Ingin Ganti Smartphone Baru? Mungkin 4 Hal ini Yang Wajib Dilakukan Sebelum Menjual Smarthphone Anda

Semakin lama kita mengunakan smartphone dari tahun ke tahun, Biasanya Smartphone kita akan semakin menurun kemampuannya dibanding disaat kita baru pertama kali membelinya.

Penyebabnya banyak sekali, bisa jadi karena banyaknya file yang ada dalam smartphone kita, membuat kinerja gadget menjadi semakin lelet. Atau overload memory dari pembaruhan aplikasi yang menyebabkan memory internal semakin penuh.

4 Hal ini Yang Wajib Dilakukan Sebelum Menjual Smarthphone Anda

Kita bisa mengusahakan agar Smartphone kita tidak semakin lelet. Caranya mungkin dengan un-install aplikasi yang tidak diperlukan, membersihkan log aktivitas, dan membersihkan cache.

Kalau cara diatas tetap tidak membuat perubahan berarti, cara terakhir adalah dengan restart ulang sistemnya, kemudian kita install kembali aplikasi yang kita butuhkan lagi. Tapi jika dalam seminggu gadget kita kembali lemot seperti dulu, maka itu tanda-tanda kita harus membeli hanphone baru, hihihihi.
Baca juga  Ingin menganti smartphone baru? Oppo saja! ini alasannya
Untuk membeli Smartphone baru, kita harus cari dan menemukan kriteria yang pas sesuai keinginan kita. tidak hanya masalah fitur saja, kita juga harus memperhatikan masalah keuangan juga agar tidak menguras biaya hidup selama sebulan.

Alternatif lain agar kita mempunyai tambahan uang untuk membeli Smartphone baru adalah dengan menjual hanphone yang lama. Nah dalam menjual handphone kita harus tau bagaimana agar handphone bekas kita tetap laku dipasaran, meskipun sudah cukup lama kita membelinya.

Berikut Tip saat hendak menjual Smatphone lama, dengan memperhatikan 4 hal dibawah ini :

4 Hal ini Yang Wajib Dilakukan Sebelum Menjual Smarthphone

#1. Backup Data

#1. Backup data Android

Tentu kita tidak ingin data penting seperti foto dan lagu favorit yang ada di smartphone lama hilang ketika kita menjual smartphone tersebut. Ada baiknya kita backup terlebih dahulu dengan mencari data penting di smartphone dan memindahkannya ke tempat yang aman, ke laptop misalnya.

Setelah membeli handphone baru, kita bisa memindahkan kembali data lama yang sudah dipindahkan ke laptop tersebut. Dengan begitu, foto kenangan dan lagu favorit bisa Anda nikmati lagi di Smartphone yang baru tanpa perlu download kembali, apalagi tentang foto kenangan yang tak mungkin bisa terulang lagi bukan?

#2. Kumpulkan Box Dan Aksesoris Originalnya

#2. kumpulkan aksesoris dan box

Jangan lupa untuk mencari box dan aksesoris original dari smartphone yang mau di jual. Karena menurut pengalaman saya, seorang yang mau membeli handphone bekas, akan menanyakan tentang box dan aksesoris pendukung lainnya.

Tujuannya sih agar si pembeli mengetahui bahwa barang bekas ini asli dan dibeli legal dengan boxnya. Juga dengan mengetahui adanya box dan aksesoris yang lengkap, akan membuat harga smatphone yang akan kita jual tidak begitu curam harga jualnya di mata pembeli.

Penting juga memberi tau pembeli bahwa smartphone yang mau dijual ini asli milik kita dan beli baru, bukan tangan kedua (beli bekas dari orang lain). Karena kalau menurut saya pribadi, membeli barang bekas yang sudah menjadi tangan kedua adalah tindakan bunuh diri. Mungkin saja barang bekas ini memang sudah tidak layak untuk dipakai.

#3. Jangan Lupa Ganti SimCard Dan MicroSD Didalamnya

#3. lepas simcard dan MicroSD

Ini yang paling penting, sebelum smartphone dijual ke pembeli, pastikan Simcard dan MicroSD sudah tidak terpasang didalamya. Karena Simcard dan Micro SD terdapat banyak data seperti kontak temand an relasi, foto kenangan, koleksi lagu dan data penting lainnya.

Pernah kejadian sewaktu saya menjual handphone Nokia C3, saya lupa melepaskan MikroSD didalamnya. Akhirnya data-data foto kenangan yang ada di hanphone itu hilang. Sebenarnya saya masih bisa meminta MikroSD tersebut pada pembelinya, tapi rasanya kok kebangetan, masak sudah dibeli diminta lagi.

Akhirnya saya mengikhlaskan foto kenangan saat pacaran dulu hilang, hehehe. Dan hal ini menjadi pembelajaran bagi saya sewaktu-waktu mau menjual handphone kembali.

#4. Factory Reset

#4. Factory Reset

Setelah membackup data dan mengeluarkan Simcard dan MicroSD didalamnya. Langkah terakhir yang kalian harus lakukan adalah dengan mereset atau Factory reset smartphone tersebut. Mungkin lebih mudah dengan pilihan “Mengembalikan ke pengaturan awal”.

Tujuannya agar Smartphone yang mau dijual terlihat tidak lelet. Selain itu dengan factory reset, akun-akun kita yang lama akan hilang dari smartphone tersebut, dengan demikian si pembeli tidak memakai akun kita dan akun kita tetap aman hingga saat kita membeli handphone baru.

*** 
Setelah melakukan 4 hal yang perlu dilakukan sebelum menjual smartphone diatas, Sekarang kalian sudah siap untuk menjual smartphone bekas untuk dijadikan tambahan dana untuk membeli smartphone baru.


Pandaan 20 November 2017
Dewi’Na Irawan

Ingin Ganti Smartphone Baru? Mungkin 4 Hal ini Yang Wajib Dilakukan Sebelum Menjual Smarthphone Anda
  1. Saya selalu simpan box ponsel, jaga2 kalau pengen dijual lagi. Katanya kan kalau dijual tanpa box harganya jatuh. Sebab macam ponsel hasil curian

    ReplyDelete