk harga dari Pertamina Dex sendiri sedikit lebih mahal dari pada Dexlite maupun solar biasa. Pertamina Dex dipatok dengan harga Rp. 10.200/liter, sementara Dexlite dengan harga Rp. 9500/liter dan Solar biasa dengan harga Rp. 9.300/liter.

Dengan harga yang sebenarnya tidak terlampau jauh, akan lebih baik jika menggunakan Pertamina Dex untuk mobil bermesin diesel. Selain raman lingkungan, pertamina Dex juga bisa membuat mesin tahan lama dan bertenaga.

Artikel Terkait

Keuntungan Mengunakan Pertamina Dex Bagi Mobil Diesel