google-site-verification=vcQB02ZIxvqCFR8t5cvxiRGjaTOwbQmToxYGEZfk6MU Perihal Diri | Sebuah Catatan Menimbah Jati Diri: DESE: Solusi Pembelajaran Digital di Masa Pandemik DESE: Solusi Pembelajaran Digital di Masa Pandemik -->

DESE: Solusi Pembelajaran Digital di Masa Pandemik

DESE: Solusi Pembelajaran Digital di Masa Pandemik
Source image : Unsplash.com

Di masa pandemi, pembelajaran di sekolah dan kampus terpaksa harus dihentikan. Sebagai penggantinya, pemerintah menerapkan pembelajaran digital untuk seluruh sekolah dan kampus di Indonesia. 

Sayangnya, sistem pembelajaran baru ini kurang begitu efektif karena tak ada persiapan yang matang. Untuk memaksimalkan proses pembelajaran secara digital, sebaiknya sekolah dan perguruan mengadaptasi ekosistem pembelajaran DESE. 

Apa Itu DESE?

DESE merupakan singkatan dari Digital Education Super Ecosystem atau pendidikan digital super ekosistem. DESE adalah solusi total atau ‘all in one’ yang melingkupi pelajar, pengajar, serta sistem pendukung lainnya di dalam sebuah ekosistem digital.

Ekosistem pendidikan digital ini dibuat untuk memudahkan pengajar dan pelajar dalam menjalankan sekolah jarak jauh. Seperti yang sudah Anda ketahui, sistem sekolah online di Indonesia masih jauh dari kata layak.

Pembelajaran digital umumnya dilakukan secara manual menggunakan aplikasi chatting atau konferensi video. Namun cara ini kurang efektif apabila sekolah atau kampus tidak memiliki sebuah sistem yang menaungi seluruh proses pengajaran tersebut.

Pihak-pihak yang dihubungkan dalam DESE antara lain:

  • Sekolah atau universitas
  • Grup belajar murid atau mahasiswa 
  • Komunitas guru atau dosen 
  • Guru 
  • Murid 
  • Platform penyedia media pembelajaran 
  • Lembaga pelatihan atau kursus 
  • Penerbit buku digital 
  • Provider internet 
  • Lembaga pembiayaan 

Dengan adanya sistem yang terintegrasi seperti ini, murid dan guru pun akan lebih mudah beradaptasi dari lingkungan pembelajaran offline ke lingkungan online. Cara ini akan membantu murid juga untuk lebih memahami materi yang disampaikan oleh guru layaknya saat menempuh sekolah offline.

Program DESE ini diluncurkan oleh sebuah marketplace bernama Bhinneka.com. Selain menjual produk berbentuk fisik, marketplace ini juga menyediakan layanan jasa seperti ekosistem pembelajaran digital seperti ini. Tujuannya satu yaitu memajukan teknologi pendidikan Indonesia.

Fasilitas dan Layanan DESE

DESE: Solusi Pembelajaran Digital di Masa Pandemik
Source image : Unsplash.com

Digital Education Super Ecosystem ini tak hanya menyediakan platform baru untuk pembelajaran online. Fasilitas yang diberikan ternyata lebih kompleks dari itu, berikut ini beberapa layanan yang diberikan oleh DESE kepada klien atau sekolah yang menjadi mitranya. 

1. Dukungan Infrastruktur IT


Fasilitas pertama yang disediakan oleh DESE adalah infrastruktur IT. Infrastruktur ini meliputi perangkat keras dan perangkat lunak yang berhubungan dengan sistem pendidikan online. Adanya fasilitas berupa infrastruktur IT ini akan memudahkan guru dan siswa dalam pembelajaran.

Guru dan murid pun menjadi lebih mudah dalam membedah materi pelajaran dengan cara-cara yang kreatif. Dengan begitu, materi pun akan lebih mudah dipahami. 

2. Satu Perangkat untuk Semua


DESE menghadirkan sebuah perangkat atau platform komunikasi yang bisa digunakan oleh semua lini yang ada di dalam ekosistem. Adapun unsur yang dihubungkan dalam platform ini antara lain pihak sekolah, guru, murid, orang tua murid, serta pihak luar seperti penerbit buku dan lainnya.

Karena komunikasi terpusat, informasi yang diterima oleh semua pihak menjadi seragam. Hal ini meminimalisir adanya miskomunikasi atau kesalahpahaman yang mungkin saja terjadi di antara pihak-pihak yang terlibat tersebut. 

3. Dukungan Program Pembiayaan


Fasilitas yang tak bisa diremehkan dari DESE adalah dukungan pembiayaan bagi guru dan juga murid. Pembiayaan ini berguna untuk meningkatkan mutu pendidikan, meningkatkan kualitas pengajar, serta memberikan kemudahan bagi para murid yang kesusahan dalam membiayai sekolah online.

Tak hanya itu, orang tua pun berhak menerima pembiayaan ini untuk mencukupi kebutuhan anaknya dalam pembelajaran online. Hal ini merupakan sebuah terobosan yang bijak dari DESE karena tak semua orang siap dari segi finansial untuk menghadapi sekolah online. 

4. Pengelolaan E-Book


Fasilitas pengelolaan e-book ini berfungsi layaknya koperasi dalam sekolah offline. Semua e-book yang dibagikan oleh guru kepada murid untuk proses pembelajaran akan tersimpan di dalam satu tempat terpusat.

Pusat e-book ini bisa diakses oleh semua pihak yang menjadi anggota di dalam ekosistem pembelajaran digital DESE. Hal ini akan lebih memudahkan pencarian e-book karena filenya tidak tercecer. 

5. Dukungan Konsultasi dan Pelatihan


DESE juga membuka kesempatan untuk pelatihan dan konsultasi khusus untuk para guru atau pengajar. Konsultasi ini dilayani oleh para ahli di bidang pendidikan. DESE menghadirkan fasilitas ini untuk memberikan ruang bagi para guru guna mengembangkan potensinya.

Selain itu, para guru juga dipersilakan untuk berkonsultasi apabila ada kendala selama mengajar menggunakan sistem online.

Di waktu-waktu tertentu, DESE juga mengadakan pelatihan untuk mengembangkan skill para guru. Hal ini dilakukan agar para guru tidak tertinggal dalam mengikuti perubahan di dunia, khususnya di dunia digital. 

6. Mekanisme Olahraga dan Aktivitas Outdoor


Salah satu hal yang menjadi kendala dalam sekolah online adalah aktivitas outdoor serta olahraga sulit untuk dilakukan. DESE menyediakan ruang untuk mengadakan kelas khusus aktivitas fisik dan outdoor yang bisa diakses secara online dan realtime.

Guru bisa mengajar seperti ketika di sekolah. Siswa pun bisa tetap menjalankan pembelajaran di mata pelajaran olahraga seperti seharusnya. Pihak guru akan memantau siswanya satu per satu dan mengawasi mereka dalam melakukan aktivitas fisik di rumah masing-masing. 

Keunggulan Platform Pembelajaran Digital DESE

DESE: Solusi Pembelajaran Digital di Masa Pandemik
Source : bhinneka.com

Dengan memahami layanan atau fasilitas yang disediakan oleh DESE di atas, mungkin Anda sudah bisa mengetahui apa saja keunggulannya dibandingkan platform serupa. 

1. Memudahkan Murid dan Guru


Keunggulan yang pertama adalah memberikan kemudahan bagi guru dalam memberikan pelajaran dari jarak jauh. Murid juga akan merasa terbantu dengan adanya ekosistem pembelajaran online terintegrasi.

Tujuan pembelajaran pun akan lebih mudah dicapai apabila kedua belah pihak bisa melakukan perannya dengan baik. Hal ini menjadi solusi dari menurunnya daya tangkap murid akan pelajaran yang disampaikan oleh pengajarnya secara online. 

2. Memiliki Banyak Layanan dan Fasilitas


Fasilitas dan layanan yang disediakan oleh DESE sangat lengkap. Tak hanya menyediakan platform, DESE juga menyediakan segala keperluan atau resource yang dibutuhkan oleh sekolah, guru, murid, serta orang tua.

Semua layanan tadi sangat membantu sekolah dalam menciptakan ekosistem virtual yang kondusif dan menguntungkan bagi semua pihak yang terlibat. 

3. Lebih Efisien dan Efektif di Masa Pandemi


Guru, murid, dan orang tua sempat dibuat bingung ketika pandemi terjadi dan sekolah terpaksa dilakukan secara online. Kebingungan ini muncul karena tak ada persiapan apapun. Oleh karena itu, sekolah sebaiknya menggunakan layanan dari DESE.

Sistem pembelajaran online menggunakan DESE akan lebih efektif dan efisien karena semua pihak dan resource terpusat di dalam satu platform. 

4. Bisa Digunakan untuk Jangka Panjang


DESE memang memudahkan sistem pembelajaran online di masa pandemi. Bukan berarti DESE bisa dilupakan begitu saja setelah pandemi berakhir. Ekosistem pembelajaran online ini akan tetap bisa digunakan dalam jangka panjang meskipun sekolah telah kembali ke sistem offline.

Caranya adalah menggabungkan pembelajaran digital dengan konvensional sehingga terbentuklah sistem blended learning.

Digital Education Super Ecosystem (DESE) merupakan salah satu bentuk sumbangsih nyata dari Bhinneka.com terhadap dunia pendidikan Indonesia. Anda juga bisa mendukung Bhinneka.com dengan membeli produknya dalam jumlah banyak untuk keperluan bisnis.

Artikel Terkait

DESE: Solusi Pembelajaran Digital di Masa Pandemik