Penangganan Keguguran Tanpa Kuret Berbahayakah?

Source image : pixabay.com

Setelah menikah tentunya pasangan suami istri akan sangat menunggu kehadiran buah hati. Satu hal yang sangat ditakutkan pada saat mengalami proses kehamilan adalah keguguran. Keguguran yang terjadi pada calon ibu akan membuatnya merasa tertekan dan juga sedih. 

Perasaan sedih dan tertekan ini akan bertambah dengan pemberian perawatan pasca keguguran seperti kuret. Kuret harus tetap dilakukan agar ibu terhindar dari berbagai macam kemungkinan yang dapat membahayakan jiwanya. Anda yang ingin mengetahui bahaya keguguran tanpa kuret, simaklah artikel ini dengan seksama.

5 Bahaya Yang Dapat Timbul Karena Keguguran Tanpa Kuret

Sebagai seorang wanita tentu kita tidak ingin sesuatu yang tidak diinginkan terjadi dengan kandungan. Akan tetapi memang semuanya kembali kepada yang kuasa karena kita manusia hanya mampu berserah. Keguguran bisa menyerang wanita hamil karena banyak kemungkinan. 

Berikut ini adalah beberapa bahaya yang diakibatkan keguguran tanpa kuret yang perlu anda tahu,

1. Kista

Bahaya keguguran tanpa kuret yang pertama adalah munculnya kista di dalam perut anda. Kista ini bisa muncul akibat jaringan dari bayi atau kotoran yang ada di dalam belum bersih 100%. Kista akan tumbuh dari sisa jaringan ini dan dapat membahayakan anda. 

Pertumbuhan kista yang sangat cepat di dalam tubuh bukan hanya dapat membahayakan ibu namun ada bahaya lain yang akan muncul. Hambatan untuk memiliki anak kembali menjadi salah satu bahaya lain yang muncul akibat adanya kista dalam diri ibu.

2. Kanker Rahim

Rahim menjadi bagian yang terpenting yang sangat dijaga oleh khususnya seoarang wanita. Karena di dalam rahim inilah buah hati yang diidam-idamkan akan tumbuh dan berkembang. Kuret merupakan upaya yang dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan rahim anda pasca mengalami keguguran. 

Bahaya yang dapat timbul tanpa adanya kuret adalah munculnya kanker rahim. Anda tidak ingin al itu terjadi bukan?.

3. Tekanan Mental 

Source image : pixabay.com

Masa kehamilan memang menjadi masa yang ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri dalam kehidupan berumah tangga. Tanda awal kehamilan yang sangat dinantikan apalagi untuk pasangan yang sudah menikah menjadi hal yang sangat menggembirakan tentunya. Oleh karena itu berbagai hal yang baik untuk kehamilan pun juga dilakukan. 

Namun sebagai manusia kita tidak bisa mengatur segala hal yang akan terjadi termasuk keguguran. Keguguran selain dapat menimbulkan penyakit fisik ternyata juga dapat menyerang batin atau mental. Dukungan orang terdekat menjadi perisai agar hal ini tidak menyerang mental ibu.

4. Gangguan Kesehatan Rahim

Bahaya akibat keguguran tanpa kuret sangat erat kaitannya dengan kesehatan rahim seorang ibu. Jaringan tubuh bayi yang tersisa di dalam rahim merupakan salah satu pemicu mengapa kuret harus dilakukan. Bahaya yang muncul berkaitan dengan rahim bisa muncul beberapa saat setelah terjadi keguguran ataupun dalam waktu yang lama. 

Anda seorang ibu yang enggan untuk melakukan kuret harus berpikir ulang. Jika memang betul tidak ingin melakukannya maka harus melakukan pengecekan rahim ke dokter spesialis selama kurang lebih 6 minggu.

5. Pendarahan Dan Anemia

Tanda awal kehamilan sebelum telat haid saja sudah menjadi momen yang membahagiakan bagi pasangan suami istri. Apalagi setelah telat haid kemudian dilakukan pengecekan dan ternyata hasilnya positif tentu akan lebih membahagiakan. 

Momen membahagiakan ini bisa sirna karena istri anda mengalami keguguran. Keguguran perlu penanganan secepatnya karena dapat mengakibatkan adanya pendarahan dan anemia. Salah satu bentuk pencegahannya adalah dengan melakukan kuret.

Wanita yang mengalami keguguran memang rentan terserang baik fisik maupun mentalnya. Oleh karena itu, perlu penanganan yang intensif dan juga dukungan dari pihak keluarga agar dia cepat bangkit. 

Semoga informasi mengenai bahaya keguguran tanpa kuret yang kami sampaikan dapat menambah ilmu pengetahuan untuk anda terutama dalam dunia kesehatan.

Penangganan Keguguran Tanpa Kuret Berbahayakah?