Ternyata Perbedaan Air Aki Merah Dan Biru

Perbedaan air Aki merah dan air Aki biru
Source image : tribunnews.com

Seperti yang sudah kita ketahui jika jenis aki basah adalah salah satu jenis aki yang banyak digunakan untuk kendaraan di Indonesia. Hal ini karena aki basah memiliki keistimewaan dimana jika akinya tekor, kita hanya perlu melakukan pengisian air accu agar bisa digunakan kembali.

Ciri utama dari jenis aki basah ini adalah terdapat air yang ada di dalam unit aki tersebut. Nah seiring berjalannya waktu tentu saja air aki akan menyusut secara perlahan, apalagi jika kendaraan sering digunakan untuk sehari-hari. Untuk bisa menjaga kualitas dari aki, maka dibutuhkan pengisian air accu secara berkala.

Kapan kita boleh mengisi ulang air aki? kita dianjurkan untuk melakukan pengisian ulang air aki ketika air yang ada dalam unit aki tersebut sudah berada di bawah ambang batas normal. Air aki yang digunakan untuk mengisi ulang unit aki ini tentu saja bisa kita dapatkan dengan mudah di bengkel sekitaran rumah kita, jika tidak anda bisa membelinya di toko otomotif terdekat. 

Namun jangan asal sembarangan membeli air aki ya, karena terdapat dua jenis air aki yaitu aki merah dan biru. 

Perbedaan Air Aki Merah Dan Biru


Perbedaan air Aki merah dan air Aki biru
Source image : medium.com

Pada saat kita ingin membeli cairan air aki di bengkel atau toko otomotif tentu saja kita akan ditawari dengan dua jenis cairan air aki, yaitu air aki merah dan juga air aki biru. Keduanya bisa anda lihat dengan warna tutup yang digunakan pada botol tempat air aki tersebut.

Jika botol menggunakan penutup warna merah, maka bisa dipastikan air aki tersebut adalah jenis air aki merah, begitu juga sebaliknya jika air aki tersebut menggunakan penutup warna biru, maka bisa dipastikan jika jenis air aki tersebut adalah air aki biru.

Pastinya anda bertanya-tanya, kenapa keduanya dibedakan? bukankah keduanya sama-sama air aki? Tentu saja berbeda, kedua jenis air aki ini dipilih karena memang dibuat untuk tujuan yang berbeda.

Air aki dengan penutup warna biru tersebut digunakan untuk menambah cairan aki yang sudah tinggal sedikit. Jadi bagi anda yang ingin mengisi ulang air aki anda, maka anda pilih saja air aki dengan warna yang biru.

Sedangkan untuk air aki yang berwarna merah ini memang dibuat khusus untuk melakukan pengisian pada unit aki yang baru. Jadi jika anda ingin mengisi air aki untuk unit aki yang baru, anda bisa menggunakan air aki yang warna merah.

Yang membuat berbeda antara air aki warna biru dan merah berikutnya adalah pada kedua jenis cairan yang terkandung dalam masing-masing air aki tersebut. Air aki jenis merah ini lebih dikenal dengan nama air aki zuur. Air aki merah ini mengandung asam sulfat atau H2S04 yang mengandung elektrolit atau zat yang dapat menyimpan sekaligus menghantarkan listrik

Sementara untuk air aki warna biru ini mengandung cairan yang cukup berbahaya. Hal ini karena jika air aki dengan warna biru ini terkena kulit, maka bisa menimbulkan efek gatal-gatal pada kulit. Oleh sebab itu anda harus hati-hati saat akan menuangkan air aki warna biru ke dalam unit aki. Karena zat yang bisa menyimpan dan menghantarkan listrik tersebut, maka aki warna merah lebih banyak digunakan untuk air aki pertama.

Sebenarnya pada dasarnya masing-masing pabrikan memiliki formula H2S04 mereka sendiri-sendiri. Untuk air aki dengan warna biru ini biasanya digunakan untuk menambah volume air aki, atau untuk pengisian ulang air aki.

Air aki warna biru ini merupakan air yang telah mengalami demineralisasi. Karena sudah mengalami demineralisasi tentu saja air aki tersebut tidak mengandung logam sama sekali di dalamnya.

Air aki warna biru juga tidak bisa menambah berat jenis H2S04 yang masih tersisa. Oleh sebab itu air aki warna biru banyak digunakan untuk menambah atau mengisi ulang volume air aki yang sudah ada sebelumnya. 

Meskipun memiliki kandungan yang berbeda, namun kedua jenis aki ini dijual dengan harga yang tidak jauh berbeda kok

Semoga bermanfaat

Ternyata Perbedaan Air Aki Merah Dan Biru