Tuesday, 5 December 2017

Liburan Dadakan Ke kebun Teh Wonosari Lawang - Malang

Kebun Teh Wonosari - Setiap satu bulan sekali, saya beserta keluarga meruntinkan untuk silaturohmi dengan pergi kerumah kakak di Purwodadi. Apalagi seperti liburan panjang kemarin, kebetulan anak saya juga libur sekolahnya.

Seharusnya kalau liburan panjang begini enaknya jalan-jalan ketempat wisata, Tapi berhubung anak sulung saya lagi demam dan muntah-muntah. Saya memutuskan untuk pergi mengunjungi saudara dan menginap disana.

Bagi saya, obat paling mujarab mengatasi sakit pada anak adalah dengan memberikan “kesenangan” pada mereka. Dan salah satu “kesenangan” pada anak saya adalah bisa bermain dengan saudara sepupunya.

Awal masuk kebun teh Wonosari
Di hari kamis dan jum’at, anak saya terlihat lemas karena sering muntah-muntah, Tapi setelah berada dirumah sepupunya, anak saya kembali sehat dan makan dengan lahap disaat makan bersama dengan sepupunya.

Biasanya saya mengunjungi rumah kakak saya ini dengan menginap satu hari disana. Setelah orang tua saya tiada, rumah kakaklah yang selalu jadi tempat persinggahan saya disaat saya kangen dengan suasana tempat kelahiran saya.

Awalnya saya tidak ada rencana untuk bepergian ke tempat wisata, dan setelah satu hari menginap, hari minggu saya kembali kerumah karena hari senin melakukan aktivitas kembali ke sedia kala. Tapi kemarin saya di ajak kakak saya untuk berwisata ke kebun teh wonosari.

Rencana ke kebun teh ini dadakan sekali, tidak ada perencanaan sebelumnya. Hal ini disebabkan karena anaknya yang tidak jadi ikutan tamasya ke blitar dengan teman sekelasnya, kini sedang sedih. Nah, makanya liburan ke kebun teh ini dadakan demi menyenangkan hati anak-anaknya.
Baca juga  Kiat mempersiapkan rencana liburan akhir tahun yang murah dan menyenangkan

Perjalanan Menuju Kebun Teh Wonosari

Tempat Agro Wisata Kebun Teh Wonosari terletak di kaki gunung Arjuno, yang berlokasi di perbatasan kota Kota Pasuruan dengan Kota malang tepatnya di Desa Toyomarto Kecamatan Lawang-Malang.

Akses menuju tempat wisata kebun teh Wonosari cukup mudah, Anda bisa mengunakan kendaraan pribadi ataupun mengunakan jasa angkutan umum.

Bagi yang mengunakan kendaraan pribadi, cukup ikuti jalan pantura Surabaya-Malang. Disaat memasuki perbatasan Pasuruan-Malang yaitu setelah jalan flyover kecamatan Lawang. Anda lurus saja hingga menemukan stasiun kereta api Lawang, kemudian beberapa meter dari stasiun tersebut terdapat putar balik/penyebrangan menuju tempat wisata kebun teh Wonosari.

Setelah itu, Anda cukup mengikuti jalur kendaraan umum (kendaran umum berwarna biru dan terdapat kode LKW). Jalannya lumayan mulus untuk dilewati, juga terdapat berbagai pemandangan yang menarik, salah satunya taman buah naga yang banyak di lihat di depan rumah penduduk.

Sedangkan bagi yang mengunakan jasa angkutan umum, jika Anda menaiki bus Surabaya Malang, Anda cukup berhenti di pasar Lawang. Tepat di bawah jembatan penyebrangan terdapat angkutan umum berwarna biru bertuliskan kode LKW. Dengan menaiki angkutan itu, Anda akan diantar sampai ke tujuan.
Baca juga   Tempat wisata di Malang yang menarik dikunjungi saat liburan panjang akhir tahun

Harga Tiket Masuk ke Agro Wisata Kebun Teh Desember 2017

Agro wisata Kebun teh ini buka dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore. Harga tiketnya beragam, tergantung di hari kapan anda mengunjungi tempat ini.

Untuk hari biasa harga tiket 10.000 per orang dewasa, sedangkan untuk hari libur harga tiket masuknya 15.000 per orang.

Kemarin suami saya mengunakan kendaraan sepeda motor dengan membonceng sepupu saya yang berumur 9 tahun. Beliau masuk dikenai biaya masuk 17.000 dengan rincian 15.000 tiket masuknya dan 2.000 biaya parkirnya. Keponakan saya tidak dikenai biaya tiket masuk. Mungkin untuk mobil biaya parkirnya sekitar 5.000 rupiah.

Liburan Dadakan Ke kebun Teh Wonosari Lawang - Malang

Sedangkan saya dengan rombongan lainnya, memakai jasa angkutan umum. Untuk orang dewasa harus membayar 7.000 rupiah dari halte Lawang, sedangkan anak-anak bisa dinego hingga separoh harga saja. Untuk masuk ke agro wisata, biayanya GRATIS. Karena angkutan umum ini langsung masuk ke wilayah parkir tanpa harus dikenai biaya lanjutan. Enak kan... :D
Baca juga  7 hal seru yang bisa dilakukan saat liburan ke Kebun Raya Purwodadi

Fasilitas Dan Outbond Menarik di Kebun Teh Wonosari Lawang

#1. Permainan Anak-anak

Tentu saja, tujuan wisata kali ini adalah untuk menyenangkan anak-anak, jadi tempat yang wajib di kunjungi adalah permainan anak-anak.

Di awal masuk, yang paling awal kita temukan adalah pabrik teh, tempat pengolahan dari perkebunan teh di wonosari ini. Sempat saya mengabadikan tulisan panjang “Pabrik Teh Wonosari” tapi berhubung yang jadi juru foto masih belum pengalaman, akhirnya tulisannya tidak terlihat semuanya.

pabrik teh wonosari
Foto di depan pabrik teh wonosari
Setelah puas berfoto di depan parik teh, saya dan keluarga menuju tempat permainan anak yang tidak jauh dari pabrik teh tersebut. Terdapat permainan seperti ayunan, jungkat-jungkit dan lain sebagainya. Ada juga tempat futsal mini disebelah timur permainan anak-anak ini.

#2. Kendaraan Dan Outbond Di Wisata Kebun Teh

outbond di kebun teh
Outbond di Kebun teh
Setelah puas bermain, disebelah barat terdapat berbagai fasilitas kendaraan atau outbond menarik yang bisa disewa di Kebun Teh Wonosari ini.

Seperti naik kuda, naik motor ATV, Wall climbing, Flying Fox dan lain sebagainya. Untuk naik kuda, harganya 25.000 utnuk satu kali putaran. Begitupun untuk flying foxnya juga 25.000 padahal area terjunnya tidak begitu menarik dan cukup singkat. Sewa ATV 50.000 perputaran juga.

Disela-sela menunggu kereta kelinci
Karena semua permainan itu menurut saya lumayan mahal, jadi tidak satupun saya mencobanya, hehehe. Tapi keponakan saya naik kuda meskipun harus teriak-teriak (takut tapi penasaran) saat awal menaiki kuda tersebut. Saya hanya naik kereta kelinci bersama keluarga dan menikmati pemandangan kebun teh.
Baca juga  Reakreasi edukatif di wisata petik kurma Pasuruan

#3. Berjalan di Kebun Teh Yang Luas

Rasanya ada yang kurang kalau tidak berfoto di tengah-tengah kebun teh. Dengan berjalan disana, saya jadi teringat kembali kenangan saat masih tunangan dulu pernah berjalan di jalanan ini. Sewaktu itu sepulang kuliah, saya sempat mempir kesini terlebih dahulu bersama calon suami. Hihihi

Di tengah-tengan kebun teh

Belajar Pede meski makeup sedikit berantakan
Karena saya harus mengendong anak kedua saya, jadi perjalanan menyusuri kebun teh ini hanya sebentar saja. Terlalu capek kalau harus menyusuri kebun teh ini lebih dalam, dan juga anak-anak juga bosan kalau hanya melihat setumpukan daun hijau disana.

#4. Kolam Renang Dan Terapi Ikan

Dan tujuan kedua pergi ke agro wisata kebun teh adalah untuk berenang di kolam renang ini. Namanya juga anak-anak, meskipun dinginnya air kolam ini cukup dingin, tapi mereka enjoy sekali berenang disana sambil mengigil.

Tapi sayangnya saya dan suami memutuskan untuk tidak ikut masuk ke kolam renang tersebut, hanya anak pertama saya, ponakan dan kakak saya yang ikut kedalam kolam renang.

Biaya masuk ke kolam renang ini, untuk hari biasa 10.000 dan hari libur 15.000. Selain kolam anak-anak, juga terdapat kolam terapi ikan.
Baca juga   Liburan ke waterpark Ciputra Taman Dayu

#5. Toko Souvenir Dan Oleh-Oleh

Disaat kakak dan anak pertama saya pergi berenang, saya dan suami mencari lokasi yang menarik buat berfoto. Saya juga ingin mengunjungi tempat hewan-hewan untuk menyenangkan anak kedua saya. Tapi ternyata hewan-hewan disana sudah tidak ada lagi.

Rasanya kurang lengkap kalau pergi berwisata tapi tidak bawa oleh-oleh, Akhirnya saya memutuskan ke pusat oleh-oleh dan souvenir saja sembari menunggu anak-anak selesai berenang. Yang jadi incaran saya tentu membeli teh yang diproduksi di pabrik wonosari ini. Ada rollas green tea, teh hitam dan masih banyak yang lainnya.

Saya tertarik dengan Rollas Tea rasa Vanila, penasaran saja dengan rasa teh tapi ada rasa vanilanya. Sementara keponakan saya membeli souvenir dan makanan (snack) lain khas malang, seperti stick telo dan jenang apel.

Rolas tea vanila - kebun teh wonosari
Rolas Tea vanila - oleh-oleh asli kebun tea wonosari
Oh iya saya jadi ingat jalanan menuju ke tempat hewan (sekarang hewannya tidak ada), jalanan ini merupakan jalanan kenangan bagi kita berdua. Saya pernah kesini sebelumnya dengan suami dan saya merasa bernostalgia dengan berjalan kesini lagi.

jalan setapak penuh kenangan di kebun teh wonosari
Keponakan saya dan Si Nisa

Liburan Dadakan Ke kebun Teh Wonosari Lawang - Malang
Jalan setapak yang penuh kenangan
Kakak dan anak-anak lainnya juga sudah selesai berenang, kita pun berkumpul di jalanan ini. Sempat kita berfoto juga bersama-sama, hanya suami saya saja yang tidak ikut foto, karena dialah juru kameranya.

Foto full time (minus juru kameranya saja)
Setelah puas berfoto bersama, kita menyempatkan untuk mengisi perut dengan membeli bakso disana. Setelah makan bakso, disitulah akhir perjalanan kita di kebun teh Wonosari ini.

Ingin sekali saya kembali lagi kesini, tapi menunggu anak yang paling kecil tumbuh sedikit lebih besar lagi. Saya ingin menyusuri kebun teh yang luas ini dan pergi mengunjungi tempat wisata lain yang tak jauh dari kebun teh wonosari, yaitu Bukit Budug Asu. yah moga bisa kesana suatu saat.

Oke, begitulah cerita receh saya saat mengunjungi kebun teh Wonosari ini. Semoga ulasan singkat saya ini, menjadi tambahan rujukan tentang wisata yang bisa di kunjungi bersama keluarga saat liburan nanti.