Apa Tujuan Anda Menulis Di Blog Dan Apa Keuntungannya Bagi Anda Terutama Anda seorang Ibu Rumah Tangga?


Sebelum kita mempelajari tujuan kita menulis, sebaiknya kita mengerti dulu apa arti dari “menulis”. Menurut Wikipedia, Menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara.

Sama halnya suatu kegiatan lainnya, menulis juga membutuhkan alasan agar kita tetap bersemangat untuk menulis. Seperti kita melakukan lari pagi tiap hari, jika kita tidak punya tujuan yang pasti, mungkin dalam dua hari kita sudah bosan melakukan hal yang melelahkan seperti itu. Beda jika kita melakukannya karena tujuan kesehatan atau untuk Diet alami, maka kita akan berusaha melakukan lari dengan rutin, untuk mencapai tujuan yang kita inginkan.

beberapa alasan yang tepat tentang tujuan menulis di blog

Jadi, jika kita memutuskan ingin menjadi penulis atau lebih gampangnya bloger (penulis blog). Maka kita harus paham apa tujuan kita sebenarnya, dan kita harus mengerti bahwa meluangkan waktu untuk menulis itu tidak gampang, butuh pengorbanan waktu dan tenaga jika kita ingin tetap konsisten dalam menulis.

Selama ini dalam membaca dan melihat-lihat di dunia per-blog-an, saya sedikit memahami dan menyimpulkan bahwa setiap penulis blog mempunyai tujuan mereka sendiri. Berikut saya jelaskan menurut yang saya pahami tentang Tujuan Orang Mau Menulis Di Blog.

Menjadi Terkenal Dari Blog

Semua pasti tau siapa Raditya Dika, Seorang Stand up komedian, Penulis Novel, Aktor sekaligus Produser Film dari novel yang ditulisnya sendiri. Tapi taukah Anda, bahwa Raditya dika mengawali semua itu dari dunia Blogger.

Blog yang awalnya bernama kambingjantan.com ini kini sudah diganti dengan menggunakan namanya sendiri yaitu www.radityadika.com. Lewat media blog inilah Radith aktif menulis dan kemudian menjadikannya seorang entertainment.

Blog yang berisi catatan kehidupannya sehari-hari ini, awalnya ia buat hanya untuk mengisi waktu luang sebagai diary yang bisa di baca banyak orang. Namun tak di sangka dari tulisan awalnya yang berjudul Kambing Jantan ini, ia berhasil memenangkan penghargaan di Indonesian Blog Award dan penghargaan dari Indosat sebagai The Online Inspiring ditahun 2009.

Dari dua penghargaan inilah Radit semakin termotivasi untuk terus menulis dan juga menerbitkan buku atau novel dari tulisan-tulisan yang sudah ditulisnya di blog. Hingga akhirnya dia terkenal seperti sekarang

Jadi, Ada yang ingin jadi seperti Raditya dika? Saya juga mau sebenarnya, hihihihi

Mendapat Tambahan Penghasilan Dari Blog

Tujuan menulis salah satunya adalah untuk mengejar penghasilan melalui google adsense
Sama seperti Raditya dika, Banyak diantara bloger-bloger yang bertujuan untuk meraup keuntungan berupa penghasilan dari blogger. Mendapat penghasilan tambahan dari hobby yang kita lakukan, pasti sangat menyenangkan.

Tapi kali ini bukan dengan untuk ketenaran, lebih kepada ladang berjualan, entah itu produk kecantikan, fashion atau e-book. Ada juga yang menjual jasa secara online lewat blog seperti pembuatan web atau jasa SEO.

Dan yang paling menarik adalah tentang Adsense, kita tak perlu jualan produk atau menjual jasa. Kitu cukup menulis dengan apa adanya, dan biarkan tulisan kita menghasilkan uang untuk kita.

Bagaimana caranya ?

Ah.., untuk menjelaskan itu, bisa dicari di google search tentang adsense, saya juga masih baru dalam hal blogger. Disini saya masih belajar bagaimana tetap konsisten dalam menulis dan berkreasi di Blog.

Tertarik untuk menulis di blog dan menghasilkan pundi-pundi uang dari Internet?,

Sebenarnya saya juga tertarik, tapi yah, kita jalanin aja sampai menulis menjadi sebuah hobby yang menyenangkan, dan bolehlah kita berpikir untuk menghasilkan dari tulisan kita.

Media Penampung Keluh Kesah

Nah, Saya mungkin termasuk dalam point yang satu ini, Menjadi seorang emak-emak dari dua anak, juga menjadi seorang istri yang mudah-mudahan sholihah bagi suami saya, merupakan tugas mulia sebagai Ibu rumah tangga.

Setiap hari adalah sebuah pembelajaran dan tantangan bagi saya, semua penat dan resah selalu saya pendam agar mereka dalam keadaan baik-baik saja. Dan media seperti blog ini yang cukup membantu meringankan beban pikiran selama ini.

Se-enggaknya, saya bisa mencurahkan segala hal penat yang saya rasakan menjadi sebuah alunan puisi atau sekedar curhatan ala emak-emak di blog ini. Dan Alhamdulilah, sedikit lebih lega dari pada menyimpannya dalam hati.

Mengekspresikan Sesuatu Emotion Menjadi Sebuah Tulisan

Kadang suatu keadaan, seperti sebuah kebahagiaan akan sangat menyenangkan di masanya, tapi keadaan seperti itu, cukup mudah untuk dilupakan. Hanya selang beberapa tahun, mungkin kita sudah tidak mengingat lagi bagaimana kebahagiaan itu penah terjadi.

Tapi dengan adanya blog ini, moment bahagia akan menjadi abadi seiring moment tersebut tersirat dalam tulisan di blog ini. Lagi pula, Blog ini mungkin juga akan menjadi prasasti bagi anak keturunan kita, mungkin suatu saat ketika kita sudah tua, anak dan cucu kita akan membaca jerih payah dan pengalaman kita sewaktu muda.

Bukankah itu suatu kebanggaan, ketika cucu dari anak-anak kita, membaca cerita hidup atau moment indah yang kita tulis sendiri dengan penuh kesadaran dan dari hati.

Media Sharing Informasi

Banyak Bloger yang menyajikan informasi berupa tutorial, tips dan trick, travel, riview dan sebagainya. Mereka bertujuan untuk share informasi yang bermanfaat bagi yang membutuhkan. Blog ini juga termasuk didalamnya, karena walaupun dalam bentuk curhatan ala emak-emak, tapi sedikit banyak ada informasi atau tip yang ingin saya bagi untuk para pembaca.

Yang jelas, untuk Blog yang kontennya di share di public, secara otomatis dia mengizinkan orang lain untuk membaca dan belajar dari ilmu yang dia tuliskan. Jika Anda menginginkan tulisan Anda untuk di baca sendiri dan tidak untuk orang lain, maka aturlah blog anda menjadi private blog, dengan begitu hanya Anda sendiri yang bisa melihat isi blog tersebut.

****

Well, mungkin cuma itu saja yang menurut saya, tujuan awal kita untuk membangun sebuah blog. Mempunyai tujuan yang tingggi boleh saja!, yang penting ada kemauan dan konsistensi dalam mengapainya. Dan tak salah juga kita menargetkan sesuatu hasil dari apa yang kita tulis, karena dengan alasan itu kita bisa termotivasi dalam berkarya.

Selamat menulis..

Pdn. 16.12.2016
Dewi Na Irawan

Apa Tujuan Anda Menulis Di Blog Dan Apa Keuntungannya Bagi Anda Terutama Anda seorang Ibu Rumah Tangga?