Ini Dia Alasan Kenapa Foto Kita Bisa Ngeblur!

Paling kesel kalo lagi jalan-jalan terus nemu spot foto yang bagus, keluarin smartphone langsung minta fotoin temen! Tapi pas dicek hasilnya malah ngeblur. Rasanya pengen berkata kasar deh! Tapi nggak tega juga sama temen sendiri. Hehehe.

Kalo nggak mau sering-sering ngalamin foto buram, kita harus tau dulu penyebabnya dong! Supaya kita nggak selalu menghasilkan foto yang ngeblur. Hehehe. Jangan sampe udah capek-capek motret di lokasi yang indah, eh hasilnya malah buram. Jadi sia-sia kan usaha kita.

Maka dari itu kita harus pahami dulu nih beberapa penyebab foto jadi buram:

1. Fokus kamera kurang tepat 


Fokus kamera yang kurang tepat bisa bikin objek yang akan diambil fotonya malah jadi nggak jelas. Emang sih sekarang hampir semua smartphone punya fitur autofocus yang berfungsi untuk membidik titik fokus. 

Tapi, nggak jarang ada juga bagian dari foto yang nggak jernih. Jadi sebagian keliatan jelas, eh bagian lain ada yang buram. Kan rasanya nggak banget, ya. Makanya kita harus bisa memfokuskan kamera dengan tepat pada objek yang akan kita tangkap. 

Atau mau tau cara cepat supaya hasil fotonya jadi oke? Pake OPPO R17 Pro yang kameranya didukung oleh fitur ultra night mode dengan teknologi Smart Aperture yaitu lensa pintar yang bisa menyesuaikan diafragma pada lensa secara otomatis dengan banyaknya cahaya yang masuk. Dijamin hasil jepretannya jadi lebih jernih, tajam, dan nggak kabur, kayak gini: 



2. Objek Foto Bergerak 


Foto yang buram bisa muncul karena adanya gerakan pada objek foto waktu mau dipotret. Nah, ini adalah PR buat kita untuk memastikan objek bisa diam di tempat untuk beberapa saat, supaya hasil fotonya nggak blur dan enak dipandang. Kita juga bisa mengatasi masalah ini dengan mengatur flash dan menaikkan ISO.

3. Gerakan Dari Kamera 


Terkadang waktu memotret objek, secara nggak sadar kamera kita mungkin bergerak waktu shutter terbuka. Itulah yang menyebabkan foto buram. Supaya foto kita nggak buram ada baiknya kita cek kembali kameranya supaya nggak bergerak. 

Dengan begitu kita bisa dapetin hasil foto yang jelas dan tajam. Adanya teknologi OIS (Optical Image Stabilizer) juga dapat membantu proses pemotretan, seperti yang terdapat pada kamera belakang OPPO R17 Pro. 

4. Lensa Kamera Kotor 

Coba cek lensa kamera terlebih dahulu, siapa tau ternyata lensanya kotor karena nggak pernah dibersihin. Biasanya kalo lensa kamera smartphone dalam keadaan kotor, foto yang dihasilkan juga kurang bagus. 

Lensa bisa kotor kaena jarang dibersihin, jadi aja debunya nempel. Atau bisa jadi karena nyolek lensa, itu aja bisa bikin lensa kamera jadi kotor. Maka dari itu, sebaiknya kita bersihin lensa kamera smartphone kita dengan rutin supaya lensanya selalu bersih dan hasil foto kita nggak ikut bermasalah. 

***

Itu dia 4 hal yang bisa aja terjadi pada kita saat memotret dengan smartphone. Biasakan untuk memperhatikan keempat hal ini ya sebelum memotret, biar hasil fotonya jadi bagus dan menawan buat dipamerin. Hehehe.

Kalau kamu masih penasaran sama kemampuan lainnya dari teknologi kamera pada OPPO R17 Pro, bisa kamu cek langsung di sini: http://r17pro.oppomobile.id atau https://www.oppo.com/en/smartphone-r17-pro/ 



Ini Dia Alasan Kenapa Foto Kita Bisa Ngeblur!