Tempat Berlibur Dengan Biaya Murah Di Pandaan-Pasuruan

Libur kerja itu paling menyenangkan digunakan untuk jalan-jalan bersama keluarga. Selain untuk menghilangkan penat dan stress saat bekerja selama seminggu kemarin, juga untuk mempererat kehangatan keluarga.

Suami saya selalu libur di hari minggu bertepatan dengan liburan anak sekolah juga, jadi disaat hari minggu, keluarga saya lengkap berada dirumah semua. Tentu akan membosankan kalau hanya tinggal dirumah saja saat liburan, jadi setiap minggu saya dan keluarga sebisa mungkin akan melakukan liburan ke tempat yang menyenangkan.

Tempat Berlibur Dengan Biaya Murah Di Pandaan-Pasuruan

Tidak perlu harus keluar banyak uang untuk mengisi liburan tiap minggu, tak perlu juga meng-agendakan harus pergi ke tempat wisata yang bagus untuk bisa bersenang-senang. Toh banyakloh tempat hiburan yang murah meriah disekitar kita, yang mana kita bisa manfaatkan untuk mengisi kekosongan di hari libur tanpa menguras isi dompet kita dan yang penting strees hilang dan anak-anakpun jadi ceria.

Saya sendiri lebih menyukai pergi jalan-jalan ke tempat wisata yang terletak dekat dari rumah. Asumsi jarak tidak lebih dari 20 menit perjalanan dari rumah ke tempat destinasi tersebut. Kalau bisa biaya masuk ke wisata tersebut gratis malah lebih baik, hehehe.

Di Pandaan sendiri ada banyak kok tempat liburan yang asik namun tetap dengan budget yang sangat murah sekali, bahkan kita cuma mengeluarkan biaya untuk parkir saja. Berikut saya tuliskan beberapa destinasi tempat wisata yang bisa untuk mengisi hari libur dengan biaya yang sangat murah.

Car Free Day Pandaan

Car Free Day pandaan
@Car Free Day Pandaan
Ada Car Free Day di Pandaan loh guys...!

Tidak perlu jauh-jauh ke Surabaya kalau ingin menikmati Car Free Day, di Pandaan sudah berlangsung selama 3 tahun, acaranya diadakan tiap dua minggu sekali. Tempatnya di sepanjang jalan kartini, mulai dari perempatan Pandaan sampai di traffick light Taman Dayu.

Dengan adanya Car free Day ini, saya dan keluarga bisa menikmati liburan yang menyenangkan tiap 2 minggu sekali. Lokasinya yang sangat dekat tidak sampai 5 menit dari rumah, serta budgetnya cukup biaya parkir sebesar 2000 rupiah saja.

Kita bisa jalan-jalan di sepanjang jalan kartini dengan melihat-lihat aneka makanan dan jajanan serta barang-barang yang dijual disana. Ada juga beberapa komunitas hewan reptile, kucing dan hewan peliharaan lainnya.

Baca juga   Menikmati Pasuruan carnaval fashion 2017 di Pandaan

Kawasan Taman Dayu Ciputra

Selain terkenal dengan car free day nya, Pandaan juga terkenal dengan pusat perbelanjaan sekaligus destinasi wisata di kawasan Taman dayu. Saya dan keluarga sering ke tempat ini untuk refeshing maupun untuk belanja kebutuhan keluarga (kebutuhan anak semacam susu formula, pampers dan lain sebagainya).

Tempatnya sejuk karena banyak pepohonan yang cukup rindang di sepanjang jalan, oleh sebab itu banyak orang yang jogging ataupun sekedar jalan-jalan untuk berolaraga disini. Disaat liburan, tempat ini cukup ramai dengan pengunjung yang kebanyakan para remaja.

Bagi yang mempunyai anak kecil, Taman dayu rekomended sekali untuk dikunjungi. Terdapat outbond dan pemainan anak yang bisa dinikmati pengunjung secara gratis sembari menikmati beragam kuliner disana.

The orchard Taman Dayu
@The Orchard Taman Dayu Pandaan

Sardo Swalayan

Saat belanja kebutuhan sehari-hari, saya selalu belanja dengan suami ke Sardo swalayan. Selain saya tidak bisa menyetir kendaraan sendiri, juga akan lebih menyenangkan kalau belanja di temani suami. Semacam ada keromantisan sendiri saat melakukannya.

Belanja juga bisa jadi penghibur loh, kan sekarang sudah tren pusat perbelanjaan terdapat sebuah permainan atau hiburan didalamnya, semacam time zone maupun permainan anak-anak lainnya.

Nah dari pada jauh-jauh pergi ke tempat wisata untuk mencari hiburan buat anak, pusat perbelanjaan ini merupakan alternatif murah meriah untuk menyenangkan anak sembari kita berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Mengunjungi Situs Sejarah Candi Jawi

Candi Jawi Pandaan Pasuruan
@Candi Jawi Pandaan
Di Pandaan ada sebuah candi peninggalan bersejarah Hindu-Buddha kerajaan Singosari. Terletak diperbatasan Pandaan-Prigen, tepatnya di desa Candi Wates, kecamatan Prigen. Untuk pergi ke lokasi itu mudah kok! Kalau dari Pandaan, kalian bisa mengambil arah menuju Prigen, di perbatasan memasuki wilayah Prigen, kalian bisa melihat sosok candi Jawi ini telihat megah dari jalan.

Bagunan candi jawi ini dikelilingi oleh pagar bata setinggi 2 meter, juga dikelilingi oleh parit yang banyak ditumbuhi oleh bunga teratai. Ketinggian candi ini sekitar 24,5 meter dengan panjang 14,2 m dan lebar 9,5 m.

Bolehlah sesekali kita mengajak anak-anak berlibur sambil mengenal sejarah Indonesia. Disana kita juga bisa membeli makanan ikan dan memberri makan ikan di parit tersebut. Tapi hati-hati bagi yang membawa anak kecil agar selalu waspada pada anaknya biar tidak terjatuh ke parit tersebut.

Menikmati Indahnya Kawasan Pandaan dari Ketinggian

Setelah dari candi Jawi, tidak ada salahnya kita melanjutkan perjalanan menuju kecamatan Prigen dan Tretes. Banyak destinasi wisata seru disana seperti air tejun Kakek Bodoh, air terjun Pucuk Truno, dan lain sebagainya. Selain itu, kita bisa menikmati indahnya panorama kota saat dilihat dari ketinggian.

Kalau saya sendiri lebih menyukai saat pergi ke Prigen dan mampir ke rumah teman saya disana. Saya suka menikmati kesejukan alam disana, hal yang jarang sekali saya rasakan di Pandaan. Apalagi kalau dari rumah teman saya itu terlihat panorama kota Pandaan yang indah, apalagi pas malam tiba.

Baca juga   Liburan ke Waterpark Taman Dayu Ciputra

***

Bagi saya, liburan tiap minggu itu tidak perlu jauh-jauh dan butuh biaya besar. Asal kita bahagia, stress berkurang dan anakpun senang, itu sudah cukup.


Pandaan 15 Februari 2018
Dewi'Na Irawan

Tempat Berlibur Dengan Biaya Murah Di Pandaan-Pasuruan
  1. Wah... Saya baru tahu. Hehe jadi pengen ke Candi Jawi-nya Mbak.. Semoga berkesempatan ke sana deh kapan-kapan.

    ReplyDelete