-->

Cara Mudah Tarik Tunai Saldo Gopay di ATM Tanpa Kartu ATM

Cara Penarikan Tunai Saldo Gopay Tanpa Kartu di ATM BCA
Source : Gojek.com

Kalau diingat-ingat lagi, saya bukanlah pengguna setia aplikasi ojek online. Saya hanya menggunakan aplikasi ojek online hanya pada saat kepepet saja. Misalnya saja saat suami tidak bisa jemput tepat waktu, atau lagi malas keluar namun perut keroncongan. 

Penggunaan dompet digital seperti Gopay, LinkAja maupun OVO juga cukup asing bagi saya. Meskipun beberapa kali menggunakan aplikasi Gojek, namun saya selalu menggunakan metode uang tunai dalam pembayarannya.

Lagian untuk top up saldo Gopay juga sulit saya lakukan. Karena saya hanya memiliki atm dan internet banking panin yang tidak ada layanan khusus untuk bisa top up Gopay.

Pernah sekali sih saya dipaksa untuk top up Gopay melalui driver atas permintaan drivernya sendiri. Alasannya sih biar nambah poin gitu. Karena kasihan, akhirnya saya top up juga sebesar 25ribu.

Secara pribadi, tidak ada manfaat khusus sih buat saya saat memiliki saldo Gopay maupun tidak. Toh pembayaran tarif ojek online juga sama saja harganya.

Mungkin kalau untuk bayar tagihan atau pesan GoFood, ada sedikit perbedaan harga. Namun saya lebih suka beli secara langsung ke sebuah resto. Kalaupun harus dibungkus dan dimakan di rumah, saya lebih suka minta tolong pada suami untuk membelikannya.

Namun akhir-akhir ini saya malah aktif berkecimpung pada dompet digital Gopay. Hal ini dikarenakan saya lolos pendaftaran kartu prakerja pada gelombang 8.

Yeah, cair dong ini ceritanya hehehe

Meskipun saya aktif bekerja di sebuah perusahaan sekarang, namun saya juga sering di rumahkan kalau sudah tidak ada kerjaan. Saya juga tidak memiliki jamsostek dari perusahaan, jadi iseng-iseng berhadiah saya coba daftar kartu prakerja ini.

Dan alhamdulillah lolos tanpa ada penolakan sama sekali. Namun masalahnya ada pada e-wallet yang saya gunakan. Saya binggung kenapa nomor yang terdaftar di Gopay justru tidak bisa terhubung dengan kartu prakerja.

Setelah tanya-tanya ke teman, ternyata permasalahannya adalah saya belum upgrade Gopay saya menjadi Gopay Plus. Yakni dengan menyerahkan dokumen berupa foto KTP dan foto selfie dengan memegang KTP.

Saya kira proses upgrade akan memakan waktu beberapa hari, ternyata hanya butuh beberapa menit saja loh untuk proses upgradenya. Dan saya juga heran kenapa bisa begitu, padahal kata teman-teman saya, mereka membutuhkan lebih dari sehari untuk proses upgrade Gopay-nya, bahkan ada juga yang harus nunggu 1 minggu.

Yah keberuntungan masih berada di pihak saya sepertinya. Hehehehe.

Singkat cerita saya sudah menyelesaikan pelatihan dan persyaratan biar insentif kartu prakerja cair. Dan waktu yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba, insentif saya landing di saldo Gopay saya dengan sempurna.

Terus bagaimana cara mengambilnya yah?

Kalau beberapa teman saya melakukan transfer Gopay ke rekening bank pribadi. Ada juga yang menggunakan saldo Gopay untuk membayar tagihan dan keperluan lainnya.

Nah kalau saya kan ada suami yang siap membayar tagihan kebutuhan bulanan rumah, jadi rencananya saya ingin mencairkan saldo di Gopay saya menjadi uang tunai.

Ternyata ada loh cara narik saldo Gopay secara tunai ke ATM BCA. Dan kita tak perlu memiliki kartu ATM BCA pula untuk melakukan pencairan tunai saldo Gopay.

Namanya adalah transaksi tanpa kartu atau cardless.

Saya pernah sih lihat suami saya melakukan penarikan uang di atm tanpa menggunakan kartu atm. Namun suami saya menggunakan aplikasi BRIMO (BRI Mobile) bukan Gopay.

Namun setelah saya baca petunjuk penarikan tunai di aplikasi Gojek, ternyata caranya tidak jauh beda dengan yang dilakukan suami saat melakukan cardless melalui BRIMO.

Yang dibutuhkan dalam penarikan tanpa kartu hanya memasukkan nomor virtual pelanggan dan kode transaksinya saja.

Biar lebih jelas, saya jelaskan secara terperinci bagaimana cara tarik tunai saldo Gopay melalui ATM tanpa kartu.

Cara Penarikan Tunai Saldo Gopay Tanpa Kartu di ATM BCA


Langkah pertama adalah buka aplikasi Gojek kemudian pilih Lainnya. Di laman tersebut ada pilihan Tarik Tunai dan Tarik. 

Cara Penarikan Tunai Saldo Gopay Tanpa Kartu di ATM BCA

Pilihan “Tarik” digunakan untuk tarik saldo Gopay ke sesama pengguna Gopay maupun ke rekening Bank. Nah kalau mau tarik tunai ke ATM BCA, pilih pilihan Tarik Tunai

Sebelumnya saya ingatkan lagi yah, bahwa fitur tarik tunai saldo Gopay hanya bisa dilakukan jika sudah melakukan upgrade Gopay ke Gopay Plus. Untuk caranya sendiri, kalian bisa baca-baca di internet ataupun melihat tutorial upgrade Gopay di aplikasi Gojek.

Setelah memilih pilihan Tarik Tunai, kita disuruh untuk memasukkan nominal yang akan di tarik. Eh bukan memasukkan nominal sih, kita hanya bisa memilih pilihan nominal yang ada di pilihan tersebut. Tentunya nominal yang kita pilih tidak melebihi saldo Gopay yang kita miliki yah.

Setelah itu kita akan dihadapkan pada laman konfirmasi tarik tunai. Di sini kita bisa lihat perincian detail transaksi. Ada biaya adminnya juga sebesar 5.000, namun teman saya ada yang mendapat gratis biaya admin.

Entahlah soal biaya admin ini, kadang ada yang kena fee ada juga yang tidak kena fee.

Setelah itu, kita akan mendapatkan nomor ID pelanggan beserta Kode transaksinya seperti gambar di bawah ini. 

Cara Penarikan Tunai Saldo Gopay Tanpa Kartu di ATM BCA

Oh iya, kalau bisa saat melakukan cara ini, kalian sudah berada di ATM yah. Soalnya nomor ID dan kode transaksi ini ada limit masanya. Yang mana jika kita kelamaan, kode tersebut akan hangus dan kita tidak bisa menggunakan kode tersebut.

Namun tenang! Saldo Gopay akan kembali kok, kalau belum di ambil saldonya di ATM.

Jadi kalau sudah mendapat ID pelanggan dan kode transaksi, carilah ATM BCA yang ada fasilitas transaksi tanpa kartu. Tandanya di beranda ATM ada pilihan “Transaksi Tanpa Kartu / Cardless Transaction”.

Pilih pilihan “Transaksi Tanpa Kartu / Cardless Transaction”. Selanjutnya ada kolom untuk memasukkan nomor handphone. Masukkanlah ID pelanggan yang tertera di aplikasi Gojek, lalu tekan pilihan “lanjut” di layar ATM itu.

Selanjutnya ada 6 digit kolom untuk kode transaksi. Masukkan 6 digit kode transaksi di aplikasi lalu tekan lanjut. Maka otomatis ATM akan berproses dan akan mengeluarkan sejumlah uang sesuai dengan nominal transaksi yang kalian pilih di aplikasi Gojek sebelumnya.

Setelah uang keluar, kita tak perlu pencet apa-apa lagi. Karena kalau uang sudah kita ambil berarti transaksi berhasil dan layar ATM otomatis akan keluar dan kembali ke Beranda lagi.

Bagaimana kalau uang tidak keluar? Apakah Saldo kita akan hangus?

Tenang! Tidak perlu panik.

Ada kalanya sistem terjadi error saat transaksi berlangsung, ataupun uang tunai di ATM-nya sendiri memang sedang habis.

Mungkin kita sedang tidak beruntung, namun dalam beberapa menit atau hitungan jam, saldo kalian akan kembali lagi kok ke saldo Gopay. Kalian bisa ambil di lain waktu jika terjadi kendala seperti itu.

Nah begitulah pengalaman saya tarik saldo Gopay di ATM BCA tanpa menggunakan kartu ATM. Praktis bukan?

Kalau ada pertanyaan tentang artikel ini, bisa banget di tulis di kolom komentar. Selama saya bisa jawab, tentu akan saya jawab sebatas pengalaman dan sepengetahuan saya yah. 

Semoga bermanfaat


Dewi’Na Irawan 

Cara Mudah Tarik Tunai Saldo Gopay di ATM Tanpa Kartu ATM