Tips Bagaimana Cara Mengatasi Writer's Block Bagi Blogger Pemula

Mungkin bagi penulis/Blogger pemula seperti saya dan Anda, sering sekali kita mengalami kesulitan dalam menjaga konsistensi menulis kita. Entah itu karena kita memang tidak mendapatkan suatu ide maupun gagasan untuk dimuat dalam sebuah tulisan. Hal seperti ini dalam dunia Blogger disebut Writer Block

Writer’s Block adalah keadaan di mana seorang penulis tidak dapat menuangkan segala idenya ke dalam tulisan. Pikiran menjadi buntu, otak terasa kaku, seolah ada yang menghalangi keluarnya gagasan. Dalam keadaan seperti ini, tak satu pun kata, apalagi kalimat yang mampu dihasilkan oleh sang penulis.
Tips Bagaimana Cara Mengatasi Writer Block Bagi Blogger Pemula
Cara Mengatasi Write's Block
Banyak penulis yang jam terbangnya tinggi juga mengalaminya, apalagi saya dan Anda yang hitungannya masih sangat minim pengalaman dan masih hijau dalam dunia Blogger ini.

Bagi penulis pemula, writer’s block dapat menjadi kendala besar bagi bloger pemula, karena writer's block ini bisa membuat pemula merasa tidak mempunyai bakat hingga akhirnya berhenti menulis. Mungkin karena alasan ini banyak blog yang bertaburan di dunia maya yang kehilangan Authornya lantaran sudah tak pernah di update.

Berbeda dengan penulis profesional yang sudah punya jam terbang tinggi, mereka dapat mengidentifikasi penyebab terjadinya writer block dan mencari solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

So, jika Anda mengalami masalah Writer’s Block seperti ini, mungkin beberapa cara dibawah ini bisa jadi solusi anda dalam mengatasi masalah writer block.

Temukan Alasan Kenapa Terjadi Writer Block

Tips Bagaimana Cara Mengatasi Writer Block Bagi Blogger Pemula
Menulis itu Gampang-gampang susah
Alasan pertama kenapa terjadi writer’s block adalah tentang kemalasan kita sendiri. Ketika kita sudah malas untuk mengupdate artikel di blog, disaat itulah kita akan kehilangan banyak ide dan gagasan untuk membuat artikel di Blog.

Malas ini bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa jadi dari sedikitnya pengunjung yang mengunjungi blog Anda membuat anda merasa bosan karena tidak ada tanggapan yang masuk pada artikel Anda. Anda mulai berfikir kalau apa yang Anda tulis itu tidak menarik.

Sudahlah, buang jauh-jauh pikiran seperti itu. Memang tidak mudah untuk membuat pengunjung untuk berdatangan mengunjungi Blog Anda, selain masih baru, konten yang Anda sajikan mungkin masih belum mencakup jumlah audience yang banyak. Teruslah menulis, siapa tahu salah satu keyword dari konten yang Anda muat di Blog menjadi viral dan menjadikan Blog Anda dikunjungi banyak orang.
Baca juga : Bagaimana cara agar kita tetap termotivasi untuk terus menulis di blogger

Hidupkan Mood Anda Dengan Segala Hal Yang Membuat Anda Bersemangat Untuk Menulis

Terkadang masalah pribadi membuat Anda mulai tidak bersemangat untuk menulis. Tidak hanya tentang menulis, bahkan Anda mulai tidak mood untuk melakukan hal apapun. Mood sangat diperlukan untuk bisa melakukan suatu pekerjaan dengan baik, karena Mood membuat Anda senang untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Dalam menulis di Blog, Mood juga diperlukan agar apa yang Anda tulis terasa lebih menjiwai. Jika Mood anda sedang jelek, maka apa yang Anda tulis akan terasa hambar bahkan Anda sendiri bingung mau menulis konten ini seperti apa?

Salah satu hal yang bisa membangkitkan Mood anda adalah dengan melakukan sesuatu hal yang bisa membuat Anda merasa senang dalam menulis. Jika dengan makan terlebih dahulu membuat Anda merasa lebih bersemangat untuk menulis, maka makanlah agar semangat itu tumbuh.

Jika dengan jalan-jalan keluar sebentar membuat Anda lebih baikan dengan Mood anda, maka keluarlah sebentar, mungkin dengan keluar tersebut Anda akan mendapatkan ide konten yang lain.

Intinya, lakukan hal yang membuat Anda bersemangat untuk menulis, Apapun itu, yang penting hal tersebut tidak menyebabkan orang lain terganggu oleh ulah Anda ^_^
Baca juga : Apa yang harus saya tulis sebagai pemula di dunia blogger

Carilah Referensi Sebanyak-Banyaknya Tentang Topik Yang Ingin Anda Tulis

Tips Bagaimana Cara Mengatasi Writer Block Bagi Blogger Pemula
Cari Referensi Untuk Mengatasi Write'a Block
Salah satu penyebab mengapa otak terasa “blank” ketika menulis adalah kurangnya informasi tentang topik yang akan Anda ditulis. Informasi itu bisa didapat dengan berbagai cara. Membaca adalah cara utama yang bisa dilakukan. 

Tidak semua Blog profesional membuat artikel dengan idenya sendiri, Banyak diantara mereka membuat artikel dengan konten yang sama, terutama yang banyak dicari orang dengan mencari referensi-referensi yang dapat menguatkan artikel yang akan mereka buat.

Anda boleh membuat artikel dengan melihat konten yang dimuat di Blog orang lain. Tapi usahakan gunakan gaya bahasa anda sendiri, tidak mengcopy-paste semua isi dari artikel orang lain. Hal tersebut tidak diperbolehkan.

Mending Anda membuat ide artikel sendiri, dengan mencari beberapa referensi pendukung untuk menguatkan konten yang akan Anda muat. Selain blog anda terkesan menarik karena ide yang anda buat lain dari pada yang lain, juga artikel yang Anda buat 100% original dan tidak akan di claim oleh pihak lain.

Carilah Waktu Yang Tepat Saat Menulis

Menulis di waktu yang tidak tepat bisa membuat Anda tidak bisa berkosentrasi dalam menulis. Mungkin karena alasan tersebut Anda mengalami Writer block. Dengan menulis di jam kerja dengan tekanan pekerjaan yang cukup berat, Anda menjadi tidak berkosentarasi penuh dalam menulis, akhirnya, hasil dari tulisan Anda tidak memuaskan Anda.

Begitu juga saat Anda menulis dengan kesibukan rumah tangga yang masih menumpuk, Masih beberapa paragraf Anda sudah di ributkan dengan anak-anak, belum selesai paragraf berikutnya Anda juga terpaksa untuk lari kedapur untuk menyiapkan masakan untuk anak-anak. Tak akan bisa berkosentrasi kalau saat begitu.

Carilah waktu yang tepat untuk menulis, Setiap penulis mempunyai waktu terbaiknya untuk menulis. Tentu, waktu itu berbeda antara seorang penulis dengan penulis lainnya. Anda dapat mempelajari kapan Anda merasa lebih lancar menuangkan ide ke dalam tulisan, entah itu pagi hari atau sebelum tidur.

Kalau pengalaman saya sendiri lebih menyukai menulis sebelum tidur atau saat bangun pagi sebelum anak-anak terbangun. Waktu tersebut sangat cocok buat saya, selain tidak ada rutinitas yang menyibukkan, juga perhatian anak saya tidak terpalingkan karena saya sibuk dengan mengetik di gadget. Sebagai referensi, mungkin Anda bisa membaca “Kapan waktu yang tepat untuk menulis artikel blog bagi Seorang Ibu rumah tangga”.

Ganti Suasana Ruangan Saat Kehilangan Ide Dalam Menulis

Jika Anda terlalu lama berada di depan komputer atau gadget saat berpikir dan menuangkan gagasan ke dalam tulisan. Akibatnya otak Anda menjadi lelah. Jika sudah begitu, sebaiknya Anda tidak memaksakan diri untuk menulis, selain tidak baik bagi kesehatan juga akan berdampak dengan tulisan yang akan Anda buat.

Cobalah pergilah keluar untuk mencari udara segar. Ketika sudah kembali, mungkin keadaan otak Anda akan sedikit menjadi lebih segar dan siap untuk bekerja lagi.

Kondisi tubuh pun sama, Anda harus memahami kondisi tubuh Anda sendiri. Tinggalkan tulisan Anda, buatlah tubuh Anda segar kembali dengan mandi. Sehabis mandi, tubuh akan terasa lebih segar dan siap menulis kembali.

Keadaan lapar juga membuat Anda sulit berpikir untuk menuangkan ide kedalam tulisan. Berhentilah sejenak untuk makan. Setelah perut kenyang, Anda punya cukup energi untuk menulis. Hal-hal seperti ini kelihatannya sepele, akan tetapi berdampak besar bagi seorang penulis.

Asahlah Kemampuan Menulis Anda Dari Membaca

Tips Bagaimana Cara Mengatasi Writer Block Bagi Blogger Pemula
Menulis itu perlu di asah
Mengasah kemampuan adalah hal yang sangat penting bagi seorang penulis. Menulis bukan sekedar merangkai kata. Menulis adalah seni yang harus didukung dengan teknik yang baik untuk menhasilkan tulisan yang menarik.

Anda ingat pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama dulu? Pelajarilah kembali bahan-bahan pelajaran tersebut. Itu menjadi dasar yang sangat penting untuk mengasah kemampuan menulis.

Mengasah menulis juga bisa dilakukan dengan membaca, dengan membaca Anda bisa mempelajari gaya bahasa penulis profesiaonal, juga dengan membaca Anda bisa menemukan kata-kata yang menarik yang mungkin bisa Anda masukkan kedalam artikel yang akan Anda buat.
Baca juga: Menulis di Blog tidaklah mudah, perlu latihan biar tetap konsisten

****** 

Writer’s block bukan hal yang menakutkan jika kita tahu cara mengatasinya. Yang penting kita tetap berusaha untuk tetap konsisten dalam menulis dan terus mengasah kemampuan menulis kita. Yah semoga beberapa Tips cara untuk mengatasi Writer’s block di atas dapat membantu meningkatkan produktivitas Anda sebagai Blogger. Selamat menulis! ^_^

Pandaan, 09.02.2017
Dewi'Na Irawan

Tips Bagaimana Cara Mengatasi Writer's Block Bagi Blogger Pemula
  1. tipsnya sangat padat dan jelas.. sebab kadang kita juga dipengaruhi oleh bad mood..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ^_^
      iya mas, saya juga kadang mood-mood'an kalau lagi dapet.. hihihihi

      Delete