Wednesday, 15 November 2017

Serunya Liburan Bersama Keluarga di Kebun Raya Purwodadi

Liburan Ke Kebun Raya Purwodadi - Minggu kemarin, saya beserta keluarga bertamasya ke kebun raya purwodadi. Untuk sampai disana, saya harus menempuh jarak sekitar 25 km dari rumah atau sekitar 30 menit dengan kecepatan normal.

Kebun Raya Purwodadi terletak di Km 65 jl Surabaya-Malang, desa Purwodadi, kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Saya berangkat pagi-pagi sekali biar tidak terlalu siang saat pulang, karena beberapa hari ini sering turun hujan disiang hari.

Terakhir kali ke kebun raya, tepatnya 2 tahun yang lalu harga tiket masuk hanya 4.000 rupiah, sekarang harga masuknya sudah 10.000 per orang dengan tambahan 3000 untuk biaya parkir sepeda motor. 10.500 untuk biaya parkir bis dan 5.500 untuk biaya parkir mobil.

Saya senang sekali karena yang di kenai harga tiket hanya orang dewasa saja, kedua anak saya dengan umur 4 tahun dan 1,5 tahun tidak dikenai harga tiket masuk.

Dan saya kembali beruntung disaat mau membayar harga tiket masuk untuk dua orang, saya bertemu dengan teman lama waktu SMP yang kebetulan bekerja sebagai penjaga tiket masuk di Kebun raya Purwodadi ini.

Harga tiket masuk kebun raya purwodadi
4 Orang hanya dengan 1 tiket masuk :D
Harga tiket untuk dua orang yang tadinya 20.000, kini jadi 10.000 untuk dua orang. Saya mendapat potongan harga dari teman saya itu, hihihihi.

Sebenarnya sewaktu kecil dulu saat masih bertempat tinggal di kecamatan Purwodadi, saya justru keluar masuk kebun raya gratis tanpa biaya sepeserpun. Hanya bermodalkan KTP atau orang yang kita kenal bekerja disana, itu sudah cukup untuk bisa menikmati kebun raya tanpa biaya apapun.

Tapi sekarang sudah beda, saya sudah pindah ikut suami selama 5 tahun. KTP saya juga sudah ganti domisili, jadi kalaupun menunjukkan KTP juga tidak akan berpengaruh, malah bisa-bisa saya dianggap Gratisifikasi seperti kata-kata yang ada pada tiket masuk.
Baca juga   Liburan ke Waterpark Taman Dayu Ciputra
Kebun raya sangatlah luas, tidak ada ketentuan khusus harus dimulai dari mana menjajaki luasnya kebun raya ini seperti saat berada di secret zoo atau jatimpark Malang. Kalau saya kemarin coba melewati jalan kekiri setelah melewati gerbang. Setelah beberapa meter, saya sudah berada di Taman Meksiko.

Taman mexico - kebun raya purwodadi
Taman Mexico - Kebun raya Purwodadi
Di taman Meksiko ini banyak sekali koleksi pohon kaktus, atau semacam pohon yang cuma ada batangnya saja tanpa ada daunnya, dan ditambah berduri lagi. Saya berjalan hati-hati menyusuri jalan setapak penuh dengan pohon kaktus ini, apalagi anak saya yang paling kecil juga ingin berjalan disana tidak mau di gendong.

Setelah melihat-lihat pohon kaktus, saya dan anak-anak berjalan kembali menyusuri jalan dan menemukan sebuah pohon besar. Memang sekilas hanya pohon biasa saja, tapi pohon ini adalah saksi bisu yang pernah memperhatikan saya bersama suami dulu duduk di bawah pohon ini. Tidak berdua sih, tapi bersama-sama dengan kawan-kawan juga saat itu.

Pohon kenangan - kebun raya purwodadi
Pohon kenangan
Sebenarnya saya berkunjung ke kebun raya ini visinya untuk mengenang kembali kenangan lama yang pernah kita lewati bersama kala itu. Liburan ini juga merupakan hadiah dari suami untuk merayakan Anniversary kita yang ke-5. Dan kayaknya Suami saya memang sengaja memilih Kebun Raya Purwodadi untuk bisa mengenang kenangan kita berdua.

Jalan yang kita lewati juga sama seperti jalan yang pernah kita lalui bersama waktu itu. Setelah melewati pohon tersebut, kita berjalan melewati tanah lapang yang luas dengan rumput yang hijau. Yang membedakan hanya bagunan baru Green house dan menara yang masih dalam tahap renovasi.

Rencananya, saya ingin mengajak anak-anak mandi di kolam renang kecil di dekat permainan anak-anak, tapi ternyata kolam renang tersebut sudah tidak digunakan lagi. Sepertinya kolam renang itu akan dirombak dan diganti dengan menara pengawas dan green house.

Akhirnya saya dan suami memutuskan untuk jalan kembali menuju Taman Bougenville yang letaknya ke arah timur lumayan jauh dari pintu gerbang. Selama perjalanan, suami yang jadi tukang foto, berkali-kali meminta saya dan anak-anak untuk berpose dijalanan itu.
Baca juga  Tempat wisata Malang yang menarik dikunjungi saat liburan panajang

Perjalanan - Kebun raya purwodadi
Di jalanan Kebun raya purwodadi
Karena letaknya yang memang cukup jauh, akhirnya anak saya yang paling kecil meminta untuk digendong karena kecapean. Bayangkan harus berjalan sambil mengendong anak seberat 9 kg sejauh 500 meter (mungkin). Untung ada Suami yang bersedia mengendong anak, membopong tas dan juga jadi fotografer secara bersamaan. Hehehe

Perjalanan - kebun raya purwodadi
Tinggal 300 meter lagi sampai taman Bougenville
Sesampai di Taman Bougenville, Kita langsung rehat ditempat istirahat yang berada tepat di tengah-tengah taman Bougenville. Saya dan anak-anak juga memakan bekal yang sebelumnya sudah saya siapkan dari rumah.

Kedua anak saya sangat lahap sekali makan bekal tersebut, entah karena enak atau karena kecapean jalan hingga kelaparan sampai taman ini. Sedangkan suami saya justru sedang asik cari objeck yang bisa di foto.

Piknik di taman Bougenville Kebun raya Purwodadi
Piknik di taman Bougenville
Memang taman Bougenville ini sangat menarik dan lokasinya cukup indah untuk background foto selfie. Coba deh lihat hasil jepretan foto suami saya.

Taman Bougenville

Taman Bougenville - Photografy
Berpose di Taman Bougenville
Oh iya, saya juga men-foto beberapa bunga juga. Sebenarnya banyak sekali koleksi bunga disini, tapi saya sendiri yang terlalu capek untuk berkeliling lebih lama lagi.

Bunga di bougenville kebun raya purwodadi
Macam-macam bunga
Setelah puas berpose di taman Bougenville, kamipun memutuskan untuk pulang lebih cepat. Alasannya sih karena cuaca yang tidak begitu mendukung. Terlihat kumpulan awan mendung sudah menutupi matahari, padahal waktu itu masih sekitar jam 11 siang.

Meskipun liburan kali ini tidak sesuai dengan perencanaan, seperti tidak adanya kolam renang untuk menyenangkan sang buah hati dan juga kondisi cuaca yang tak begitu mendukung. Tapi saya sangat senang sekali dengan berlibur disini, begitupun juga dengan anak-anak.
Baca juga  Rekreasi edukatif di wisata petik kurma Pasuruan
Memang liburan ke Kebun raya Purwodadi hanya seperti mengujungi aneka pepohonan yang ada disini, tapi bagi saya, ada banyak hal yang mengasikkan disini. Salah satunya adalah tentang mengingat kembali kenangan tentang kita. tentang lokasi yang pernah kita singgahi berdua, dan tentang awal mula perasaan kita untuk saling mencinta.