Wednesday, 29 November 2017

7 Cara Agar Blog Bisa Jadi Penghasilan Tambahan Yang Menyenangkan

Salah satu alasan seorang blogger tetap bersemangat menulis adalah karena adanya blog menjadi media penghasilan tambahan baginya. Seperti yang pernah saya utarakan di artikel sebelumnya tentang “Beberapa alasan saya menulis di blog”.

Dari awal saya membuat blog ini, tujuannya hanya untuk sekedar meluangkan ide-ide dikepala, juga sebagai pengganti buku diary dan curhat tentang kehidupan sehari-hari. Tak pernah sebelumnya, saya kepikiran untuk menjadikan blog ini sebagai media penghasilan uang tambahan.

7 Cara Agar Blog Bisa Jadi Penghasilan Tambahan Yang Menyenangkan

Barulah setelah setahun lebih menulis disini, ada salah satu teman (mantan rekan kerja) menghubungi saya via facebook, Dia menanyakan tentang blog saya yang unik dan lucu pada saat itu.

Awalnya memang tamplate blog saya ini imut-imut banget dengan berbagai widget menarik. Seperti kalender, timeline twitter, animasi kursor dan banyak lagi yang lainnya. Tapi setelah bertemu dengan teman saya ini, saya paham bahwa tampilan seperti itu akan memperberat akses ke blog kita.

Saya juga dijelaskan sedikit tentang setting setelan blog dan bagaimana agar blog saya di deteksi oleh search engine. Saya juga tertarik dengan penghasilan dia dari beberapa blog yang dia kelola. Bahkan blog yang dia kelola itu mengunakan platform gratisan.

Dan sejak itulah, saya mencoba untuk tetap konsisten menulis, siapa tahu blog yang saya buat ini bisa menghasilkan uang tambahan seperti blog kepunyaan teman saya.

Blogger mana yang tidak ingin dapat uang tambahan dari hobby menulis di blog?

Apalagi blogger tersebut adalah ibu-ibu yang bekerja dirumah sebagai pengurus anak-anak dan baru mendapatkan uang dari suami setiap bulan. Tentu bagi wanita, ingin rasanya bisa belanja-belanja tanpa harus mengunakan uang untuk kebutuhan sehari-hari.

Nah, biar produktivitas kita dalam menulis di blog ini bisa menghasilkan, maka kita harus tahu apa saja yang bisa dilakukan dan dimanfaatkan agar blog kita bisa menghasilkan uang tambahan bagi kita.

Berikut 7 cara agar blog bisa jadi penghasilan tambahan bagi kita :

#1. Daftarkan Adsense

Adsense

Mungkin Adsense sudah tidak asing lagi bagi seorang blogger. Dan ironis sekali saya baru menyadari adanya adsense ini setelah aktiv di blog ini selama satu tahun lebih (jarang update post sewaktu itu).

Setelah pertemuan dengan teman saya, saya mulai tergiur untuk aktiv kembali menulis blog dengan tujuan untuk mendapatkan persetujuan Adsense. Karena alasan itu saya mulai aktiv menulis dan saya custom domain juga blog gratisan ini.

Tapi untuk mendapatkan persetujuan Adsense untuk ukuran blog baru tidaklah mudah, saya harus ditolak beberapa kali oleh pihak Adsense meskipun pada akhirnya blog saya pun diterima juga.

Sempat putus asa juga, kenapa tidak diterima terima, bahkan saya berpikir ini karma, karena dulu sering nolak tawaran pacaran dari beberapa laki-laki. Hehehehe #Apa hubungannya

Saya senang blog saya akhirnya disetujui adsense, memang untuk penghasilannya tidaklah banyak karena traffick kunjungan ke blog juga tidak begitu tinggi. Tapi tetap harus saya syukuri, mungkin 1 tahun saya bisa memetik hasilnya kan? Semoga

Saran saya sih, coba terus daftarkan blog kalian ke Adsense. Tak perlu takut ditolak berkali-kali, doakan saja Adsense sudah lelah nolak hingga akhirnya persetujuan Adsense di blog kita diterima.
Baca juga  Trik rahasia mendapatkan persetujuan Adsense dengan traffick blog 100 perhari

#2. Daftarkan Blog Menjadi Publisher Iklan Lokal

Jika memang Adsense tetap tidak menyetujui request publisher di blog kalian, tenang! masih banyak kok alternatif lain selain Adsense.

Salah satu contohnya adalah mendaftar menjadi member PPC (Pay per click) di KumpulBlogger.com. Kumpul blogger ini merupakan PPC terpercaya di Indonesia sejak 2008.

Pendaftarannya cukup mudah, tidak ada syarat khusus harus blog dengan Top level domain untuk bisa memasang iklan PPC di kumpulblogger. Kalian bisa pasang script sesuai selera, bisa pilih iklan text ads, mini banner, iklan pop ads dan lain sebagainya.

Jika blog kalian masih belum terpasang iklan PPC lain, tidak ada salahnya untuk mencoba daftar jadi member Kumpulblogger.

#3. Jadikan Blog Menjadi Media Sharing Afilasi Produk (CPA)

Afilasi marketing

Apa itu CPA?

CPA atau Cost per-Acquisition, dalam bahasa indonesianya adalah biaya per akuisisi.

Dibanding publisher iklan PPC, menjadikan blog sebagai media sharing produk afilasi jauh lebih menguntungkan karena hasil yang didapatkan lebih besar.

Bagaimana bisa?

Sebab keuntungan yang kita dapat berasal dari komisi setiap pembelian produk yang disarankan dari blog kita. Dan keuntungannya bisa mencapai 10% dari harga produk.

Banyak Affiliate Markerter yang cukup sukses menjalankan bisnis afilasi marketing ini. Tapi kebanyakan dari mereka mendaftar di CPA network international. Alasannya pemasaran produk di luar negeri lebih menjanjikan ketimbang di indonesia.

Tapi bukan berarti tidak dapat menghasilkan, mungkin beberapa tahun kedepan, masyarakat indonesia sudah mulai rela mengeluarkan uang untuk membeli barang secara online. Maka bisnis Afilasi marketing ini akan menjanjikan di Indonesia.

Beberapa program afilasi di Indonesia yang layak untuk dicoba antara lain

Lazada.com

Blibli.com

Bhineka.com

Zalora.co.id 

Accestrade.com

Niagahoster.com

Dewaweb.com

Dan masih banyak yang lainnya.


#4. Gabung Komunitas Blogger

Mungkin untuk bisa jadi publisher iklan semacam adsense dibutuhkan trafick yang cukup tinggi biar cepat menghasilkan. Kalau blog baru dengan traffick ratusan perhari kayak blog saya, sudah tunggu saja dengan sabar, hehehe.

Ada alternatif lain agar blog kalian bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Yaitu dengan bergabung di sebuah komunitas blogger yang cukup populer di Indonesia. Ada banyak, seperti Blogger Perempuan Network, Blogger Muslimah, Emak-emak Blogger dan lain sebagainya.

Kalau saya sih sebagai blogger wanita muslimah (kibas pashmina) saya menyarankan Bloggerperempuan Network.

Kenapa BPNetwork?

Dengan daftar menjadi member Blogger Perempuan Network, kalian akan mendapat banyak teman, pengalaman dan share ilmu juga. Dan yang paling menarik, member akan diberi penawaran Sponsorship suatu produk yang diberikan oleh Admin. Tentu dalam sponsorship ini akan ada bayarannya juga untuk itu, tapi ada syarat-syarat khusus agar dapat ikut dalam program tersebut.

Menarik bukan? Makanya segera gabung di BP Network, tidak ada salahnya mencoba, kan tambah ilmu juga.
Baca juga  Bagiamana cara agar kita tetap termotivasi untuk terus menulis

#5. Gabung Jadi Influencer Dan Buzzer

Influencer

Selain gabung di sebuah komunitas blogger, ada alternatif lain bagaimana blog kita bisa dijadikan penghasilan tambahan dari sponsorship maupun placemen blacklink dari suatu produk.

Caranya adalah menjadi influencer di website semacam Iblogmarket.com, SosialBuzz, Govirall dan lain-lain.

Kalian cukup daftar secara gratis diwebsite penyedia influencer itu. Tambahkan profil kalian secara lengkap mulai dari website, semua akun sosial media dan profil yang menarik agar para advertiser tertarik mengunakan jasa kalian.

Bayarannya cukup beragam, ada yang 30rb per post sampai 150rb per post. Bayaran itu akan kita dapatkan jika kita mendapat penawaran dan melakukan task yang di inginkan dalam aplikasi brief tersebut.

Saran saya, coba saja bergabung di Iblogmarket. Biasanya tiap bulan terdapat beberapa brief yang ditawarkan. Siapa tau kita buruntung mendapat penawaran dari sana.

#6. Ikuti Lomba Blog

Cara lain lagi dengan mengikuti perlombaan menulis di blog. Memang untuk mengikuti lomba blog, kita harus belajar bagaimana menulis yang baik, kreatif dan menarik juri perlombaan.

Tiap bulan pasti ada kok perlombaan menulis di blog, cukup mudah untuk mencari list lomba yang sedang berjalan. Caranya tinggal ketik saja keyword “Lomba [Bulan] [Tahun]”. Entar kita akan menemukan daftar perlombaan menulis di blog yang masih aktif.

Atau dengan join komunitas blogger, kita akan mendapat pemberitahuan melalui email jika ada event perlombaan. Jadi jangan sungkan-sungkan untuk join komunitas blogger, karena banyak sekali manfaaatnya.

Oh iya ada satu lagi, website yang selalu memberikan lomba menulis tiap bulannya. Kalian bisa bookmark website ini : dumetschool.com/lomba/menulis-blog 
Baca juga  serunya event pertama yang diikuti dan hadiah kejutan

#7. Dapatkan Sendiri Endorse Produk Secara Langsung

Dan cara terakhir adalah dengan mengandalkan blog kita sendiri.

Bagaimana caranya?

Caranya tentu saja tetap menulis dan memberikan konten terbaik di blog kita. Tingkatkan jumlah artikel, tingkatkan SEO Onpage, dapatkan backlink dan cara lain agar blog kita terindex dengan baik oleh mesin pencari.

Dengan cara itu blog kita akan dilirik oleh pihak advertiser untuk memasang iklan atau promosi produk yang ditawarkannya.

Berikan sebuah halaman kontak pada blog agar pihak Advertiser mudah menghubungi kita. Atau pasang sebuah banner yang mengisyarakan bahwa Blog kita menerima iklan banner di sidebar.

Tentukan juga halaman yang mendiskripsikan berapa konversi pembayaran kalau pihak Advertiser ingin beriklan di blog kita.

**** 

Yah begitulah 7 cara agar blog bisa jadi penghasilan tambahan bagi kita. Blog saya pribadi juga masih jauh untuk bisa dikatakan tempat menghasilkan uang tambahan. Yang penting kita niatkan untuk tetap senang dalam dunia tulis menulis di blog, soal mendapat penghasilan atau tidak, itu bonus.


29 November 2017
Dewi'Na Irawan

Perihal Diri
Perihal Diri Updated at: 21:43:00
Share this article :

8 komentar:

  1. Dari semua-semua poin yang belum saya rasa komisi afiliasi, karene gak ikutan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah belum sama sekali mas, hehehe..
      eh komisi influencer sama sponsorship pernah sih...

      Delete
  2. Thanks infonya ya kak,baru tahu kalo ada kumpul blogger

    ReplyDelete
  3. Tambahan Lagi, cari job content Placement lebih mantap :Datau job Review

    ReplyDelete
  4. wah belm pernah nyobain yang jadi publisher produk lokal... kalau yang lain sih udah, walaupun ada yang belum menghasilkan qiiqiqi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga masih belum menghasilkan mbak, hehehe..
      tetep semangat aja

      Delete
  5. Replies
    1. Tapi penghasilan dari sponsorship di blog mbak liswanti udah banyak :D

      Delete

 

Perihal Diri Copyright © 2016 Minima Template
Designed by BTDesigner · Powered by Blogger