Manfaat Pemantauan Waktu dan Kehadiran Karyawan Berbasis Website Bagi Perusahaan


Jadwal kerja dan kehadiran karyawan merupakan faktor penting dalam sistem penggajian di berbagai perusahaan. Meskipun sangat krusial, sayangnya dari survey hanya 20% perusahaan yang berminat menerapkan software absensi secara khusus. Sisanya, kebanyakan masih menggunakan sistem absensi manual berbasis kertas yang berantakan untuk melaporkan absensi atau kehadiran karyawan. 

Di era digital yang serba praktis, tentunya model absensi berbasis kertas sudah ketinggalan zaman. Tim HR memiliki posisi yang lebih baik jika menyediakan solusi pemantauan waktu kehadiran karyawan dengan menerapkan aplikasi atau software otomatis. 

Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa diperoleh jika perusahaan menerapkan software pemantauan waktu dan kehadiran karyawan:

1. Menghemat Waktu Dan Uang 

Sistem berbasis kertas membutuhkan proses yang lama karena harus dicek satu per satu secara manual. Hal ini kadang menimbulkan penundaan pembayaran karyawan yang berimbas pada ketidakpuasan karyawan. 

Seperti yang diketahui, masalah gaji karyawan begitu sensitif. Sebagai pengusaha Anda tidak akan pernah mau menunda gaji karyawan. Karena hal ini membuat karyawan tidak senang dan tidak puas yang berdampak pada produktivitas perusahaan keseluruhan. 

2. Mengurangi Kesalahan Manual 

Karyawan yang menggunakan pencatatan absensi atau kehadiran berbasis kertas, kadang-kadang masih bisa melakukan kesalahan saat melengkapi formulir absensi. Selanjutnya, saat mereka mengingat atau ingin memperbaiki kesalahan pencatatan waktu, mereka hanya menebak-nebak jam berapa kira-kira tadi sewaktu datang ke kantor. Kesalahan seperti ini akan membuat perusahaan membayar jam kerja yang tidak seharusnya. Terutama jika menerapkan model pembayaran upah per jam. 

Akan tetapi, hal ini akan berbeda apabila pemantauan waktu kehadiran karyawan secara otomatis. Terlebih, bagi perusahaan yang ada di Indonesia. Perusahaan dapat mengurangi risiko kesalahan entri data karyawan dan langsung mengimpor data jam kerja karyawan ke payroll software Indonesia

3. Meningkatkan Produktivitas Karyawan 

Tugas-tugas tim HR dalam pencatatan absensi terkadang bisa memakan waktu dan menguras tenaga. Sistem pencatatan waktu dan kehadiran yang terintegrasi berbasis website dapat mengurangi biaya terkait pengumpulan data, manajemen dan entri data yang melibatkan sistem manual. 

4. Meningkatkan Produktivitas Dan Kepuasan Kerja 

Model pencatatan waktu dan kehadiran karyawan yang lebih akurat memungkinkan karyawan lebih fokus pada tanggung jawab mereka. Mereka tidak perlu repot mengisi formulir berbasis kertas atau mengecek ulang untuk memastikan keakuratan data, karena karyawan tahu bahwa gaji mereka berikutnya akan diterima tepat waktu dan akurat. Hal ini dapat menghilangkan masalah yang berpotensi memicu stres dan gangguan di tempat kerja. 

LinovHR merupakan solusi efektif yang dapat membantu pemantauan sistem absensi dan kehadiran waktu kerja karyawan. Terintegrasi dengan payroll software Indonesia, membuat kinerja tim HR menjadi lebih praktis, simpel dan cepat.

Bila Anda ingin mempertimbangkan opsi pengelolaan karyawan yang lebih mudah dengan biaya dihitung berdasarkan jumlah karyawan, segera uji coba gratis LinovHR sekarang. 
 


Manfaat Pemantauan Waktu dan Kehadiran Karyawan Berbasis Website Bagi Perusahaan