7 Pekerjaan Online Yang Bisa Jadi Penghasilan Tambahan Yang Mudah, Menyenangkan Dan Menjanjikan

Go Bisnis Online - Seiring dengan pesatnya peningkatan pengguna internet dan juga pertumbuhan ekonomi di Indonesia saat ini, perkembangan bisnis di Indonesia juga ternyata mengalami kenaikan yang cukup pesat, terutama dalam bidang bisnis online.

Dengan kemudahan akses internet yang sudah sangat mudah di raih lewat genggaman, tak diragukan lagi bahwa mencoba melakukan bisnis secara online sangatlah menguntungkan. Kebanyakan orang lebih memilih belenja secara online ketimbang harus berkeliling di Mall hanya untuk membeli satu pakaian saja.

7 Pekerjaan Online Yang Bisa Jadi Penghasilan Tambahan Yang Mudah, Menyenangkan Dan Menjanjikan


Saya sendiri juga memilih untuk beli secara online kalau hanya untuk membeli satu baju saja, selain lebih hemat waktu juga lebih enak memilih dari pada berbelanja di sebuah pusat perbelanjaan. Hemat waktu karena saya bisa memilih dan memilah baju hanya dari genggaman, juga dengan membandingkan harga di toko yang satu dengan toko yang lain dengan sangat mudah.

Sedangkan saat belanja di pusat perbelanjaan, selain capek karena berkeliling mencari baju yang tepat, juga butuh waktu yang lama untuk menemukan barang yang kita inginkan. Hanya para wanita yang bisa merasakan galaunya saat hendak membeli barang di pusat perbelanjaan, hehehehe.

Karena maraknya bisnis online, mungkin diantara kalian ingin mencoba untuk melakukannya sembari melakukan rutinitas pekerjaan harian. Hanya dengan modal komputer dan gadget yang terhubung oleh internet, juga kemauan untuk berusaha dan belajar, kita bisa mulai bisnis ini dan bisa mempunyai penghasilan tambahan untuk kebutuhan belanja bulanan.

Berikut ini beberapa bisnis online yang cocok bagi kita-kita pengguna internet yang bisa kita coba jalankan sebagai tambahan penghasilan disela-sela waktu senggang dirumah.

1. Menjadi Re-seller Produk

Menjadi reseller merupakan bisnis yang menjanjikan, selain tidak membutuhkan banyak modal juga sangat cocok bagi pecinta pengguna internet dan media sosial. Karena bisnis ini cara kerjanya dengan menjual produk merek tertentu dan kita memasarkannya kepada orang lain. Intinya kita hanya sebagai penyalur distribusi produk tersebut dan mengambil untung dari hasil pejualan.

Memang terdengar menjanjikan, tapi perlu kita pahami bahwa menjadi Reseller juga lumayan sulit. Selain kita harus memahami produk yang kita pasarkan, juga kita harus paham bagaimana kita memasarkannya. Karena hal yang penting yang harus dikuasai adalah tentang strategi pemasaran produk. Kalian bisa mencoba dengan memanfaatkan media sosial atau membuat sebuah website untuk strategi pemasarannya.

2. Program Afilasi Penjualan (Multilevel)

Bisnis Multilevel juga cukup menjanjikan dengan banyaknya promo hadiah dan tunjangan bulananannya. Tapi sebagian orang juga sedikit alergi setiap mendengar kata Multilevel ini. Cara kerjanya juga tetap sama, dengan menjual suatu produk tertentu baik secara online maupun offline. Yang menjadi pembeda adalah sistem penjualan berjenjang dan program berbasis member get member.

Biasanya, bagi calon member ada persyaratan khusus agar calon anggota bisa mulai ikutan bisnis ini. Dari membayar uang sejumlah tertentu atau melakukan pembelian produk dengan nominal tertentu. Dan yang paling penting, agar bisnis ini jalan dan menghasilkan, diperlukan kemampuan member untuk menjual produk dan juga dengan mengajak orang lain untuk ikutan gabung.

Bisnis ini cukup menjanjikan, selain laba dari penjualan yang lumayan besar karena barang yang dijual termasuk barang langka yang tidak dijual dipasaran bebas, juga ada poin tambah jika kalian bisa mengajak orang lain untuk ikutan gabung.

Ada banyak program bisnis seperti ini yang sudah banyak diminati banyak orang, salah satunya produk kecantikan Oriflame, Tupperware, produk kesehatan tianshi dan sebagainya.

3. Freelance (Writer content, Design, Copy Writer dsb)

Freelance

Jika kalian hobby nulis atau design gambar, mungkin jenis bisnis Freelance ini bisa jadi pekerjaan sampingan yang mengasyikan. Selain menulis atau design gambar adalah hobby, tidak salahnya juga kan kalau hobby tersebut bisa menghasilkan sedikit uang.

Salah satu contonya adalah menjual jasa menulis. Ada banyak sekali pemilik website atau pemilik bisnis yang tidak memiliki waktu untuk membuat konten atau design buat website mereka. Ada beberapa website yang menyediakan tempat bagi kalian yang ingin mencari job dari klien yang membutuhkan artikel atau konten untuk website mereka. Kalian bisa mendaftar di Sribulancer.com, Projects.co.id, Sribu.com dan sebagainya.

Ada juga website yang menyediakan job tentang design gambar dan logo. Jika kalian jago design, mungkin mencoba ikutan freelace design gambar atau logo untuk suatu instansi bisa menjadikan hobby kalian tersalurkan dan tentu menghasilkan. Kalian bisa coba daftar menjadi freelance di 99designs.com atau di designcrowd.com dan raih pundi-pundi uang dengan memenangkan kontes yang diadakan, dan siapa tau salah satu client menghubungi kalian secara personal untuk membuatkan design untuk produk tertentu. Dan pastinya kalian akan mendapat penghasilan yang lumayan untuk jasa tersebut.

4. Paid Survey Dan Paid to Click

Bisnis ini memang tidak menghasilkan banyak uang, tapi bisnis ini tidak memerlukan modal sepeserpun. Akan tetapi butuh banyak pengorbanan yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasild ari bisnis ini. Tapi bukan berarti bisnis ini tidak menjanjikan, banyak diantara yang menjalankan bisnis ini bisa menghasilkan jutaan rupiah dari bisnis ini.

Paid survey adalah sebuah situs yang menyediakan survey untuk membernya, dan setiap anggota yang menjawab survey akan dihadiahi imbalan berupa poin yang bisa ditukarkan sejumlah uang. Ada banyak situs yang menyediakan bisnis ini, salah satu situs yang poinnya bisa ditukarkan sejumlah rupiah yaitu Nusaresearch.net dan Panelonline.com

Paid to click (PTC) adalah sebuah situs yang menyediakan uang disetiap anggota yang meng-klik iklan yang disediakan oleh situs tersebut. Untuk setiap klik iklan memang tidak begitu besar imbalannya, antara 10 rupiah hingga 100 rupiah. Tapi ada sebagian orang yang sukses dalam memainkan bisnis ini, jika kalian punya akses internet gratis, bisa coba bisnis ini. Ingat! Pakai internet gratis yah, hehehe.

5. Publisher Adsense

Publisher Adsense

Untuk bisnis yang satu ini hampir semua orang bisa mengerjakannya, yang penting punya blog atau web bisa dicoba untuk di monetize dengan pihak Adsense google. Memang untuk membangun blog sendiri cukup mudah, tapi seiring banyaknya pengguna internet yang juga mempunyai blog, persaingan berada di puncak penelusuran search engine adalah tantangannya.

Tapi bisnis ini cukup menyenangkan terlebih jika kita hobby menulis di blog, tak masalah jika penghasilan perbulan dari adsense cuma 10rb -20rb, setidaknya hobi nge-blog kita bisa sedikit menghasilkan. Siapa tau satu-dua tahun kedepan penghasilan adsense blog menjadi lebih besar dari sekarang.

6. Youtubers

Youtubers

Bagi kalian yang sering mengunakan gadgetnya untuk merekam moment special, tidak salahnya hasil video yang kalian buat di upload ke youtube. Kalian bisa mendapatkan pundi-pundi uang dari video yang kalian unggah di youtube. Tentu dengan memenuhi persyaratan yang telah dibuat oleh pihak adsense youtube.

Banyak loh youtuber Indonesia yang mendapatkan penghasilan yang luar biasa dari youtube, seperti Raditya dika, Young Lex, Reza Arap, Bayu Skak dan lain-lain yang bisa menghasilkan puluhan juta rupiah per-bulan dari Youtube. Menarik bukan! Segera upload video kamu dan dapatkan penghasilan dari youtube

7. Jual Hasil Karya Pribadi Secara Online

Beberapa waktu yang lalu, saya memiliki teman yang membentuk suatu kumpulan sesama sahabat satu desanya. Sembari ngumpul-ngumpul, mereka akhirnya mempunyai ide dan gagasan untuk membuat perkumpulan yang mereka lakukan itu bisa menghasilkan dan tidak hanya sekedar temu dan gosip tidak jelas. Terbentuklah Bisnis online Dramatic Life crew. Mereka membuat jasa menerima pesanan kue, nasi kotak, nasi tumpeng dan kue basah yang di pasarkan secara online.

Nah, jika kalian mempunyai ketrampilan masak dan membuat kue, tidak ada salahnya mencoba bisnis seperti ini dengan media pemasaran secara online. Ataupun jika kalian bisa membuat sebuah kerajinan menarik dari barang bekas kemudian bisa dipasarkan disekliling rumah dan di pasarkan juga melalui online dengan jangkauan pasar yang jauh lebih luas.

*****

Bagaimana? Tertarik ingin mencoba untuk mendapatkan penghasilan dari rutinitas mengunakan internet? Tidak salahnya mencoba, siapa tau bisa berhasil dan sukses.


Pandaan 21 Oktober 2017
Dewi’Na Irawan

7 Pekerjaan Online Yang Bisa Jadi Penghasilan Tambahan Yang Mudah, Menyenangkan Dan Menjanjikan
  1. Selama ini saya jaadi reseller tas dan dompet impor. Lumayan hasilnya...dijual online caranya tinggal posting ajah. Rezeki kalau yg beli banyak...yg lain masih tahap mencoba, apalagi content writter

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang kalo reseller itu kita harus ikut stok barang juga ga sih sis? Tapi emang yang paling utama sih niatnya dan rajinnya itu ya hahaha

      Delete
    2. entahlah, saya sendiri belum pernah nyoba reseller..
      tahun lalu sih pernah ikut afilasi MLM gitu, tapi sekarang udah nggak lagi..

      Delete
  2. mencoba menjadi blogger, adsense, dan publisher sangat mengasyikkan untuk menjadi sampingan pekerjaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, karena kita ngurusin blog kan juga karena hoby yah mbak

      Delete
  3. Banyak, ya, pilihannya. Pengen deh coba-coba YouTube

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh dicoba mbak, sayang kualitas video handphoneku kurang mendukung untuk bikin video yang bagus..
      lagian saya sendiri jarang jalan-jalan juga :)

      Delete