Menu Makanan Yang Disunnahkan Rasulullah Saat Berbuka Puasa

Tidak terasa bulan puasa telah sampai, bulan puasa merupakan moment yang paling ditunggu - tunggu oleh seluruh umat musim di dunia. Bagaimana tidak? Di bulan ini segala amalan yang kita lakukan akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Untuk itu di bulan yang penuh berkah ini umat muslim tidak hanya menjalankan kewajiban berpuasa, namun juga berlomba-lomba untuk melaksanakan amalan-amalan sunnah nabi Muhammad SAW.

Adapun amalan-amalan yang biasa dilakukan saat berpuasa yaitu menjalankan sholat tarawih saat malam hari, bersedekah, melakukan sholat sunnah hingga iktikaf di masjid. Jika dirasa berat, ada amalan lain yang bisa anda lakukan yaitu menyegerakan berbuka dengan makanan dan minuman yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Kebanyakan orang  saat melaksanakan berbuka puasa akan mengkonsumsi makanan dan minuman secara berlebihan. Padahal, sebenarnya hal tersebut tidak dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, karena segala yang berlebihan itu sejatinya tidak baik. 

Jika anda mengkonsumsi makanan secara berlebihan saat perut dalam keadaan kosong seharian akan menyebabkan lambung bekerja terlalu keras. Selain itu mengkonsumsi makanan dan minuman secara berlebihan akan menyebabkan tubuh menjadi mengantuk dan malas untuk beraktifitas termasuk melaksanakan sholat tarawih.

Sebagai umat muslim yang beriman sebaiknya kita berbuka dengan makanan dan minuman yang disunnahkan oleh nabi, karena selain mencari keberkahan hal tersebut juga baik utnuk tubuh kita. Untuk itu kali ini kami akan membagikan informasi mengenai beberapa makanan dan minuman yang dianjurkan untuk berbuka puasa oleh Rasulullah.

1. Kurma

Sumber gambar : Hellosehat.com

Menurut hadist riwayat Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Khuzaimah, saat berbuka puasa Rasulullah memakan "ruthab" atau kurma muda untuk berbuka puasa, dan bilamana tidak ada kurma beliau akan meminum seteguk air. Oleh karena itu mengkonsumsi buah kurma atau seteguk air menjadi sunnah bagi umat muslim yang sedang berpuasa.

Ternyata selain membawa keberkahan, kurma sendiri memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh manusia. Berdasarkan penelitian yang telah diterbitkan oleh International Journal Food Sience Nutrition di tahun 2003, kurma memiliki 15 kandungan mineral yang baik untuk tubuh. Beberapa mineral tersebut yang paling utama yaitu magnesium, kalium, kobalt, zat besi, mangan, fosfor, selenium, seng, dan kalsium

Selain itu kurma juga tinggi akan protein seperti linoleat, oleat dan palmitoleat. Tidak kalah dengan buah segar lainnya, kurma juga memiliki berbagai kandungan vitamin seperti vitamin C dan vitamin B kompleks dalam jumlah yang cukup tinggi. Tidak ketinggalan sejumlah kandungan antioksidan juga terdapat di dalam buah kurma.

Beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari buah kurma ini yaitu meredakan sembelit, menambah energi, menjaga kesehatan gigi dan tulang, membantu mengatasi anemia, menyehatkan jantung, juga menyehatkan sistem saraf. Sudah tidak diragukan lagi, banyak oenelitian yang mengungkapkan manfaat dari buah kurma ini. Untuk itu selalu sedia kurma disaat berbuka puasa anda bersama keluarga.

2. Madu

Sumber gambar : Tribunnews.com

Sejak zaman dahulu telah dianjurkan untuk mengkonsumsi madu untuk berbuka puasa dan sahur. Karena madu memiliki banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, sehingga dapat membantu menyehatkan tubuh saat berpuasa. Anjuran untuk mengkonsumsi madu sendiri telah tertuang ke dalam Qur’an surah An Nahl ayat 69 : “dari perut lebah itu keluar minuman madu yang beraneka ragam warnanya , di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia

Menurut penelitian yang dituangkan dalam Codex Standart for Honey pada tahun 1981 kandungan utama yang paling banyak terdapat di dalam madu yait fruktosa dan glukosa. Selain itu terdapat kandungan lain yaitu asam-asam organik, enzim, protein, asam amino, maltosa, sukrosa dan masih banyak lagi.

Banyak manfaat yang akan kita dapatkan dari mengkonsumsi madu, diantaranya yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperlancar sistem peredaran darah, meredakan tenggorokan, membantu penyembuhan dan membantu memperlancar pencernaan. Untuk itu sebaiknya anda mengkonsumsi madu minimal 2 sendok makan saat berbuka puasa dan sahur untuk menjaga kesehatan anda.

3. Delima

Sumber gambar : Merdeka.com

Buah yang berbentuk seperti limau ini merupakan salah satu buah yang berasal dari negeri Iran. Buah ini sendiri memang telah dianjurkan sejak lama sebagai pendamping saat berbuka puasa karena buah delima berkhasiat untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Rasulullah pernah bersabda :
 “Makanlah delima dengan kulitnya karna sesungguhnya buah delima baik untuk penghadaman perut” (diriwayatkan oleh Ahmad, Baihaqi, dan Ibnu Sunni) 
Selain di sunnahlan untuk dikonsumsi buah delima ternyata memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh manusia. Kandungan yang paling baik di dalam delima yaitu polifenol seperti tanin, punikalagin, antosianin delphinidin, pelargonidin glikosida dan sianidin. 

Selain memiliki kandungan polifenol yang tinggi, delima juga dikenal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Bahkan denganmengkonsumsi satu buah delima kita bisa mencukupi 17 % asupan vitamin C harian tubuh kita. Di dalam minyak biji delima juga terdapat asam palmiat, asam oleat, asam linoleat, asam searat, dan asam punisat.

Buah delima terbukti memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2006 menunjukan bahwa buah delima dapat membantu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh. Selain itu manfaat lain dari buah delima yaitu membantu menurunkan kolestrol, menyehatkan jantung, membantu memperlancar sistem pencernaan dan menjaga kesehatan mulut dan gigi. 

***

Itu tadi 3 makanan yang disunnahkan Rasulullah untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Semoga apa yang kita konsumsi selama berbuka puasa menjadi berkah dan ibadah kita selalu dilancankar. Marhaban ya Ramadhan..

Menu Makanan Yang Disunnahkan Rasulullah Saat Berbuka Puasa