-->

Cara Index Artikel Baru Di Google Console Baru

Cara Index Artikel Baru Di Google Console Baru
Source image : Flipweb.org

Mungkin ini tips yang sudah banyak blogger pada taubagaimana cara biar artikel baru biar cepat terindex di google. Di artikel para suhu-suhu Blogger juga pada banyak info tentang tema ini, namun saya tetap bersikeras menulisnya sebagai pengalaman diri sendiri. 

Jadi ceritanya tuh saat saya mendapat penawaran dari pihak Advertiser, yang mana pihak Advertiser sendiri memberi syarat untuk menuliskan artikelnya sendiri sesuai tema, kemudian artikel harus sudah terindex di google.

Saya mah blogger awam yang taunya nulis doang, jadi saya berpikiran bahwa setiap artikel yang sudah terpublish otomatis akan terindex di Google. Apalagi saya tuh sudah setting peta situs di Google console atau Webmaster, yang menurut saya setiap artikel yang publish secara otomatis akan terindex dalam sendirinya.

Dan ternyata, pemikian saya tentang hal itu tidak benar.

Hal ini terbukti ketika pihak Advertiser menanyakan kepada saya “kok artikelnya belum terindex yah kak?”.

Beliau menjelaskan bahwa jika artikelnya memeng sudah terindex, indikasinya Backlink yang saya pasang di artikel saya menuju situs yang ditentukan juga akan terlihat. Padahal saya sudah publish artikel tersebut dua hari yang lalu loh?

Secara blog saya kan memang berasal dari platform blogger atau blogspot, namun kenyataannya untuk terindex itu tidak secara otomatis hari itu juga.

Saya jadi paham bahwa tidak selamanya blogger yang menggunakan platform dari google itu menjadi anak emas. Bahkan katanya jauh lebih enak menggunakan platform Wordpress, apalagi ada plugin-plugins yang bisa mendukung perihal index dan SEO.

Dulu pernah coba sih biar cepat terindex itu menggunakan Google search console. Yakni dengan menambahkan url artikel terkait dan mengindexnya secara manual.

Nah saya ingin coba itu, karena saking lamanya tidak melihat search console, saya binggung dengan perubahan tampilan dari google search console tersebut. Saya cari menu untuk pengindexan manual yang pernah saya ingat, namun saya gagal mencarinya. Bahkan tools-tools di versi lama juga tidak bisa digunakan.

Dan pada akhirnya saya menemukan caranya berikut saya jelaskan secara seksama, hehehe

Cara Mengindex Artikel Baru Secara Manual


Pernah saya singgung di artikel “Hal Yang Perlu Diperhatikan Agar Blogmu Disukai Dan Dikunjungi Banyak Orang”. Yang mana salah satu agar blog bisa dikunjungi oleh banyak orang adalah blog kita harus terindex di Google.

Agar bisa terindex di Google syaratnya adalah dengan mendaftarkan blog kita ke Webmaster atau Google Search Console. Kalau kalian belum paham cara daftarnya, bisa banget cari rujukan lain di blog-blog lain, karena saya tidak memiliki artikel tentang itu, huhuhuhu.

Dalam Search Console, banyak menu yang dapat dimanfaatkan agar blog kita terlihat lebih baik. Misalnya masalah pembergunaan seluler, Link yang tertaut dengan blog kita, bahkan statistik blog kita juga.

Saya juga pernah mencoba untuk menghapus link broken karena artikel yang sudah pernah saya publish sebelumnya, sengaja saya hapus karena suatu hal. Nah di Google Search Console ini ada menu untuk menghapus link broken yang sudah terindex.

Saya tuh dulu taunya bahwa Search Console ini hanya berguna untuk memasukkan sitemap doang, ternyata banyak manfaat dengan mempelajari data dan statistik di Search Console ini. Nah salah satunya adalah dengan melakukan pengindexan secara manual.

Untuk caranya sendiri berbeda dengan di versi Search Console terdahulu. Dan saya baru tahu gara-gara claim dari pihak Advertiser, jadi nambah pengetahuan nih.

Cara Index Artikel Baru Di Google Console Baru

Pertama-tama, buka dan login Search Console, kemudian pilih “Inspeksi url”. Ketik atau copy url artikel dan pastekan di kolom yang tersedia.

Google akan mencari data url itu sudah terindex atau belum, jika belum akan muncul seperti gambar di bawah ini.

Cara Index Artikel Baru Di Google Console Baru
Pilih “Minta Pengindeksan”. Jika memang url itu valid di blog kita, maka dalam beberapa menit google akan mengindeks artikel baru kita.

Tadaaaaa…

Dengan begitu artikel baru kita akan terindex dalam hari itu juga.

Bagaimana? Sudah sedikit paham tentang cara pengindeksan artikel baru secara manual.
Semoga bermanfaat



Dewi’Na Irawan

Cara Index Artikel Baru Di Google Console Baru
  1. Wah begitu yah caranya, makanya kok artikelku di blogger tidak terindex-index
    makasih informasinya

    ReplyDelete