Agar Tidak Kecewa? Terapkan 6 Tip Cerdas Saat Belanja Baju Online

Source image : pexels.com

Dengan perkembangan teknologi, kini belanja semakin mudah. Tak perlu harus keliling mall dan berdesak-desakan saat mencari baju idaman hati. Cukup dengan bantuan internet di smartphone kita sudah bisa membeli barang lewat toko online. 

Memang sangat menghemat waktu dan energi, namun belanja online itu juga mempunyai banyak sisi negatifnya. Seperti barang berbeda dengan gambar, ukuran yang tidak sesuai, barang rusak ataupun pengiriman yang sangat terlambat. 

Jika mengalami hal tersebut, pasti akan sangat kecewa melihat barang yang dipesan tidak sesuai dengan ekspektasi awal. Yang awalnya senang mendapat barang bagus dengan harga murah karena diskon, ternyata barangnya hanya sampah. 

Untuk mengatasi kekecewaan semacam itu, kita harus pandai-pandai dalam memilih dan memilah barang toko online, terlebih yang kita beli adalah baju. Berikut saya share tip dan trik dalam berbelanja baju online. 

1. Cari Dan Tandai Terlebih Dahulu


Dengan banyaknya produk yang sejenis disebuah marketplace, terkadang belanja online itu bikin galau dan dilema. Sudah beli baju muslim di toko A dengan harga sekian, ternyata di toko B dengan produk yang sama ada promo diskon serta ongkos kirimnya lebih murah. 

Agar tidak mengalami hal seperti itu, alangkah baiknya sebelum membayar, kita cari terlebih dahulu produk-produk yang kita sukai dan tandai. Setelah menemukan beberapa model baju, kita seleksi dari harga, kualitas bahan serta ongkos kirim. 

Dengan begitu, kita akan mendapat baju yang paling murah diantara beberapa pilihan, dan galau pun jadi hilang. 

2. Ketahui Bahan Baju Agar Tidak Keliru 


Jangan hanya terpikat pada display gambar dress cantik di website online. Pastikan kamu juga jeli dengan diskripsi bahan baju yang nantinya kamu beli. 

Cari tahu jenis kainnya, ketebalannya, serta bahannya mampu menyerap keringat atau tidak. Intinya sesuaikan dengan kebutuhan kamu. 

3. Pastikan Ada Ukuran Baju Yang Pas 


Karena membeli online membuatmu tidak bisa mencoba terlebih dahulu, maka pastikan ukuran baju yang pas sebelum membeli. Cari detail ukuran baju dari lingkar dada, panjang baju dibagian diskripsi produk. 

Jangan selalu beranggapan ukuran S,M,L,XL di setiap brand itu sama loh, bisa jadi Brand A dengan ukuran M cukup dengan tubuhmu, namun Brand B, yang sama-sama ukuran M malah kekecilan dengan tubuhmu. 

4. Baca Ulasan Dari Pelanggan Lain 


Source image : pexels.com

Sebelum kamu membayar baju yang sudah kamu sukai, pastikan kamu sesekali membaca riview pengalaman pembeli lain tentang produk tersebut. Baca komentar dan ulasan pembeli lain, apakah dari beberapa pembeli ada yang mengeluh tentang produk ini atau tidak. 

Ulasan pembeli tentang keluhan ataupun kepuasan akan jadi modal berharga bagi kamu dalam membantu menilai produk ini layak kamu beli atau tidak. 

5. Chat Dengan Penjual Untuk Lebih Memastikan 


Jika sudah menemukan yang pas baik ukuran, warna serta ulasan pembeli juga bagus, ada baiknya jika kamu memastikan kepada penjualnya apakah barang tersebut ready. 

Kamu juga bisa mewanti-wanti penjualnya agar tidak mengirim barang yang salah melalui chat tersebut. 

6. Cari Marketplace Yang Memberi Pelayanan Return Produk 


Membeli baju online itu seperti membeli barang dalam karung, kita tidak tahu pasti perihal baju yang kita beli secara pasti. Syukur-syukur kalau dapat yang bagus dan ukuran sesuai, bagaimana kalau tidak sesuai ukurannya, kekecilan misalnya? 

Tentu kita akan merasa dirugikan kalau baju yang kita beli ternyata tidak muat ke tubuh kita. Untuk itu, sebelum membeli baju online, carilah marketplace yang memberi penawaran pengembalian barang jika ukurannya tidak sesuai. 

Dengan begitu, kita tak perlu khawatir jika baju benar-benar tidak muat karena bisa ditukar dengan ukuran lain. Untuk itu, simpan bukti-bukti pembelian atau pengiriman dengan baik agar mudah proses pengembalian nanti.

Baca jugaKembangkan Bisnis Online Anda Ke Pasar Internasional Dengan Yulibu Marketplace

Nah, itulah beberapa tips dan trik dalam berbelanja baju online. Jangan tertipu dengan diskon besar-besaran yang ditawarkan oleh toko online. Apalagi jika kamu mengabaikan berbagai hal pertimbangan dalam berbelanja online. 

Yuk lebih bijak lagi dalam berbelanja online

Agar Tidak Kecewa? Terapkan 6 Tip Cerdas Saat Belanja Baju Online
  1. Memang suka mengandalkan keberuntungan kalau beli pakaian lewat ecommerce. Makanya kalo kepaksa beli, ya mending ke toko resminya yang biasanya juga ada di ecommerce itu.

    ReplyDelete
  2. gambar paling atas bikin saya ngak fokus bacanya Mbak,,,,,,bikin pikiran jadi kacau....hahahha. Maaf yach.. :)

    ReplyDelete
  3. Widih keren banget blognya, baru pertama kalinya ssya kesini...widih keren...untuk belaja baju kalau saya pribadi sih paling suka lihat testimoni ya,he-he dan harus bisa COD juka karena zaman sekarangkan rawan penipuan, jadi harus selalu berhati-hati dan yang terakhir itu penting banget,produk harus bisa diretur larena belanja online terkadang yang dilihat tidak sesuai dengan kenyataan dan sebelumnya saya ingin memperkenalkan diri mbak,he-he, perkenalkan nama saya kuanyu, blogger dari kota pangkal pinang, jika mungkin mbak punya waktu bolehlah mampir dan komen di blog saya,he-he...ngomong-ngomong ini templete apa ya mbak, kok keren banget ya 😀

    ReplyDelete