Saturday, 25 November 2017

Beberapa Alasan Kenapa Banyak Orang Mencoba Menulis Di Blog

Beberapa hari yang lalu, salah satu sahabat saya waktu sekolah mengirimkan sebuah screenshot kepada saya via WhatsApp. Screenshot yang dikirimkan kepada saya adalah screenshot dengan adanya foto saya di blog. Saya hanya bisa memasang emoticon tertawa lucu di pesan singkat itu.

Sejak awal, tidak ada yang tau kalau saya sering menulis di blog beberapa tahun terakhir ini. Saya juga baru mengeluti hobi ini setelah resign dari perusahaan. Berawal dari kebosanan mengunakan media sosial seperti facebook, membuat saya mencoba untuk belajar menulis di blog.

Blog
Source image by : smartware.org
Kenapa harus nulis di blog?

Selama ini, dalam aplikasi gadget saya, media sosial yang terinstall hanyalah facebook dan aplikasi bawa’annya google plus. Saya tidak memiliki instagram maupun twitter sebelumnya, baru setelah mempunyai blog saja saya baru membuatnya.

Saya memutuskan untuk membuat blog karena ikutan suami saya yang juga seorang blogger di platform sebelah. Rencana awal saya membuat blog hanya memindahkan catatan diary dan beberapa kumpulan puisi yang saya buat waktu SMA dulu.

Tentu saja saya kesulitan di awal-awal menulis di blog. Kesulitan awalnya sih tentang cara mengatur tata letak tulisan, widget dan juga memasang image di sebuah artikel. Terlihat di beberapa tulisan awal yang kata-katanya tidak begitu enak saat di baca.

Lama-kelamaan, saya belajar banyak dari cara menulis yang baik, cara edit theme biar tampilan blog menjadi menarik, juga tentang SEO. Saya pelajari itu secara otodidak dari artikel-artikel yang bertebaran di internet.
Baca juga  Cara membuat page sitemap keren yang SEO friendly
Dan pada akhirnya, saya jatuh cinta dengan menulis di blog ini dengan beberapa alasan.

#1. Blog Merupakan Pengganti Diary


Pada waktu itu belum ada smartphone, yang ada hanya handphone yang masih hitam putih serta penggunaannya sebatas telepon dan sms. Saya sering menulis disaat jam pelajaran kosong ataupun saat sendrian dirumah, apalagi saat itu saya sedang menjalani long distance dengan seorang lelaki yang terlanjur menjadi pacar saya karena kesalah pahaman.

Pada awalnya memang kesalah pahaman dia mengartikan jawaban saya, tapi lama kelamaan saya juga menyukainya. Karena jarak memisahkan (kita beda sekolah dan sekolah kita jaraknya cukup jauh) sering sekali ada gosip miring tentangnya. Saya pribadi jadi sedikit kepikiran, galau kalau kata anak zaman sekarang.

Disaat seperti itu saya sering menulis perasaan saya dalam sebuah buku. Kadang yang saya tulis sebuah puisi, kadang juga rasa senang dan sedih yang saya rasakan. Intinya buku itu adalah sebuah diari.

Di zaman yang serba modern dengan teknologi yang sangat memudahkan kita, rasanya sayang kalau tidak memanfaatkannya secara maksimal. Dulu disaat SMA, Diary saya ada disebuah buku, sekarang diary saya berupa blog dong! Ibu-ibu Zaman Now gitu loh :D

Memang sangat lucu, diary yang seharusnya ditulis pribadi dan untuk dibaca oleh diri sendiri. Sedangkan kalau diary di blog ini akan dibaca oleh banyak orang bahkan di komenin pula. Hehehe :P

#2. Blog Merupakan Media Curhat Seorang Introvert


Saya seorang introvert yang jarang suka mengobrol, bukan berarti saya tidak suka bersosialisasi. Hanya saja, saya typikal orang yang tidak begitu suka kumpul-kumpul yang ujung-ujungnya juga nge-gosip dan membicarakan orang yang kadang saya tidak tahu yang mana orangnya.

Disaat menunggu anak saya pulang dari sekolah Taman kanak-kanak, saya juga menunggu bersama dengan ibu-ibu lain, dan saya juga sering ikutan dalam obrolan mengasyikan antara ibu-ibu ini. Meskipun yang saya lakukan hanya mendengarkan saja, sesekali berbicara saat ditanya.

Bagi seorang introvert, sebenarnya saya memiliki banyak unek-unek yang saya simpan rapat-rapat. Seperti saat dalam perbincangan antara ibu-ibu tadi, saya pernah mau menyanggah tentang suatu hal yang tidak begitu cocok dihati, tapi rasanya akan lebih baik seperti ini. Saya takut jika saya sanggah, akan ada yang terluka, lagian tidak seharusnya saya ikut campur di dalamnya.

Tapi tetap saja saya kepikiran terus tentang masalah itu, nah dengan masalah seperti itu saya mulai memanfaatkan blog ini sebagai cara saya mengeluarkan unek-unek yang ada dalam pikiran. Tanpa harus melukai dan menyakiti dengan pendapat saya akan suatu hal.

Begitu juga saat ada masalah yang membuat saya gundah, dan saya tidak ingin menceritakannya. Terkadang akan lebih baik jika masalah itu tidak diceritakan kepada siapa-siapa, bahkan kepada orang terdekat kita. Karena saya takut, bisa saja masalah tersebut menjadi tambah besar dan merepotkan saya nantinya.

Akan lebih baik jika disaat saya kepikiran hal semacam itu, dari pada di simpan sendiri akan membuat beban di pikiran dan di hati, yang bisa memicu stress berlebih. Lebih baik saya ceritakan semuanya disini, saya lega setelah bercerita, dan yang taupun tidak mengenal saya. hehehe
Baca juga  Apa yang ahrus saya tulis sebagai blogger pemula

#3. Blog Juga Media Penyalur Hobi

Blog adalah media penyalur hobi bagi mereka yang menyukai dunia tulis menulis. Jika ada seorang yang passionnya sendiri bukan seorang yang suka dengan menulis, rasanya untuk mempertahankan konsisten menulis di blog itu juga sangat susah.

Menulis di blog itu harus didasari dengan perasaan suka terlebih dahulu, kemudian dari perasaan suka berlanjut kepada hobi. Berbeda jika ada seorang yang menulis di blog karena ikut-ikutan (tergiur dari penghasilan seorang blogger), mungkin tidak butuh waktu lama untuk menghentikan langkahnya tetap menuls di blog.

#4. Blog Merupakan Media Belajar Seorang Penulis


Banyak loh diantara seorang penulis terkenal adalah seorang blogger terlebih dahulu. Anggap saja seorang Raditya Dika, dia mengawali karir menulisnya dari seorang blogger kemudian menjadi seorang penulis sebelum terkenal menjadi sorang selebritis.

Saya juga mempunyai seorang teman yang sampai sekarang aktif di blog sembari menuliskan karya-karyanya menjadi sebuah novel. Menurutnya, blog bisa menjadikan penyemangat tersendiri dalam setiap penulisan karya yang ingin dibuatnya, terkadang ide sebuah novel juga tercita dari membaca blog orang lain mapun dari komentar-komentar yang mendarat di artikel di blog.

Bagi seorang penulis pemula, blog merupakan tempat yang baik untuk latihan menulis menjadi seorang penulis buku. Alasannya, karena di blog, kalian bisa menemukan bagaimana cara agar tulisan kita membuat antusias orang lain untuk membacanya. Kalian juga bsia mendapat komentar yang membangun dari segi penulisan.
Baca juga  Tip bagaimana menulis blog yang baik dan menarik

#5. Bosan Dengan Media Sosial, Blog Adalah Solusinya

Salah satu alasan kenapa saya memutuskan untuk membuat blog adalah karena rasa bosan saya terhadap media sosial yang isinya hanya tentang bisnis, iklan, ajakan affilasi multilevel, dan hal tidak penting lainnya. Meskipun tidak semuanya seperti itu, ada juga yang share artikel yang bermanfaat.

Dengan menulis di blog, saya bisa mengutarakan semua unek-unek yang ada dalam pikiran saya, sekaligus saya tetap bisa bersosial dengan mengunjungi blog orang lain yang jelas isinya lebih bermanfaat karena berasal dari pemikiran setiap blogger.

Saya bisa memahami sudut pandang mereka dan mengetahui hal-hal baru dari membaca cerita mereka. Bagi saya, menulis di blog itu sangat menyenangkan dan saya bisa menyarankan bagi kalian yang sudah bosan dengan media sosial yang isinya itu-itu saja, dengan orang itu-itu saja. Cobalah menulis di blog, kalian bisa rasakan sensasinya.

#6. Blog Merupakan Media Penghasilan Tambahan


Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap blogger pasti mempunyai keinginan untuk menjadikan blog sebagai media penghasilan tambahan.

Banyak orang tergiur dari penghasilan yang dihasilkan dari seorang blogger, padahal untuk mendapatkan penghasilan dari blog itu sendiri tidaklah mudah. Meskipun begitu, banyak yang berbondong-bondong untuk belajar menjadi seorang blogger yang bisa mendapatkan pundi-pundi uang dari sana.

Memang sangat menyenangkan jika hobi nulis di blog, tiba-tiba bisa jadi penghasilan tambahan bagi kita.
Baca juga  Trik rahasia mendapatkan adsense hanya dengan traffick blog 100 kunjungan perharinya

**** 

6 hal diatas merupakan alasan saya membuat blog ini. Karena alasan tersebut saya mencoba tetap berkarya dan menulis di blog ini dengan sepenuh hati.

Saya juga tidak terlalu berharap agar blog yang saya buat bisa jadi penghasilan tambahan bagi saya. Sebab sejak awal, blog ini hanya tentang curhatan ibu-ibu cantik (kibas pashmina) dan sekelumit tentang kehidupan sehari-hari.

Pandaan 23 November 2017
Dewi'Na Irawan

Perihal Diri
Perihal Diri Updated at: 18:00:00
Share this article :

6 komentar:

  1. betul banget.... banyak orang tergiur dg penghasilan blogger tapi dia lupa dibalik blogger yang sudah memiliki hasil ada perjuangan yang hebat dan dia mulai dari nol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mbak, nggak semudah itu memang perjangannya.

      Delete
  2. Alasan saya ngeblog sih buat identitas diri, lalu untuk berbagi pengetahuan juga... sambilan tambah penghasilan dari lomba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga salut dengan mas irfan, artikelnya sering menang
      luar biasa

      Delete
  3. awalnya saya lbh banyak buat curhat... baru dua tahun belakangan ini saya optimalkan buat hal lain ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, berarti mbak ria udah lama dong ngeblognya, keren bisa konsisnten :)

      Delete

 

Perihal Diri Copyright © 2016 Minima Template
Designed by BTDesigner · Powered by Blogger