Thursday, 22 March 2018

Tips Memilih Sebuah Pilihan Sulit Dalam Kehidupan


Memilih itu tidaklah mudah, setiap orang pasti merasa kesulitan dalam menentukan sebuah pilihan, apalagi pilihan tersebut memiliki bobot dan bebet yang sama baiknya.

Misalnya saja soal memilih pakaian, sebagai wanita memilih pakaian bukanlah perkara mudah, kita harus memilih dengan seksama akan kualitas sebuah pakaian, seberapa nyaman saat dipakai dan seberapa pantas kualitas dibandingkan dengan harganya.

Memilih adalah perkara yang tak bisa dihindari oleh siapapun, sebab di dunia ini kita sering sekali di hadapkan dengan berbagai pilihan hidup yang mesti kita pilih. Meskipun berat, pada akhirnya kita tetap harus menentukan sebuah pilihan, karena dengan memilih berarti kita siap melanjutkan ke masa depan.

Bagaimana kalau kita memutuskan tidak memilih?

Tidak memilih dengan kata lain kita melarikan diri dari sebuah kehidupan. Misalnya perihal pilihan antara pergi atau tidak. Dengan kata lain jika kita tidak memeilih keduanya, terus apa yang akan kita lakukan?

Percaya atau tidak, kehidupan memang dipenuhi berbagai pilihan, karena hidup adalah pilihan.

Namun disisi lain, ada saatnya menentukan suatu pilihan itu benar-benar menguras pikiran. Kita takut jika kita memilih, justru akan membuat hal yang tidak diinginkan bisa terjadi. Misalkan saat memutuskan untuk resign dari pekerjaan, satu sisi kita ingin menjaga anak-anak di rumah, di sisi lain kita takut perekonomian terganggu karena hal tersebut.

Kata sebagian orang mengatakan “dengarkan kata hatimu”. Namun setelah saya lakukan seperti itu, terkadang hati kita terlalu fokus dengan apa yang kita sukai, tanpa memikirkan kedepannya itu seperti apa.

Hasilnya, terkadang memang lebih berantakan dan tidak sesuai dengan harapan.
Baca juga : Akan Selalu Ada Hikmah Dibalik Cobaan Hidup Di Dunia

Lalu, bagaimana cara menentukan pilihan yang baik?

Berikut beberapa cara yang saya sarankan berdasar pengalaman saya saat menentukan pilihan yang berat dalam kehidupan ini.

1. Meminta Saran Pada Yang Lebih Berpengalaman

Sumber gambar Pexels.com
Tidak ada salahnya kita mencoba untuk mendapatkan saran dari orang yang lebih berpengalaman. Misal tentang memilih pakaian, akan jauh lebih baik jika kita mengajak seorang teman yang sering berbelanja pakaian dan sering mengikuti tren mode.

Meminta saran pada yang berpengalaman ataupun pada orang terdekat kita, jauh lebih mudah ketimbang harus memikirkan pilihan itu sendiri. Karena mereka sudah lebih banyak pengalaman dalam menjalani pilihan yang pernah mereka ambil di masa lalu.

Meskipun kita tidak cocok dengan apa yang disarankannya, setidaknya kita memiliki gambaran tentang pilihan tersebut kedepannya.

2. Pikirkan Dampak Baik Dan Buruknya Dari Pilihan Itu Kedepannya

Cobalah menerka-nerka apa saja yang akan terjadi kedepannya jika kita memilih pilihan ini atau memilih pilihan itu. Mungkin dengan saran orang yang berpengalaman, kita bisa menyimpulkan apa yang akan terjadi jika kita menentukan pilihan ini, dan mengira-ngira obat untuk dampak buruk yang akan terjadi nanti.

Dari menimbang-nimbang hasil kesimpulan saat menerka-nerka baik buruknya sebuah pilihan. Kita bisa memilih mana pilihan yang bisa kita jalani lebih baik untuk kehidupan kita ke depannya.
Baca juga : Berbuat baiklah! Setiap kita kan ditinggalkan dan meninggalkan

3. Jika Masih Belum Menemukan Jawaban, Cobalah Untuk Shalat Istikharah.

Sumber gambar Islamedia.com
Sebagai seorang muslimah, akan lebih baik jika kita mengikuti junjungan kita Nabi Muhammad SAW dalam mengambil sebuah keputusan. Beliau memerintahkan umatnya disaat menghadapi sebuah pilihan yang berat, hendaknya untuk sholat istikharah.

Tapi jika masalah memilih pakaian, tak perlulah kita melakukan sholat istikharah segala. Tapi jika pilihannya berat seperti memilih dua orang laki-laki yang ingin menikahi kita, barulah sholat istikharah itu perlu.

Selain agar memantapkan sebuah pilihan, juga dengan istikharah, kita berpasrah pada kehendak Allah dengan pilihan apapun yang kita pilih. Kita akan menjalaninya dengan penuh keikhlasan, dan semoga hikmah dari sholat istikharah itu berbuah kebaikan pada diri kita.

4. Bertanggung Jawab Dengan Apapun Pilihan Yang Kita Ambil

Melakukan sholat istikharah bagi seorang muslim adalah untuk meminta kemudahan dalam menentukan sebuah pilihan. Namun tidak semua orang bisa mendapat jawaban secara langsung.

Terkadang ada yang diberi petunjuk melalui mimpi, terkadang ada juga yang diberi petunjuk melalui kenyataan. Namun ada juga yang tidak mendapat petunjuk apa-apa?

Terus bagaimana selanjutnya?

Tentu kita tetap harus memilih pilihan tersebut meskipun tidak mendapat petunjuk apa-apa. Terkadang kemantapan hati justru hadir ketika kita sudah memilih pilihan tersebut dan disitulah hikmah dari sholat istikharah itu.
Baca juga : Lakukan 7 hal ini agar kamu jadi lebih dewasa

Kesimpulannya, jangan takut untuk memilih namun jangan terlalu gegabah dalam memilih. Untuk menentukan pilihan dalam hidup, kita harus berhati-hati agar tak menyesal di kemudian hari. Karena kehidupan bermula dari pilihan dan hidup tak sekedar memilih


Pandaan, 22 Maret 2018
Dewi'Na Irawan


Peridiri
Perihal Diri Updated at: 07:20:00
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 

Perihal Diri Copyright © 2013 Minima Template
Designed by BTDesigner · Powered by Blogger