Thursday, 28 December 2017

Liburan Ke Agro Wisata Bhakti Alam Pasuruan Jawa Timur 2018

Liburan panjang telah tiba! Kalian pergi kemana?

Hari Senin tanggal 25 Desember 2017 yang bertepatan dengan hari libur Natal merupakan rentetan hari libur panjang yang sangat cocok untuk diisi dengan liburan bersama keluarga. Kalau saya sendiri memutuskan untuk pergi berlibur tipis-tipis ke tempat wisata yang masih berada dalam di kota saja.

Selain menghemat biaya, juga masih banyak tempat wisata yang berada dalam kota yang masih belum saya kunjungi sebelumnya. Jadi rasanya kurang lengkap jika belum mengunjungi wisata dalam kota sendiri terlebih dahulu. Setelah dirasa semua tempat wisata dalam kota sudah pernah dikunjungi, barulah wisata luar kota akan menjadi agenda menarik berikutnya.


Liburan kali ini, tempat wisata menarik yang saya kunjungi adalah Agrowisata Bhakti Alam Pasuruan. Terletak di desa Ngembal KecamatanTutur Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Wisata yang memadukan antara wisata edukasi alam dan outbond yang menarik untuk anak-anak.
Baca juga  Tempat Wisata Di Malang Yang Menarik Dikunjungi Saat Liburan Panjang Tahun Baru 2017

Rute Perjalanan Menuju Wisata Bhakti Alam Pasuruan

Rute perjalanan menuju ke wisata ini bisa ditempuh dengan 2 jalur. Jalur pertama melalui jalanan di kecamatan Purwosari dan yang kedua melalui jalanan di Purwodadi.

Jika kita mengambil rute jalur pertama dan perjalanan dari arah Surabaya, Setelah berada di pertigaan Purwosari, ambil belokan kanan menuju jalan ke Pasuruan. Selang 1,5 km dari belokan tersebut terdapat gerbang masuk dikanan jalan.

Ikuti jalanan tersebut hingga menemui pertigaan lagi setelah melewati jembatan dengan aliran sungai yang cukup deras. Ambil kanan dari pertigaan tersebut, dan ikuti jalan tersebut hingga ke desa Ngembal, tempat wisata Bhakti Alam berada.

Jalur kedua melalui jalan di Purwodadi. Jika perjalanan dari arah Surabaya, setelah melewati Kebun Raya Purwodadi ada pertigaan menuju nongkojajar. Ikuti jalan tersebut, jalanannya naik turun dan berkelok-kelok, meskipun begitu selama perjalanan banyak pemandangan yang cukup indah. 

Selang 30 menit perjalanan, kita akan menemukan pertigaan Tutur, ambil belokan ke kiri untuk menuju Desa Ngembal.


Baca juga  7 Hal Seru Yang Bisa Dilakukan Saat Liburan ke Kebun Raya Purwodadi

Cerita di Wisata Bhakti Alam Pasuruan

Awal kita memasuki wilayah tempat wisata ini, kita akan dihadapkan oleh wilayah parkir yang cukup luas. Dari tempat parkir, kita akan berjalan sekitar 100 meter menuju loket tiket masuk.

Biaya tiket masuk ke wisata ini untuk hari libur 45ribu, sedangkan hari biasa 35rb. Anak-anak akan dikenai biaya penuh jika sudah melebihi 85 cm. Tiket masuk tersebut sudah meliputi free tour keliling kebun Bhakti alam, free milk moo, dan free jus buah.
Antrian di tiket masuk
Pose dulu sebelum beli tiket
Jembatan saat melewati pemeriksaan tiket masuk


Setelah pemeriksaan tiket masuk, kita akan mendapat tiket antrian bus untuk berkeliling di kebun milik Bhakti Alam. Karena saya datang tepat hari libur, saya mendapat antrian bus nomor 43, padahal itu masih jam 9 pagi.

Ramainya pengunjung di liburan natal kemarin

Kendaran Bus mini untuk tour keliling kebun


Berkeliling Wilayah Kebun Bhakti Alam

Kendaraan untuk berkeliling, selain mini bus, juga terdapat kereta mini yang cukup unik. Kita berkeliling selalu didampingi oleh pemandu wisata yang menjelaskan perkebunan disana.

Kereta mini
Disaat tour berkeliling kebun, perhentian pertama adalah Milk Kingdom. Milk Kingdom ini merupakan tempat pengolahan susu sapi mentah menjadi sebuah susu kemasan maupun yogurt siap saji. Kita juga akan mendapatkan sample yogurt saat pertama kali memasuki tempat ini secara gratis.

Dalam milk kingdom ini, juga terdapat beraneka ragam olahan susu seperti susu dalam kemasan, yogurt, keju, dan lain sebagainya. Kita juga membeli accesoris dan boneka khas bhakti alam. Setelah puas bermain disana, kita bisa naik bus mini ataupun kereta yang lewat.

Perhentian kedua adalah kebun sayuran dan buah-buahan. Kita bisa mencicipi sample buah-buahan yang sudah dipanen dari kebun tersebut dan sudah di irisi pula. Ada irisan buah naga, semangka, melon dan lain sebagainya.

Petik sayur dan buah di tanaman hidroponik
Kita juga bisa melihat sistem perkebunan hidroponik yang ada disana, juga kita bisa memetik dan membawa pulang macam-macam sayuran yang ditanam dengan biaya 5000 per pot.

Untuk perhentian berikutnya adalah toko oleh-oleh yang menyediakan berbagai olahan dari hasil kebun. Misalnya jenang durian, keripik singkong manis (keripik singkong campur durian), madu asli, jenang buah, dan lain sebagainya.

Toko Souvenir Bhakti Alam
Tenang, disini juga masih ada gratisan sample olahannya kok!, ada singkong manis dan asin, sinom, dan beras kencur. Kita juga bisa melihat dapur yang dipenuhi para ibu-ibu yang menyiapkan oleh-oleh ditempat ini.

Dan tempat oleh-oleh tersebut menjadi tour terakhir dalam perjalanan berkeliling kebun dan kita akan diantarkan kembali ke tempat pertama kali kita menunggu bus dan kereta tour tadi.
Baca juga  Liburan Dadakan Ke kebun Teh Wonosari Lawang - Malang

Fasilitas Dan Wahana Di Bhakti Alam

#1. Kebun Bunga dan Tempat Pemancingan Ikan

Setelah turun dari perjalanan tour keliling kebun wisata bhakti alam, diseberang jalan kita akan menjumpai area luas yang ditanami bermacam-macam bunga. Bunga-bunga tersebut ditata rapi dengan berbagai warna. Saya dan anak-anak sempat berfoto di bunga-bunga yang bermekaran ini.


Terdapat juga kolam pancing disebelah timur dari kebun bunga ini. Karena saya tidak terlalu minat dengan memancing, jadi saya tidak begitu tau berpa harga sewa alat pancing untuk dipakai memancing di kolam ini.

Area Pemancingan


#2. Arena Race Atv

Diselatan kebun bunga dan galery art, ada sirkuit balap mobil mini untuk anak-anak. Kalau saya sendiri lebih menyukai menikmati ice cream yang saya beli dekat area tersebut. Dan kebanyakan pengunjung juga lebih asik berfoto di area sirkuit ketimbang mencoba memakai sirkuit untuk balapan mobil mini.


Saya juga berpose di tulisan I love Bhakti alam dengan anak-anak. Setelah puas dengan foto di area tersebut saya lanjut ke bawah yaitu pemandian anak-anak.

#3.Taman Bermain Air

Tujuan berikutnya adalah pemandian anak. Untuk yang satu ini adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh anak saya saat baru sampai di wisata bhakti alam.


Terdapat kolam renang yang cukup dangkal di sekeliling taman bermain yang menyemburkan air ke atas. Anak saya sangat menikmati keseruan di taman bermain ini. Terlebih anak saya yang berumur 1,3 tahun yang berlarian kesana kemari melewati semburan air tersebut.
Baca juga  Liburan ke Waterpark Taman Dayu Ciputra

#4. Peternakan Dan Outbond

Diselatannya tempat pemandian air, dekatnya foot court, ada satu wahana outbond semacam flying fox, dan berkuda. Selain itu, bagi anak-anak yang ingin bisa memeberi makan kelinci dan kambing secara langsung, bisa masuk ke wahana ini.

Memberi makan kelinci secara langsung
Untuk bisa memberi makan hewan maupun berkuda, kita harus membeli tiket terlebih dahulu. Letak tekatnya berada di seberang jalan, dekatnya lintasan berkuda.

#5. Food Court Dan Restaurant

Habis lelah bermain air di pemandian anak dan melihat-lihat peternakan di bahkti alam, saya dan keluarga langsung pergi ke sebuah resto dan tempat makan satu-satunya di wisata bhakti alam. Meskipun di sana hanya ada satu rumah makan, namun, menunya cukup lengkap.

Menu yang disediakan antara lain: nasi goreng jawa, ayam penyet, sate, mie goreng, gado-gado, rawon, gorengan,tahu gejrot, somay, batagor, dan lain-lain.

Harganya juga lumayan sesuai dengan kantong ibu-ibu rumah tangga yang irit kayak saya. Harga menu makanan di sana dimulai dari 10 ribu – 50 ribu per porsi.

Oh iya, jangan lupa untuk menukarkan kupon dengan susu gratis di restouran tersebut yah. Karena satu kupon dapat satu gelas susu Moo asli produk dari wisata Bhakti Alam.

Depannya Restaurant

Rumah-rumahan untuk anak-anak dekat Restaurant

Info Rincian Biaya Dan Tiket Selama Berada Di Wisata Bhakti Alam


Agrowisata Bhakti Alam 

Desa Ngembal Kecamatan Tutur Nongkojajar Pasuruan 
Telp: 0343-611606 

Info Biaya-Biaya Lain 



# Tiket Masuk Wisata Bhakti Alam



Hari biasa : Rp. 35.000
Hari Libur : Rp. 45.000
(Sudah termasuk tour keliling dengan kereta, 1 jus, 1 gelas susu Moo)

 

#Fasilitas Wisata Bhakti Alam 


Agrowisata, Barak, Cottage, Camping ground, Hall, Green house, Kolam pancing, Souvenir, Kios Buah, Penyewaan ATV, Outbond Kids, Restaourant, Toilet, Musholla

# Harga Tiket Outbound


Berkuda : Rp. 25.000
Taman Kelinci : Rp. 10.000
Flying Fox : Rp. 25.000 </ p>


Pandaan 28 Desember 2017
Dewi'Na Irawan


Peridiri
Perihal Diri Updated at: 01:13:00
Share this article :

9 komentar:

  1. Lengkap ya di dalemnya... Bisa seharian di sana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, seru loh kalau buat keluarga

      Delete
  2. Bagus mbaak tempatnya ya.. seru buat anak2 liburan. Mengedukasi jugaa ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mengedukasi sekali mbak, dan cocok buat liburan anak-anak memang

      Delete
  3. waaahhh lucu mbak, itu banyak love love pinknya ya ?
    boleh juga rekomendasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bagus buat foto-fot dengan keluarga disana

      Delete
  4. Mbak aku uda kesana tapi ga nemu yang peternakan dan outbond hiks. Di sebelah mana ya? Apa karena uda kesorean juga ya aku kesananya hehe jadi kurang explore.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu deketnya restaurant, kalau gak salah arah, selatannya #binggung arah

      Delete
  5. Bagus dan edukatif banget buat anak-anak ya

    ReplyDelete

 

Perihal Diri Copyright © 2013 Minima Template
Designed by BTDesigner · Powered by Blogger