Pentingnya Mainan Bayi 7 Bulan Untuk Perkembangan Otak Si Kecil

Pentingnya Mainan Bayi 7 Bulan Untuk Perkembangan Otak Si Kecil

Seberapa penting mainan bayi 7 bulan untuk perkembangan otak si kecil?

Di usia anak yang memasuki 7 bulanan, aktivitas si kecil tidak melulu tidur maupun berada di gendongan bunda. Terkadang si kecil akan menangis dan merengek untuk di izinkan turun ke laintai. Berguling, merambat bahkan belajar duduk dan berdiri akan menghiasi kegiatan si kecil di usia ini.

Si kecil akan semakin aktif dalam bergerak dan mulai antusias untuk mengenal benda-benda disekitarnya. Rasa penasaran membawa si kecil untuk bergerak dan menghampiri apa yang dilihatnya.

Jika sudah begitu, itu tanda bagi kita (bunda) untuk lebih selektif lagi dalam membelikan mainan untuk sang buah hati. Usahakan jenis mainan yang kita beli itu mencakup dalam tiga hal, yakni : mainan untuk mengoptimalkan kemampuan bahasa, stimulasi motorik dan mainan untuk mengoptimalkan perkembangan otak.

1. Mainan Untuk Meningkatkan Bahasa si Kecil


Di usia ini, si kecil akan mulai menikmati interaksi dengan orang lain, ada perasaan senang saat bertemu seseorang, terkadang malu-malu bahkan takut hingga menangis. Si kecil yang sering berinteraksi juga akan mencoba untuk menirukan ucapan. Pada tahap inilah si kecil mulai belajar untuk berbicara.

Untuk meningkatkan kemampuan bahasa si kecil, buku dongeng adalah sebuah mainan untuk mengenalkan si kecil dengan warna-warna yang menarik serta bonding yang efektif antara ibu dan anak.

Selain buku dongeng, saya biasanya memakai boneka tangan yang terbukti efektif dalam membantu meningkatkan kosa kata si anak.

2. Mainan Untuk Stimulasi Motorik si Kecil

Pentingnya Mainan Bayi 7 Bulan Untuk Perkembangan Otak Si Kecil

Bermain dengan si kecil yang masih berusia 7 bulanan dengan menggunakan berbagai permainan interaktif, terbukti sangat efektif dalam membantu si kecil meningkatkan sensitifitas tubuh sekaligus perkembangan motorik. 

Salah satu permainan yang pas untuk mengembangkan motorik si kecil adalah bermain bola. Kita bisa mengajak si kecil untuk main lempar bola maupun menangkap bola. Manfaatnya cukup besar bagi si kecil, terutama dalam melatih otot tangan dan kaki.

Selain bola, permainan balok dengan belajar menggenggam dan memindahkan balok juga cukup signifikan dalam membantu motorik si kecil. Terutama sensor motorik halus di bagian jari-jari si kecil.

Namun kita juga harus mewaspadai untuk ukuran balok dan bola yang kita gunakan. Sebab seumuran ini, si kecil cenderung lebih suka memasukkan benda-benda ke mulutnya. Jadi perhatikan juga ukuran bola atau balok cukup besar namun tidak terlalu berat.

3. Mainan Untuk Mengoptimalkan Otak si Kecil


Menurut beberapa sumber, mainan yang mengeluarkan bunyi ternyata dapat merangsang tumbuh kembang otak si kecil. Misalkan boneka yang bisa tertawa, menangis serta terdapat lagu-lagu saat di pencet pada bagian tangan dan kaki boneka tersebut.

Musix Box dan mainan keyboard anak juga dapat merangsang respon berupa irama untuk mengikuti nyanyian maupun bergerak sesuai irama.

Selain itu, memasang gambar-gambar hewan maupun buah di dinding, juga cukup efektif dalam mengenalkan si kecil akan makhluk hidup yang ada disekitarnya. Awalnya mungkin si kecil hanya tertarik melihatnya, namun dengan iringan kita yang mengejarkan anak untuk mengenal gambar-gambar tersebut, si kecil lambat laun akan mengenal dan menyuarakan nama hewan atau nama buah seperti di gambar-gambar tersebut. 

***

Sebenarnya masih banyak mainan yang bisa kita manfaatkan untuk tumbuh kembang si kecil. Namun yang paling penting bukan mainannya, melainkan antusias kita dalam menemani dan bermain bersama dengan si kecil.

Bahkan saat hendak mandi dan tidurpun, kita bisa manfaatkan untuk bermain dengan si kecil. Saya biasanya mengajarkan anak saya mengenal jari-jari serta anggota tubuh saat sedang mandi maupun hendak tidur.

Pada dasarnya bayi memang suka tidur, namun tidak mudah juga membuat tidurnya teratur bahkan tidur diranjangnya sendiri. Nah untuk itu, memberikan permainan semacam ini bisa membuat si kecil mau tidur secara teratur dan tidurnya pun di ranjang sendiri.

Kalau bunda sendiri? Biasanya pakai permainan apa untuk meningkatkan tumbuh kembang si kecil di usia 7 bulanan? Boleh banget di share di sini. 



Pentingnya Mainan Bayi 7 Bulan Untuk Perkembangan Otak Si Kecil