Apa Yang Harus Saya Tulis Sebagai Pemula Dalam Dunia Blogger?

Tips menulis untuk pemula. Biasanya seorang blogger pemula seperti saya akan kebingungan saat harus memulai darimana saya harus menulis, tentang ide cerita, cara merangkai kata dan menjadikannya sebuah artikel yang sedap dibaca.

Bagi pemula, menyelesaikan sebuah tulisan sama sulitnya dengan menyelesaikan soal kimia di kelas, sangat rumit walaupun tidak bergelut dengan rumus-rumus kimia yang memusingkan. Tidak berlebihan saya memperumpamakan menulis itu sama dengan soal kimia, karena disaat awal menulis itu memang susah.

Apa Yang Harus Saya Tulis Sebagai Pemula Dalam Dunia Blogger

Saya dulu juga mengalami hal yang sama, sempat bingung harus menulis apa untuk mengisi artikel di blog ini, hingga akhirnya saya mencoba baca-baca di blog-blog lain dan mendapatkan pelajaran berharga. Berikut tips-tip yang saya cermati dari hal-hal apa saja yang bisa kita tulis sebagai bloger pemula.

Tulislah Apapun Yang Anda Sukai

Yang paling mudah adalah segala hal yang kita sukai, seandainya kita ditanya “lebih suka mana menulis puisi atau meriview film?”. Tentunya jika kita tak terbiasa dengan kedua hal itu atau tidak terbiasa menulis, pastinya kedua hal tersebut sama-sama susah.

Berbeda jika pertanyaannya disuruh membaca “lebih suka mana membaca puisi atau riview film”. Dan tentunya kita dengan mudah untuk menjawabnya. Disitulah pointnya, “Suka” orang yang terlanjur suka akan melakukan apapun untuk bisa mendapatkan yang disukainya, apalagi sampai “cinta”, pasti akan rela berkorban untuk mendapatkan yang dicintainya.

Nah untuk menarik minat dalam menulis di blog, kita awali dengan hal yang kita sukai dulu. Yang paling penting itu menyukai menulis dulu. Jika kita suka berpuisi, ya tulis saja puisi. Sehingga ketika kita sudah mencintai puisi, kita akan dengan mudah menemukan ide dan kata untuk dirangkai menjadi sebuah puisi. Jadi, Mulailah menulis dengan apa yang kita sukai

Cobalah Menulis Pengalaman Pribadi Anda

Menulis pengalaman diri adalah yang paling mudah kita ingat, Pastinya Anda mempunyai pengalaman yang menarik atau yang unik untuk bisa di tuangkan ke sebuah tulisan. Dari sebuah petualangan atau perjalanan liburan dengan teman atau keluarga.

Mungkin juga pengalaman pertama kali anda menembak seorang cewek pastinya sangat seru untuk diceritakan, tentang rasa deg-deg-an, rasa malu dan takut ditolak. Juga pengalaman patah hati, biasanya pengalaman patah hati ini sangat membekas dan sulit untuk dilupakan, jadi hal tersebut bisa jadi cerita yang menarik saat kita menuangkan ide cerita dari hati.

Anggaplah Menulis Diblogger Semacam Menulis Di Diari


Menulis sesuatu yang dekat dengan keseharian, seperti hobi, pekerjaan rumah atau apapun yang kita temukan dalam kehidupan sehari-hari merupakan bekal ide yang kita punya untuk ditulis.

Jadi anggaplah menulis di blog merupakan catatan diari harian kita, apapun yang kita tulis biarpun cuma curhatan atau catatan konyol harian kita, anggaplah itu pembelajaran untuk melatih kita menulis yang baik juga untuk melatih konsistensi dalam menulis.

Tulislah Ilmu Yang Anda Pelajari

Berbagi merupakan hal baik yang kita lakukan sebagai manusia, terutama berbagi soal ilmu. Kita yang pernah merasakan bangku sekolahan ataupun bangku kuliah, pastinya memiliki bekal ilmu dari pengajar yang tidak selalu sama porsi yang di dapat setiap siswa.

Seperti halnya kita pernah privat renang, secara otomatis kita mempunyai pengalaman tentang renang dan pelajaran dasar yang kita dapat dari les privat tersebut. Kita bisa tulis ilmu yang kita pelajari dari les tersebut. Mulai dari cara awal untuk perenang pemula, pemanasan yang wajib dilakukan sebelum berenang dan sebagainya.

Tenang, kita tidak akan rugi karena share ilmu secara gratis, karena ilmu yang baik itu ilmu yang bermanfaat bagi orang lain. Semakin sering kita berbagi ilmu, ilmu kita tak akan berkurang justru semakin bertambah dan berkembang, jadi keep share ilmu yang baik ya.
Baca juga : Apa Tujuan Anda Menulis Di Blog Dan Apa Keuntungannya Bagi Anda Terutama Anda seorang Ibu Rumah Tangga?

Pekerjaan Yang Anda Lakukan

Pekerjaan merupakan ladang ide bagi para penulis, Menulis tentang hal-hal yang terjadi pada pekerjaan kita, tentang cerita hari ini, gosip yang sedang hangat juga tentang hal apa saja yang kita lakukan saat bekerja.

Seperti jika Anda adalah seorang teknisi komputer, setiap pekerjaan Anda dari cara memperbaiki komputer, troubleshoting, atau tentang software. Anda bisa menyajikan pengalaman pekerjaan Anda menjadi sebuah artikel tentang ulasan, tips, dan cara kerja di bidang komputer.

Terus, jika kita adalah seorang ibu rumah tangga?

Menjadi ibu rumah tangga itu adalah sebuah pekerjaan loh!, Pekerjaan sebagai ibu rumah tangga itu bukan main repotnya, dari bangun pagi-pagi, menyiapkan makanan, bersih-bersih rumah dan halaman, mengurusi anak, mencuci pakaian dan sebagainya. Tentu dengan kepadatan pekerjaan seperti itu ada banyak hal yang bisa kita tulis menjadi sebuah artikel, mungkin seperti cara kita mengawasi dan mengurus anak (Parenting), berbagi resep special ala Anda, atau juga cerita lucu saat perkembangan anak.

Menulis Curhatan Orang Lain

Jika Anda seorang ibu rumah tangga atau sosok seorang yang pandai mendengarkan cerita, mungkin Anda akan sering didatangi seseorang untuk curhat kepada Anda. Tentang masalah yang dihadapi atau tentang hubungan seseorang itu dengan pasangannya.

Ini bisa jadi bahan artikel yang bagus, dengan mendengarkan curhatannya kita bisa menyimpulkan ide dari pokok masalah yang terjadi dan kenapa hal tersebut bisa terjadi. Anda bisa menuliskan analisa yang harus dilakukan menurut pendapat Anda juga tentang solusi yang tepat menurut Anda.

Gosip pun bisa juga jadi sebuah artikel yang menarik, Jangan salah sangka dulu, bukan gosip seperti berita selebritis di televisi, yang lebih mengumbar Aib dari orang lain dari sudut pandang kita. Tapi yang saya maksud disini Anda bisa mengambil pelajaran apa yang bisa Anda ambil dari gosip yang Anda dengar, sama halnya dengan curhatan, kita bisa menulis tentang analisa masalah gosip tersebut terjadi dan merumuskan solusi yang tepat menurut Anda, akan tetapi usahakan privasi orang tetap dirahasiakan dengan tidak menyebutkan nama.
Baca juga : Kapan waktu yang tepat bagi untuk menulis artikel blog bagi Ibu rumah tangga
****

Bagaimana tip menulis bagi blogger pemula yang saya buat?

Semoga mendapat inspirasi ide dalam menulis pertama kali di blogger dari artikel di atas. Tentunya jika ada saran lain tentang tip.menulis bagi blogger pemula, bisa dishare di kolom komentar, saya selaku author tentunya sangat senang jika ada kritik dan saran yang membagun agar saya bisa lebih banyak belajar. Sekian dan terima kasih ^_^

Pandaan 23 Desember 2016
Dewi'Na Irawan

Apa Yang Harus Saya Tulis Sebagai Pemula Dalam Dunia Blogger?