Musim Hujan Dirumah Saja, Tenang! Lakukan 5 Hal Ini Agar Harimu Menyenangkan Saat Hujan

Tak perlu kita menekuk muka disaat hujan menggagalkan rencana harian yang sudah kita planning sebelumnya. Tak perlu juga menggerutu akan hal itu, yang pada akhirnya tidak berguna sama sekali karena hujan pun tetap akan turun meskipun kita sudah menggerutu sejak dari tadi.

Namanya juga musim hujan, jika tiap hari turun hujan, bukankah itu hal yang wajar?

Mending disyukuri saja, toh hujan merupakan nikmat Tuhan yang luar biasa. Dengan adanya hujan, pohon-pohon jadi rindang. Dengan adanya hujan, sumber mata air menjadi banyak airnya. Dengan adanya hujan, udarapun jadi lebih segar dan menenangkan.

Musim Hujan Dirumah Saja, Tenang! Lakukan 5 Hal Ini Agar Harimu Menyenangkan Saat Hujan

Sebenarnya ada kok hal yang menyenangkan saat hujan tiba. Seperti menulis puisi atau mengingat kenangan lama waktu kita masih kecil maupun sudah remaja. Pasti mengingat kembali kenangan yang lama (kenangan yang menyenangkan) membuat kita tersenyum malu-malu dengan sendirinya diderasnya rintik hujan.

Baca juga  Bagaimana cara menyikapi masalalu yang membayang

Kalau saya pribadi, dengan adanya hujan turun berarti aktivitas akan lebih banyak didalam rumah. Sebenarnya jauh lebih nyaman begitu, karena saya lebih mudah menjaga anak-anak terutama yang paling kecil saat dirumah. Kalau diluar rumah, si kecil lebih banyak lari kesana kemari, tidak jadi masalah sih, hanya saja saya yang kecapean terus mengikutinya, hehehe.

Banyak kok hal yang bisa kita lakukan saat hujan, meskipun begitu tetap menyenangkan kok. Berikut 5 hal yang biasa saya lakukan saat turun hujan dirumah.

#1. Membuat Sebuah Konten Untuk Blog

Menjadi seorang blogger itu harus rajin dan konsisten mengupdate isi blog dengan konten-konten yang menarik. 

Nah salah satunya paling enak dilakukan saat hujan-hujan begini. Seperti disaat berteduh dikala hujan saat dalam perjalanan, dari pada mengeluh tentang nikmat dari Tuhan berupa hujan, mending di manfaatkan dengan menulis sebuah konten untuk mengisi blog jauh lebih bermanfaat dan tidak kufur nikmat.

Hujan juga bisa jadi inspirasi saat menulis, karena disaat hujan, ketenangan yang ditimbulkan saat turun hujan membuat pikiran kita lebih fresh dalam mengembangkan ide-ide tulisan.

Baca juga  Bagaimana Cara Agar Kita Tetap Termotivasi Untuk Terus Menulis Di Blogger

#2. Menikmati Secangkir Kopi Panas

Saat hujan, yang paling menyenangkan itu menikmati secangkir kopi panas untuk menghangatkan badan.

Dengan melihat rintik hujan yang membasahi palataran rumah, dan melihat anak tetangga dan anak saya yang sedang menikmati main hujan-hujanan, menjadi hiburan tersendiri buat saya. Apalagi jika menikmati secangkir kopi ini bersama suami tercinta, hihihihi

#3. Membaca Buku dan Novel

Musim Hujan Dirumah Saja, Tenang! Lakukan 5 Hal Ini Agar Harimu Menyenangkan Saat Hujan

Selain menikmati seduhan secangkir kopi panas dikala hujan, membaca novel merupakan hal yang menarik untuk dilakukan disela-sela menyeruput kopi panas.

Setelah menikah, jarang sekali saya membaca buku maupun novel, sepertinya saya tidak memeliki cukup waktu untuk melakukan hal tersebut. Berbeda disaat zaman sebelum menikah, kegiatan membaca novel menjadi hal yang saya lakukan secara rutin sebagai teman saat tidur.

Apalagi setelah mempunyai dua anak, selain sulit mendapat waktu untuk membaca, kebiasaan membaca sebelum tidurpun sudah hilang karena saya sering merasa mengantuk kalau sudah diatas isya.

Tapi, dengan adanya hujan justru membuat saya lebih leluasa untuk membaca novel. Anak-anak yang sibuk bermain didalam rumah, sedangkan saya menikmati secangkir kopi panas dan terjerumus masuk dalam alur cerita novel yang saya baca.

Baca juga  Problematika Wanita Yang Sudah Menikah, Antara Tetap Bekerja Atau Mengurus Keluarga

#4. Memasak Camilan Hangat

Anak-anak sering minta dibuatkan camilan kalau sedang hujan seperti ini. apalagi jika sudah selesai main hujan-hujanan. Tubun yang kedinginan, pasti cocok makan camilan yang masih hangat.

Yang paling sering saya buat itu camilan dari singkong ataupun ketela, bisa di kukus maupun di goreng, atau juga di buat variasi seperti gethuk, sawut, dan lain sebagainya.

Singkong dan ketela hasil panen di kebun sendiri, rasanya lebih mantap ketimbang singkong beli di pasar yang terkadang sudah lama tidak laku. Dan yang paling penting anak saya menyukainya, juga sebagai penghangat tubuh dikala hujan melanda.

#5. Nonton Drama Korea Bersama Keluarga

Musim Hujan Dirumah Saja, Tenang! Lakukan 5 Hal Ini Agar Harimu Menyenangkan Saat Hujan
Drama korea yang satu bulan terakhir saya tonton
Selain membaca novel, beberapa tahun ini saya sedikit ikutan demam drama korea seperti anak muda zaman now.

Baca juga   Bunda zaman now itu seperti apa?

Selain aktor dan aktris drama korea cantik dan ganteng banget, alur ceritanya juga sangat menyenangkan untuk di nikmati ketimbang drama indonesia (sinetron) yang kehilangan benang merahnya, bahkan aktor utamanya juga sudah tidak ada pun masih saja sinetron ini berlanjut.

Terlebih lagi jika dinikmati di kala hujan dan dibarengi suami tercinta, jadi ingat waktu tunangan dulu di bioskop. Romantis hihihihi.

***

Yah begitulah 5 hal yang sering saya lakukan saat hujan melanda. Tak perlu menggerutu dan mengeluh dengan adanya hujan. Ciptakanlah suasana menyenangkan dimulai dari dalam diri, maka kita akan menemukan hal menyenangkan disekitar kita.

Pandaan 20 Desember 2017
Dewi’Na Irawan

Musim Hujan Dirumah Saja, Tenang! Lakukan 5 Hal Ini Agar Harimu Menyenangkan Saat Hujan
  1. Waaah, kalau saya dan penduduk pulau belakangpadang, Kepri begitu hujan malah sibuk mbak. Sibuk menadah air, sebagai sumber air bersih utama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, jadi ikut bersedih dengan keadaannya mbak, moga lekas dapat air bersih dengan mudah

      Delete
  2. Habis nonton drama korea, lalu tidur... kenikmatan dunia banget hehe

    ReplyDelete
  3. Klo hujan enaknya itu tidur hihihi. Atau nonton drama korea atau baca novel ya. Tapi kalau punya batita. Kalau hujan itu susah mewujudkan keinginan. Akhirnya kalau hujan berlalu begitu saja tanpa me time hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak, saya juga ahrus vakum dari ngeblog saat melahirkan anak kedua, juga tak pernah jalan-jalan hampir 1 tahun

      Delete