Kenali Fungsi Asuransi Keluarga Untuk Keluarga Tercinta Anda

Senja bersama keluarga tercinta
Source image : pixabay.com

Arti “Asuransi” diambil dari bahasa Inggris “Insurance” yang berarti pertanggungan. Asuransi bisa diartikan sebagai pertanggungjawaban atau perjanjian dua belah pihak, yakni antara nasabah dan pihak penanggung. Dimana penanggung (perusahaan asuransi) berjanji bersedia bertanggung jawab dan menganti kerugian yang dialami oleh nasabah di masa yang akan datang.

Agar nasabah bisa mendapat jaminan asuransi atas resiko yang mungkin akan terjadi, maka pihak nasabah harus membayar iuran/premi kepada perusahaan asuransi sesuai dengan perjanjian yang sudah dibuat antara dua belah pihak.

Asuransi sendiri dikenal dalam berbagai jenis dan dikelompokkan menurut dengan tingkat resiko maupun fokus asuransi itu dibuat. Resiko dan fokus inilah yang menentukan keragaman asuransi yangdibuat oleh perusahaan asuransi guna mengantisipasi potensi kerugian serta menetapkan iuran/premi yang harus dibayar oleh nasabah.

Jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia seperti Asuransi jiwa, Asuransi kesehatan, Asuransi pendidikan, Asuransi kendaraan, Asuransi kepemilikan dan properti, Asuransi bisnis, Asuransi keluarga, dan lain sebagainya.

Harus diakui bahwa kesadaran masyarakat di Indonesia akan asuransi masih tergolong rendah. Fakta ini juga diungkapkan oleh Presiden Direktur AIA Peter J Crewe bahwa dari data pembelanjaan penghasilan, orang Indonesia hanya menggunakan 10 persennya untuk asuransi. Selain itu, ada 95 juta masyarakat Indonesia yang belum memiliki asuransi.




Padahal asuransi kini memegang peranan penting bagi kehidupan seseorang, baik yang masih sendiri maupun yang sudah berkeluarga. Terutama bagi yang sudah berkeluarga, memiliki asuransi untuk perlindungan keluarga adalah pilihan yang tepat untuk kehidpan sekarang.

Penggunaan Asuransi untuk keluarga sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, namun masih banyak yang belum mengetahui fungsi utama dari asuransi jenis ini. Padahal asuransi tersebut memiliki fungsi yang sangat bagus untuk membantu perekonomian keluarga, selain itu asuransi keluarga juga masih memiliki banyak fungsi lainnya.

Fungsi Utama Asuransi Keluarga

senja bersama keluarga tercinta
Source image : pixabay.com

1. Menjaga dan Melindungi Keluarga


Fungsi yang pertama tentunya datang dari keselamatan dan kesejahteraan keluarga itu sendiri, dimana Anda bisa menjaga dan melindungi keluarga menggunakan asuransi tersebut.

Walaupun Anda adalah orang yang sibuk sekalipun, dengan adanya asuransi ini Anda bisa lebih tenang mengenai kesehatan dari keluarga yang Anda miliki.

Rasa cemas dan khawatir mengenai keluarga di rumah akan hilang seketika, sehingga Anda bisa lebih berfokus untuk bekerja dan menafkahi keluarga di rumah. Asuransi ini sangat cocok bagi Anda yang memang bekerja di luar kota ataupun sering bepergian.

2. Masa Depan Keluarga Terjamin


Selain bisa menjaga keluarga di setiap waktunya, dengan menggunakan asuransi ini maka masa depan keluarga akan menjadi lebih terjamin. Hal ini patut untuk Anda lakukan karena keluarga merupakan prioritas yang harus Anda utamakan.

Selain itu penggunaan asuransi keluarga Anda bisa menjadapatkan banyak kelebihan, mulai dari jaminan kesehatan, keselamatan, hingga asuransi perlindungan jiwa syariah.

Banyaknya kelebihan tersebut selain memudahkan juga akan bermanfaat di kemudian hari saat memang sedang dibutuhkan oleh keluarga yang Anda miliki.

3. Mengatur dan Meminimalkan Pengeluaran


Fungsi lain dari asuransi keluarga adalah untuk mengatur keuangan menjadi lebih baik, terutama bagi Anda yang memiliki jumlah anggota keluarga yang banyak. Disini asuransi berguna untuk menjadikan satu semua kebutuhan kesehatan dan keselamatan keluarga, sehingga biaya yang Anda keluarkan menjadi lebih maksimal.

Asuransi keluarga memang menjadi salah satu opsi perencanaan yang sangat baik, dimana ia tidak hanya menjaga keluarga saja namun sisi lainnya juga sangat diperhatikan. Mulai dari kesehatan, investasi, premi yang terjangkau, dan masih banyak lagi lainnya menjadi kelebihan yang bisa Anda rasakan saat menggunakan jenis asuransi yang satu ini.

Meskipun sudah jelas manfaatnya, bukan berarti Anda bisa memilih produk asuransi keluarga tanpa mencari informasi yang lebih lanjut. Karena banyaknya layanan yang ditawarkan oleh pihak asuransi, usahakan Anda memilih layanan asuransi sesuai dengan kebutuhan Anda, serta Anda tidak diberatkan oleh pembayaran iuran/premi tiap bulannya yang bisa mempengaruhi keuangan bulanan Anda.

Semua orang pastinya ingin memberikan yang terbaik untuk keluarga. Oleh karena itu, pastikan Anda teliti dan bijak dalam memilih produk asuransi keluarga yang tepat dengan prioritas kebutuhan Anda.



Kenali Fungsi Asuransi Keluarga Untuk Keluarga Tercinta Anda