-->

Memperhatikan Hal-hal yang Bisa Menghambat Pemulihan Setelah Operasi

Memperhatikan Hal-hal yang Bisa Menghambat Pemulihan Setelah Operasi
Source image : hellosehat.com

Hai Bun, Pernah merasakan operasi sebelumnya? Yah bagi kita yang menjadi seorang Ibu tentu bukan hal baru ketika suatu keadaan memaksa kita untuk melakukan operasi caesar saat proses melahirkan.

Pasca operasi (terutama operasi caesar) ketika biusnya sudah mulai habis, barulah mulai terasa rasa sakit yang menjalar dibekas jahitan. Rasa pusing dan mual juga terkadang terasa di kepala. Ada rasa was-was juga saat memulai aktifitas pasca operasi, takutnya jahitan akan terbuka atau lukanya malah membuka gara-gara aktifitas yang kita lakukan. 

Pemulihan pasca operasi memang tidak bisa dianggap sepele. Sebab, dibutuhkan proses pemulihan sampai luka bekas operasi bisa benar-benar sembuh dan tidak menimbulkan dampak panjang dikemudian hari. 

Pulang dari Rumah Sakit bukan berarti kita akan sembuh total dan bisa mengerjakan rutinitas harian seperti biasanya. Padahal proses pemulihan pasca operasi itu yang paling rentan bagi kita. Jika kita menghiraukan anjuran dokter, bisa-bisa luka jahitan dari operasi itu malah semakin membuka dan menghambat proses pemulihannya. 

Sistem kekebalan tubuh dalam diri kitalah yang akan memainkan peran penting dalam proses pemulihan pasca operasi. Semakin baik daya tahan imun kita, maka proses pemulihan pasca operasi juga akan cepat pulih. Mungkin itulah alasan dokter menyarankan untuk banyak istirahat dan meminum resep obat yang telah dianjurkan dokter. 

Selain itu, Jika proses pemulihan sedikit lebih lama dan kebetulan obat-obat yang diberikan oleh dokter sudah habis, kita bisa membeli obat-obatan yang diperlukan untuk membantu mengatasi proses pemulihan ataupun meredakan efek samping yang menyebabkan flu dan sakit kepala. Untuk obat-obatan seperti itu beli saja di goapotik

Di sisi lain, seorang pasien juga jangan memaksakan untuk terlalu banyak beraktifitas serta perlu menghindari beberapa makanan yang berpotensi menghambat proses pemulihannya pasca operasi.

Beberapa makanan yang dapat menghambat proses pemulihan sebagai berikut : 


Memperhatikan Hal-hal yang Bisa Menghambat Pemulihan Setelah Operasi
Source image : guesehat.com

Susu dan Olahannya 


Selama ini kita mungkin mengenal susu sebagai salah satu minuman yang kaya manfaat bagi tubuh manusia. 

Ya, susu memang mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh kita seperti kalsium, protein hingga lemak. Konsumsi susu bahkan wajib untuk diberikan kepada anak-anak agar proses tumbuh kembangnya bisa terjaga. 

Tapi, jika kita baru saja menjalani operasi, maka sebaiknya hindari terlebih dahulu konsumsi susu berikut olahannya. 

Konsumsi susu dan olahannya perlu diwaspadai saat baru selesai operasi karena bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya sembelit. Sembelit bisa menghambat proses saat mengejan ketika ingin melakukan buang air besar. 

Ketika kita dipaksa untuk mengejan terlalu kuat, maka hal tersebut akan berdampak pada robeknya luka pasca operasi. Untuk mencegah sembelit, maka hindari susu atau imbangi dengan konsumsi sayuran yang bisa mencegah sembelit. 

Makanan dengan lemak Tinggi 


Bagi kita yang bertubuh terlalu gemuk, makanan dengan kadar lemak yang tinggi jelas menjadi salah satu makanan yang wajib dihindari. Tapi, jika kita tidak memiliki masalah berat badan, makanan berlemak jelas bukanlah suatu masalah dan justru sangat dibutuhkan. 

Namun, jika Kita baru saja melakukan operasi, maka sebaiknya hindari terlebih dahulu makanan dengan kandungan lemak yang terlampau tinggi. 

Konsumsi makanan dengan lemak yang terlalu tinggi bisa menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang terganggu akan membuat suplai energi tidak optimal. 

Selain itu, lemak yang terlalu tinggi juga akan meningkatkan potensi sembelit dan membuat proses pembuangan lebih sulit terjadi. 

Dengan menghindari beberapa makanan tersebut, semoga proses pemulihan pasca operasi bisa jadi lebih cepat. Selain itu, jangan lupa untuk rutin konsultasi ke dokter untuk memantau proses pemulihan bekas luka kita. 


Memperhatikan Hal-hal yang Bisa Menghambat Pemulihan Setelah Operasi