Berbagai Share Yang Sering Dijumpai di Group Media Social (WhatsApp,Line Dan Telegram)

Pengguna media komunikasi semacam Whatsapp (WA), Line, hingga Telegram. Rasanya tak luput dari group, entah itu group keluarga, group tempat kerja, Group alumni sekolah, Dan lain sebagainya.

Kegunaan sebuah Group di media sosial semacam Whatsapp dan Line tentu untuk mempermudah komunikasi dengan banyak orang secara langsung. Juga dengan adanya sebuah Group akan mempermudah sebuah diskusi yang menarik dan aktif.

Misalnya group tersebut tentang sebuah pekerjaan. Dengan adanya sebuah group media sosial akan mempermudah komunikasi antara pekerja di lain shift. Seperti ada hal baru atau info baru yang didapat karwayan yang kebetulan masuk pagi, kemudian info tersebut di share di group agar karyawan yang masuk malam juga mengerti akan info baru tersebut.

Meskipun kegunaan group ini sangat bermanfaat bagi kita, tapi terkadang share yang berlebihan juga tidak menyenangkan, apalagi hal yang di share sudah keluar dari topik dan tujuan asli adanya group ini.

Baca juga   Cara Membuat Karakter Tebal, Miring, Coret Pada Tulisan Di Whatsapp Biar Unik Dan Lucu

Misal Group teman kerja yang tujuannya membahas tentang pekerjaan dan info terbaru seputar pekerjaan sehari-hari, tapi justru berubah menjadi sebuah sarana promosi yang kadang membuat pengguna lain risih dan mengabaikan group ini.

Memang tidak ada larangan untuk hal ini, tapi terkadang share yang tidak begitu penting dan tidak ada manfaatnya akan menimbul pengguna lain ikut-ikutan untuk share sesuatu juga. Akhirnya group menjadi sepi percakapan positif dan lebih menumpuk berbagai promosi diluar topik group.

Dari berbagai share, yang sering saya temui di group media sosial di gadget antara lain:

Berbagai Share Yang Sering Dijumpai di Group Media Social (WhatsApp,Line Dan Telegram)

#1. Info Lowongan Kerja

Seperti kata hadist “Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat”(HR Bukhari).

Mungkin dari beberapa orang yang suka share sesuatu di media sosial, berpegang pada hadist tersebut. Jika dirasa informasi tersebut penting dan bermanfaat, maka tak segan-segan informasi tersebut akan di share ke berbagai media sosial, tak terkecuali informasi tentang lowongan kerja.

Menurut saya, share informasi seperti ini sangat bermanfaat, selain bisa membantu orang yang membutuhkan lowongan pekerjaan, juga secara tidak langsung kita sudah membantu mengurangi penggangguran di negara ini, hehehe.

Baca juga  Aneka pilihan bisnis sampingan yang cocok dijalankan oleh seorang guru

#2. Kata-kata Mutiara

Mungkin saya setiap hari selalu mendapatkan kata-kata seperti ini di group yang saya ikuti. Dari kata motivasi, kata inspirasi ataupun hanya sekedar kata-kata lucu.

Entah apa motivasinya disaat share gambar atau kata mutiara ke sosial media di gadget. Yang jelas, seseorang yang suka mengirim kata mutiara ke group, biasanya sudah menjadi kebiasaan sewaktu dulu sering menghabiskan bonusan sms. Hehehe

#3. Meme dan Video Gokil

Kebanyakan sih meme atau video gokil itu berdurasi cukup pendek, entah itu berupa gambar gif, maupun video anak tertawa dengan gigi ompongnya. Kadang saya juga tertawa sendiri saat melihat gambar atau video seperti ini

#4. Info Promo Dan Diskon

Pasti kita sering bukan mendapatkan share promo-promo dan diskon tentang suatu brand di group. Apalagi kalau group isinya para emak-emak yang doyan belanja. hehehe

Tentu kalau ada informasi sale atau diskon yang cukup masuk akal di kantong, para emak-emak yang baik hati akan share info penting ini kepada para emak lainnya. Biar pada ikutan promo ini, dan selain itu, tujuannya biar bisa nitip dibeliin juga, jadi tak perlu repot-repot pergi ke tempat yang lagi sale, cukup satu orang saja yang dekat dengan lokasinya dan yang lainnya bisa nitip biar diskonannya makin besar.


#5. Info Event Menarik

Sama halnya ketika ada event menarik seperti acara Night Run, Konser, Festival, ataupun Pengajian akbar. Biasanya banyak orang yang akan share acara tersebut ke sosial media.

Nah tentu hal ini sangat bermanfaat, soalnya saya sendiri senang saat menghadiri acara seperti pengajian ataupun acara festival budaya.

#6. Share Barang Jualan

Pasti ada saja salah satu penghuni group yang memanfaatkan group yang di ikutinya dengan promosi produk yang dia jual.

Memang sangat menguntungkan dengan sarana promosi gratis, juga audience yang sudah cukup dikenalnya, membuat promosi ini cukup efektif dalam target penjualan. Tapi kalau saya pribadi justru merasa risih, kalau promosi tersebut terlalu sering dilakukan di group umum.

#7. Share Bisnis Afilasi Maupun Bisnis Multilevel

Dan ini yang paling saya tidak sukai, share bisnis afilasi marketing dan Multilevel lainnya.

Seperti tidak ada tempat lain berpromosi saja, kenapa harus dilakukan di group media sosial yang seharusnya digunakan untuk saling sapa dan berdiskusi. Kan masih banyak yang menyediakan seperti ini, misal di facebook maupun twitter.

***** 

Pernah tidak kalian menjumpai share semacam itu di Group WhatsApp, Line dan Telegram?

Atau pernah tidak kalian merasa risih kalau ada seseorang yang share sesuatu di group yang kalian ikuti di WhatsApp, Line dan Telegram?.

Kalau iya, share seperti apa yang membuat kalian risih, boleh deh di share di kolom komentar ^_^

Pandaan 12 Desember 2017
Dewi'Na Irawan

Berbagai Share Yang Sering Dijumpai di Group Media Social (WhatsApp,Line Dan Telegram)