-->

Tips Merawat Pakaian Dengan Baik Agar Awet

Tips Merawat Pakaian Dengan Baik Agar Awet
Source image : pexels.com

Seringkali pakaian kesayangan tidak awet karena kita salah merawatnya. Misalnya dengan asal mencuci dan asal menyimpannya, bisa saja membuat pakaian kesayangan menjadi tak awet.

Hal ini sering sekali terjadi pada saya, baju favorit yang sering dipakai malah menjadi tidak awet, ternyata saya selama ini salah melakukan perawatan pada pakaian, asal mencuci tanpa tau cara merawatnya.

Akhirnya kini saya sudah menemukan cara merawat pakaian yang baik. Berikut ini tips yang saya lakukan untuk merawat pakaian saya sekarang :

1. Gunakan Air Dingin


Setiap mencuci pakaian ataupun aksesori lainnya, kita disarankan untuk menggunakan air dingin. Hal ini berguna untuk menghindari bahan pada pakaian kita tidak cepat rusak ataupun pudar.

2. Baca Simbol Perawatan Pakaian


Ini merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat hendak merawat pakaian. Setiap pakaian tentunya memiliki label petunjuk cara mencuci dan merawat sesuai dengan jenis bahannya.

Bukan hanya asal mencuci dengan menyikat semua pakaian. Terkadang ada jenis pakaian khusus yang memang tidak boleh disikat saat dicuci. Karena adanya label brand pakaian memang dibuat sebagai petunjuk pencucial agar tidak mudah rusak dan awet.

3. Hindari Penggunaan Diterjen Berlebih


Dulu saya mengira bahwa dengan menambahkan ditergen saat mencuci biasa membuat pakaian menjadi lebih bersih. ternyata yang asumsi saya keliru.

Selain bisa membuat sisa sabun tertinggal dipakaian, kita juga lebih boros air untuk membilasnya. Jadi penggunaan detergen yang berlebih itu double boros sekali. 

4. Balik Pakaian saat Dijemur

Tips Merawat Pakaian Dengan Baik Agar Awet
Source image : pexels.com

Dulu saya malas sekali membalik pakaian saat dijemur, ribet soalnya. Ternyata yang saya lakukan justru membuat pakaian saya lebih cepat rusak ataupun tidak kelihatan bagus lagi warnanya.

Ternyata membalik pakaian saat dijemur itu merupakan langkah sangat penting dalam menjemur. Saat hendak menjemur pakaian secara outdoor yang langsung terkena sinar matahari, memang direkomendasikan untuk membalikkan pakaian agar warna pakaian tak cepat pudar.

5. Pisahkan Pakaian Sesuai Bahan dan Warna Saat Mencuci


Mungkin ini adalah salah satu langkah yang sudah sering kita ketahui. Memisahkan bahan dan warna saat hendak mencuci berfungsi agar pakaian tidak cepat rusak, dan juga warnanya jadi tidak bercampur dan menyatu dengan warna lain.

Terutama perihal baju yang baru kita beli. Soalnya pernah saya kejadian begini, mencuci pakaian yang baru saya beli bertepatan dengan baju lama saya yang berwarna putih. Saya baru sadar ketika baju putih saya berubah karena terkena imbas lunturnya warna baju baru.

6. Keringkan Pakaian Secara Alami

Tips Merawat Pakaian Dengan Baik Agar Awet
Source image : pexels.com

Keringkan pakaian secara alami melalui paparan sinar matahari. Mengeringkan dengan menggunakan mesin cuci hanya akan membuat kualitas bahan pakaian jadi cepat memudar dan rusak.

7. Simpan Pakaian dengan Baik


Simpan pakaian dengan menggunakan kotak atau lemari yang bersih agar terhindar dari ngengat dan debu. Tak hanya itu, usahakan untuk simpan ditempat yang sejuk untuk menghindari timbulnya jamur dan perubahan warna.

Selain itu saya juga selalu menggunakan pewangi dan pelembut pakaian agar pakaian menjadi wangi dan lembut. Ketika disimpan lama pakaian menjadi tidak bau dan juga masih lembut dan tak kusut.

Apalagi untuk musim hujan kayak gini. Saya sering mencuci di malam hari karena waktu pagi tidak keburu dengan rutinitas harian. Kalau tidak menggunakan pelembut dan pewangi pakaian, pasti bau pakaian yang dicuci malam hari itu sangat tidak menyenangkan.

Biasanya saya menggunakan produk dari royalebysoklin.com yaitu pewangi pakaian yang memiliki keharuman seperti parfum mewah. Saya sangat suka produk royale by soklin karena wanginya sangat menempel pada pakaian. Aromanya juga segar sehingga membuat saya percaya diri ketika mengenakannya.

Nah begitulah beberapa tips yang biasa saya lakukan untuk merawat pakaian saya biar tetap awet.

Artikel Terkait

Tips Merawat Pakaian Dengan Baik Agar Awet