5 Hal Populer Yang Terlupakan Saat Ada Media Sosial Dan Layanan Messenger Di Handphone

Saya merupakan sosok manusia yang masih merasakan hidup tanpa ada gadget di tiap harinya. Cukup menyenangkan sih, sebetulnya. Masih merasakan senangnya tulis-menulis di selembar kertas untuk dikirimkan ke seseorang yang jauh disana.

Jika Anda pernah juga mengalami hal serupa!, berarti kita seumuran, bahkan bisa lebih tua dari saya, hahaha xD

Begitu memasuki era 2005, muncullah handphone hitam putih yang bentuknya kadang gede kadang kecil lonjong kayak "menjeng". 
image source by google
*note: menjeng itu sejenis makanan dari tempe yang di kepal-kepal membentuk lonjong
Tidak begitu menarik kalau dilihat di zaman sekarang yang serba touch screen, bahkan ada selogan "HP masak gitu", ketika ada yang memakai hp jadul di zaman sekarang ini.

Tapi handphone jadul tersebut tak kalah menarik sebenarnya di masanya, ada gamenya juga, serta bisa juga untuk sekedar mendengarkan lagu yang jumlahnya terbatas karena faktor media penyimpanan yang begitu terbatas, bisa juga dengan mendengarkan radio dikala senggang.

Semenjak Android bermunculan, juga media sosial sudah sangat mudah di akses, begitu pula aplikasi messenger banyak bertebaran. Banyak hal yang terlupakan yang selalu dilakukan ketika handphone jadul tren di eranya.

Apa saja yang pernah populer, dan sekarang sudah kehilangan sisi populernya, tergantikan oleh banyaknya messenger dan media sosial?.

1. Cu-mi (Cuma Miss Call)

Yang hidup di era kelahiran saya, pasti sempat ingat bahwa cu-mi ini populer dikalangan kita.

Beralasan hanya sekedar usil atau memang mau telpon tapi masih malu untuk bicara, karena di zaman kita dahulu, orang nya pemalu banget.

Pun juga, miss call juga untuk mengetahui nomer HP ini masih aktif atau tidak. Biasanya orang yang melakukan ini bertujuan nyari pasangan dengan menekan nomor acak, ketika yang mengangkat seorang cewek, berlanjut dengan kenalan dan sebagainya.

2. Private Number

Sama seperti miss call tadi, bedanya, ini lebih kepada orang iseng pengecut yang sok misterius.

Dibilang pengecut, karena mereka yang melakukan hal ini, tak mengizinkan nomor HP nya diketahui sang penerima.

Kalau hanya sekedar iseng gangguin orang tidur, type kayak gini, merupakan orang yang paling menyebalkan.

Bagaimana tidak?

Ketika kita kesal, pengen marahin penelepon gila ini, kita tak pernah tau nomor yang harus dihubungi. Jadi, ya pasrah dech, atau dengan mematikan handphone biar masalah terselesaikan.

3. Nomor Nyasar

Kalo yang ini, mungkin kebanyakan cowok atau cewek kecentilan yang lagi nyari pasangan. Atau juga memang mereka typikal orang kesepian yang terlampau lama dalam kegalauan, wkwkwk :-P

Pada awalnya, nelpon sok kenal dengan menyebut nama temannya, setelah dibilang salah sambung, eh masih nelpon lagi dan bilangnya mau kenalan.:-(

Huft, kenapa nggak dari tadi coba pengen kenalan, nggak gentle banget rasanya, pake bohong segala. Kalau saya sendiri, ogah ngelayanin orang semacam ini.

4. Pesan Nyasar

Sama halnya penelepon nyasar yang sok kebanyakan pulsa, bedanya, mungkin yang sms nyasar gini typikal cowok atau cewek kere yang hobi ngabisin bonusan yang seambrek.

Dulu kan sering program soluler yang menghadirkan bonus ratusan sms dengan syarat ngabisin sms dengan pulsa reguler sebanyak 5 sampai 10 kali.

5. Pesan Singkat

Mungkin sekarang bisa dikatakan pesan alay dan lebay.

Masih ingatkah dengan pesan singkat ini: 

Gi ngap = lagi ngapain
Ru lez = baru bales
Lez gpl = bales gak pake lama
Dan sebagainya.
Dulu, pesan sengaja disingkat karena tidak semua handphone support dengan banyak karakter untuk bisa dikirim. Kadang hanya support 30 huruf saja.

Jadi menyingkat kata adalah cara tepat untuk me-minimalisir pesan agar bisa terkirim atau biaya dari pesan tersebut.

So, bagaimana?
Merasa bernostalgia kah, dengan kebiasaan unik masyarakat jadul yang masih mengunakan hal populer seperti di atas?.

Bagaimana dengan pengalaman kalian saat masih handphone jadul dulu?.

Semoga artikel ini menghibur, walau memang tidak ada unsur stand up yang menghibur

Sekian.


Dewi'Na Irawan
Pdn, 071016

5 Hal Populer Yang Terlupakan Saat Ada Media Sosial Dan Layanan Messenger Di Handphone