Mengurus Dua Blog Secara Konsisten? Bisa!

Pernah saya cerita bahwa saya memiliki 1 blog sebelum saya membuat blog Peridiri ini. Saya sudah ikut-ikutan membuat blog sejak 2011 silam, hanya saja saya tidak seaktif sekarang, bahkan setelah lulus kuliah dan resign dari pekerjaan, saya sudah tidak pernah mengurusi blog tersebut.

Hingga di awal 2017, saya ingin memulai kembali aktivitas ngeblog, dan sayangnya saya lupa pasword masuk ke blog tersebut, pasword emailnya pun saya juga lupa. Akhirnya saya memutuskan untuk membuat blog baru lagi.

Tapi beberapa minggu yang lalu saya menngingat kembali pasword login ke blog meskipun saya tidak bisa login ke email yahoo saya. Setelah saya bisa login, cepat-cepatlah saya menambahkan authornya dengan mengunakan email gmail yang saya pakai sekarang.

Dan sekarang saya resmi punya 2 blog yang saya urusi bersamaan. Yeaahh.. :D

Oh iya, kenalin blog saya


Blog yang baru-baru ini saya custom domain dari dnadzifah.blogspot.com menjadi dnadzifah.com biar terlihat keren.

Ini adalah kali pertama saya mencoba mengurusi dua blog sekaligus. Mengurus satu blog saja terkadang saya kesusahan dalam mengupdate kentennya, apalagi dua blog sekaligus. Tapi bukan berarti tidak bisa kan.

Yah, saya harus bisa.

Tentu untuk menjalani pengalaman baru ini, saya harus punya trik dan tip untuk bisa tetap konsisten mengupdate dua blog saya.

Baca juga   10 tipsbagaimana cara mendapat dan menemukan puluhan ide artikel setiap hari

 Tip Merawat Dua Blog Secara Bersamaan

#1. Tetap Menulis Apapun Yang terjadi

Seperti ulasan yang saya tulis di artikel “Tips melatih konsisten menulis blog bagi blogger pemula” bahwa konsisten menulis itu susah bagi pemula di dunia blogger. Terlebih lagi jika kosentrasi ngeblog terbagi menjadi dua karena memiliki dua blog.

Banyak alasan yang menyebabkan seorang blogger menjadi malas untuk mengisi konten blognya. Dari susahnya mengatur waktu, tidak menemukan ide artikel dan semangat yang menurun ketika melihat blognya tidak beranjak nilai view perharinya.

Tentu untuk mengatasi malas itu sendiri, kita harus menguatkan niat dan membulatkan tekad untuk tetap menulis apapun yang terjadi. Jadi meskipun pageview perhari tidak beranjak naik, kita tetap tegar untuk tetap menulis konten.

Jadi komitment yang harus saya lakukan adalah tetap menulis, meskipun tidak tiap hari, saya harus mengusahakan minimal satu minggu sekali 1post untuk masing-masing blog. Kalau masih kesusahan, saya akan turunkan menajdi 1 post untuk dua blog dalam dua minggu.

Tapi saya yakin, bahwa saya bisa mengisi minimal 1 post dalam 1 minggu, hehehe. Yang penting istiqomah dan always be happy.

Baca juga   Bagaimana cara agar Kita tetap termotivasi untuk terus menulis di Blogger

#2. Menulis Jenis Konten Yang Berbeda


Selama ini, saya mempublish semua ide di blog ini. Tapi untuk kedepannya, saya hanya publish artikel tentang perjalanan, parenting, curhatan diblog ini. Sedangkan untuk di blog yang satunya, saya berencana untuk fokus mengisi artikel tentang blogging dan riview disana.

Dengan membagi jenis konten seperti itu, saya rasa saya bisa memilah kapan saya harus menulis untuk blog ini dan kapan saya menulis di blog yang satunya. Dan yang peling penting kontennya tidak sama antar dua blog ini.

#3. Minta Bantuan Suami Nulis Konten

Oh iya, saya belum perkenalkan suami saya juga seorang blogger loh, Cuma dia menulis di platform blog tetangga hehehe.

Saya sendiri awalnya tidak begitu paham tentang kode html, justru suami saya yang mengajari saya dan merombak ulang tatanan widget dan navigasi blog ini dulu.

Karena dia seorang blogger juga, jadi saya akan memaksa suami saya agar ikut andil dalam mengisi konten di blog saya Dnadzifah.

Karena saya ingin fokuskan konten disana lebih banyak tentang blogging, sementara saya yang akan menulis tentang artikel rivew dan artikel geje lainnya, hehehe.

#4. Keluar Dari Zona Nyaman

Mau tidak mau saya harus keluar dari zona nyaman saya dalam menulis sebuah konten untuk bisa mengisi kedua blog saya. Seperti di poin membuat jenis konten yang berbeda, saya harus mencoba menulis dengan tema riview film atau buku yang sudah saya baca.

Di blog ini, tak pernah sekalipun saya menulis tentang riview sebuah buku atau film, nah maka dari itu saya harus coba jenis konten seperti itu untuk artikel di blog Dnadzifah.com.

#5. Memaksimalkan Hobi

Saya akan menfokuskan artikel yang bertema hobi di blog Peridiri, seperti wisata, jalan-jalan ataupun event menarik yang saya ikuti disaat mengantarkan anak ke sekolah.

Hobi lihat drama korea juga harus saya maksimalkan sebaik mungkin, entah itu saya rangkum menjadi sebuah rivew ataupun saya membuat artikel baru yang terinspirasi dari drama korea yang saya lihat.

Baca juga   Tips Bagaimana Cara Mengatasi Writer's Block Bagi Blogger Pemula

**** 

Dengan kelima poin tersebut, saya berharap bisa tetap konsisten dalam mengisi kedua blog saya kedepannya. Mungkin memang berat, tapi saya yakin pasti bisa jika saya berusaha.

Yah, saya bisa....

Keep Fighting ^_^


Pandaan, 14 Januari 2018
Dewi'Na Irawan

Mengurus Dua Blog Secara Konsisten? Bisa!
  1. Salam kenal mbak, selamat ya punya blog baru yg lahirnya bisa dikatakan "tak sengaja karena lupa email" btw nama blog barunya juga unik. Dan bener banget kita kudhu konsisten dalam menulis tiap blognya. Menurutku sih seminggu sekali masing2 cukup lah ya. Jadi per 3 harian kita nulis untuk masing2 blog,ahh jadi ingat blog aku satu lagi yang sudah langsung di domain juga dan belum konsisten huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mbak feb..
      wah punya 2 blog juga mbak, wah kece dah

      Delete
  2. Selamat berjuang dengan kedua blognya mbak,

    kalau saya malah sebaliknya, saya ngeblog sudah lama 2011 -an juga waktu saya SMA, karena saya memang memulai dari pemula sekali ya nulis sesuka hati secara personal yang intinya blog gado2 sampai akhirnya saya merasa blog saya tidak punya identitas dan merasa kesal sendiri dengan blog tsb, mau di perbaiki tulisan udah banyak,

    ya sudah akhirnya saya tutup blog itu (mode privasi) dan membuat blog yang baru tetap dengan gaya personal hanya saja topiknya khusus tentang finansial dan pekerjaan,,,

    7 tahunan pengalaman ngeblog membuat saya cepat menaikkan trafik blog yang baru ini, saya cuma nulis 2 artikel perbulan, ga lebih, saya startnya pun baru oktober 2017, jadi sekarang sudah ada 8 artikel kira2,

    3 diantaranya sudah masuk di page 1 google, alhamdulillah, pengalaman memang ga menkhianati hasil, terlebih lagi dulu saya memang rajib BW, jadi memang punya kawan blogger,

    sekarang saya fokus dengan blog baru saya, saya juga ga terbebani lagi karena topiknya jelas, bulan 6 nanti saya mau coba peruntungan di adsense, semoga saja bisa menghasilkan paling ga bayar domainnya tiap tahun dari adsense, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah keren mas, bisa di share nih bagaimana cara menaikkan trafficknya di blognya mas..
      biar saya bisa belajar juga

      Delete
  3. Satu kata keren bisa ngurusi 2 blog seperti itu, saya juga nyoba buat 2 blog, tetep satunya terbengkalai. Akhirnya ada temen yg komen positif tentang blog gado2, Akhirnya saya serius di 1 blog, dgn 2 tema besar, tentang masalah pekerjaan dan jalan2, saya pisahkan saja berdasarkan label, jadi kalau yg kesasar nyari tema jalan2 nanti posting terkait pun tentang jalan2 semua. Salam kenal

    ReplyDelete
  4. Sama nih saya juga udah semenjak 2008 malahan mati suri ngeblog, sekarang mau mulai lagi ternyata udah 180 derajat berbeda banget... jangankan dapet search list di google bahkan mau blogwalking biar silaturahmi sesama blog aja banyak yang mati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak apa mas, kita cari teman blogger yang baru dan masih aktif aja untuk kedepannya

      Delete
  5. Semangat mba,,, saya juga lagi belajar merawat 2 blog saya. Yang kebetulan ceritanya kurang lebih sama. Heeee Semangat.... Thank you mba tips nya...

    ReplyDelete