Tuesday, 7 November 2017

10 Tips Bagaimana Cara Mendapat Dan Menemukan Puluhan Ide Artikel Setiap Hari

Menemukan Puluhan Ide Artikel - Bagi seorang blogger, menulis sebuah konten adalah keharusan biar blog tidak seperti rumah kosong yang ditinggal penghuninya. Tidak harus setiap hari juga, tapi setidaknya ada jadwal berkala untuk memperbarui artikel di blog. Entah itu satu minggu sekali, dua minggu sekali ataupun sebulan sekali.

Seperti yang saya bahas sebelumnya, bahwa menulis di blog itu tidaklah mudah, butuh semangat dan konsistensi tinggi biar blog terus eksis dalam beberapa tahun kedepan.

10 Tips Bagaimana Cara Mendapat Dan Menemukan Puluhan Ide Artikel Setiap Hari

Tak ada seorang penulispun yang tiba-tiba menciptakan karya besar tanpa mendapat kegagalan terlebih dahulu. Mereka yang sukses, merupakan orang yang terus mengulang dan bekerja keras dengan memperbaiki kegagalannya menjadi sebuah karya besar.

Menjadi seorang blogger juga sama, Akan banyak kegagalan diawal membuat blog, dari tidak ada pengunjung, mood menulis yang menurun, tidak ada ide menulis hingga akhirnya malas untuk merawat blog tersebut.

Problem yang paling sering adalah kehilangan ide atau gagasan untuk membuat artikel. Menemukan ide menulis memang sedikit rumit apalagi blogger dengan spesifikasi personal blog. Secara logika, blog personal lebih mudah karena yang ditulis adalah perihal sehari-hari. Tapi pada kenyataanya, menulsi hal demikian juga tak semudah yang dikira, apalagi kalau kita baru belajar menulis.

Persoalan menemukan ide selalu menjadi semacam misteri bagi blogger pemula. Mau menulis apa hari ini? Topik apa yang bisa dijadikan bahan artikel? Sudah menemukan judul yang pas, disaat mau mengerjakannya justru pikiran mulai buntu untuk mengeluarkan kata-kata.

Tapi sebaiknya memang tidak usah dipaksakan juga, intinya kita sudah mendapatkan ide atau gagasan kecil itu saja sudah cukup. Biarkan beberapa hari disaat pikiran sudah mau untuk dipakai bercerita, disaat itulah kita akan lancar menulis dengan sendirinya.

Nah perihal menemukan ide, saya ada beberapa Tip bagaimana cara mendapatkan dan menemukan ide artikel setiap hari. Yuk simak :

1. Selalu Sediakan Tempat Mencatat


Ide itu semacam jelangkung, datang tidak diundang dan perginya pun tidak perlu diantar. Kadang disaat enak-enaknya main sama anak, saya tiba-tiba menemukan ide artikel yang pas untuk di tulis. Karena sedang sibuk juga, akhirnya saya lanjutkan aktivitas. Setelah beberapa lama, ide artikel yang tadinya sudah ada dipikiran, tiba-tiba musnah begitu saja.

Pernah mengalami hal serupa?

Saya mengingat dengan sangat lama, tapi tetap saja ide itu tidak bisa saya ingat kembali. Nah untuk mengatasi hal tersebut, selalu sediakan catatan kecil untuk menulis ide yang tiba-tiba muncul dipikiran. Anda juga bisa gunakan note di gadget, Anda tulis point-point pentingnya dulu ataupun judulnya saja juga tidak masalah.

Disaat sudah ada waktu senggang, barulah kita bisa mengexplore ide-ide yang kita sudah tulis di catatan kecil atau note di gadget. Kemudian di kembangkan menjadi sebuah artikel lengkap versi kita.

2. Sering-seringlah Berpergian

Banyak kok blogger yang membuat blognya tentang travel yang sangat menarik yang pernah mereka kunjungi sebelumnya. Dengan segala pengalamannya bepergian entah ke luar negeri, luar pulau, mereka mengambarkan perjalanannya dengan sangat jelas, terperinci dan menarik untuk dibaca.

Bepergian merupakan cara mendapatkan ide yang paling mudah, kita bisa menceritakan pengalaman menarik saat liburan, dari kejadian aneh, kejadian mistis dan kejadian yang mengharukan sekalipun. Kita juga bisa meriview tentang wisata tujuan kita berlibur. Dan kita juga bisa membuat artikel tentang budaya dan adat ditempat itu.

Sebenarnya tidak perlu jauh-jauh juga kalau kita sendiri tak punya cukup budget untuk liburan ke luar kota maupun keluar negeri. Dalam kota sendiripun kita bisa mendapatkan ide tentang liburan yang menyenangkan. Seperti cerita tentang tempat ngopi favorit, tempat pertama kali kita bertemu pasangan, dan tempat yang memorable lainnya.

Yang paling penting adalah foto-foto yang menarik dan hasil dari jepretan sendiri. Kata salah satu teman saya, Foto bisa menginspirasi dan bisa bercerita dengan sendirinya. Maksudnya, disaat kita mengabadikan foto disetiap perjalanan liburan, disitulah kita bisa mengenang dan menuliskan kembali kenangan tersebut dengan sangat mudah.

3. Banyak-banyaklah Membaca Buku

10 Tips Bagaimana Cara Mendapat Dan Menemukan Puluhan Ide Artikel Setiap Hari

Jika ingin pandai menulis, maka banyak-banyaklah jadi pembaca. Selain dengan sering melatih menulis, membaca adalah salah satu cara untuk memperbanyak kosakata dan memperkaya gaya bahasa dalam tulisan yang akan kita buat.

Terkadang ide itu muncul disaat kita menemukan kata atau qoute menarik dari sebuah buku. Saya sering membaca buku maupun majalah, ada beberapa artikel yang pada awalnya saya terinspirasi dari quote sebuah buku yang sedang saya baca. Kemudian dari qoute tersebut, saya membuat sebuah artikel yang intinya ada kata tersebut.

Atau bisa juga dengan meriview sebuah buku. Banyak juga loh para blogger lain yang menuliskan ide artikelnya itu tentang riview sebuah buku. Tentu untuk riview buku, kita juga harus membaca isi dari buku itu juga kan.

4. Perhatikan Setiap Detail Saat Menonton Film

Menonton film juga merupakan cara mudah untuk mendapat ide sebuah postingan. Banyak blogger yang juga meriview Film selain meriview buku dan alat kometik. Saya sejak lama ingin sekali meriview film yang pernah saya tonton, tapi entah kenapa saya terhenti untuk menuliskan tentang ide itu.

Kita juga bisa mengambil beberapa scene atau adegan menarik, kemudian kita bahas secara detail dengan sudut pandang kita. Bisa tentang motivasi maupun tentang sindiran kepada kalangan tertentu. Yang jelas, dengan menonton sebuah film atau drama, kita bisa mengambil banyak ide dari sana.

5. Menemukan Ide di Sekitar Kita

10 Tips Bagaimana Cara Mendapat Dan Menemukan Puluhan Ide Artikel Setiap Hari

Jika kita seorang blogger personal yang kebanyakan postingannya berupa curhatan dan reminder untuk diri sendiri. Menemukan ide itu tidak perlu jauh-jauh hingga ke seberang pulau segala. Kita harus memanfaatkan lingkungan sekitar kita untuk mendapatkan ide sebuah artikel.

Seperti kejadian saat rapat wali murid Taman kanak-kanak minggu kemarin, saya bisa membuat 2 artikel dari topik yang dibicarakan oleh kepala sekolah di rapat tersebut. Yang pertama tentang “Jangan terlalu banyak melarang anak kecil” dan yang kedua tentang “Jika si anak tidak mau berbagi?”.

Pernah juga saat saya jalan-jalan di waktu sore, melihat langit sore yang begitu indah dan saya terkagum oleh pemandangan tersebut. Hingga akhirnya saya memutuskan membuat artikel tentang senja dengan judul “Arti senja yang berwarna jingga”.

Jadi, cobalah cari kembali disekitar kita, dari alam, kehidupan kita sehari-hari, siapa tau kita bisa menemukan banyak ide dari kehidupan sehari-hari kita.

6. Banyak Berkomunikasi Dengan Orang Sekitar

Tip lainnya adalah sering-seringlah berkomunikasi dengan orang sekitar kita. Terkadang saya sering loh mendapatkan ide setelah mendengarkan curhatan dari seseorang, ataupun secara langsung dari percakapan dengan para ibu-ibu yang sedang menunggu anaknya pulang sekolah seperti halnya saya.

Memang percakapan dengan mereka terkadang tidak terlalu penting, dari obrolan tentang make up, pamer baju, sampai ngerasani seseorang. Saya yang pada dasarnya seorang introvert lebih banyak diam dan mendengarkan mereka. Tapi dari percakapan itu, saya sering mengabil banyak pelajaran berharga yang mungkin belum pernah saya jalani karena tidak mempunyai masalah seperti itu.

Seperti tentang “Perselingkuhan”. Pernah saya publis artikel tentang itu, yang pada mulanya saya mendengar sebuah pertanyaan yang dilemparkan kepada saya. Pertanyaan tersebut seperti ini “jika suami kamu etahuan selingkuh, kemudian meminta maaf, apakah kamu bakalan maafin dia?”. Dan dari percakapan itu akhirnya terbitlah artikel ini “Selingkuh itu sebuah pilihan bagi orang pengecut”.

7. Mengulas Kembali Pengalaman Masa Lalu

Menulis yang baik itu selain dengan mengunakan nalar, juga mengunakan perasaan kita biar terlihat lebih menjiwai. Banyak penulis yang mengunakan semua emosinya untuk mengambarkan karakter yang mereka buat dalam sebuah novel. Terkadang juga ada yang mengambarkan karakter tersebut asli dari pengalamannya sendiri

Kita juga perlu mengunakan perasaan saat menulis, apalagi kalau artikel yang kita buat berupa artikel curhatan yang tentunya juga melibatkan perasaan. Kita bisa menuliskan kembali perasaan masa lalu, entah itu pengalaman saat pertama kali jatuh cinta atau perasaan saat pertama kali di tembak seorang laki-laki ciye ciyeee..

Seru loh membuat artikel yang melibatkan perasaan seperti itu, apalagi membicarakan tentang masa lalu. Saya kadang senyum-senyum sendiri kalau menulis tentang pengalaman masa lalu dulu apalagi yang berhubungan dengan hati dan cinta, eaaahh :D.

8. Buka Wawasan Anda Di Media Sosial

Jika masih belum menemukan ide dari berbagai cara di atas, coba deh cari solusi lain dengan mencari ide di media sosial.

Di media sosial, kita bisa menemukan ide-ide yang menarik yang bisa kita ambil. Ide tersebut bisa dari sebuah status, sebuah gambar atau foto, sebuah tautan bahkan dari komentar-komentar yang tidak sengaja kita baca.

Di Internet, semua yang kita butuhkan sudah tersedia, tinggal bagimana kita mencarinya dan bagaimana kita mengembangkannya sesuai dengan sudut pandang kita dan gaya berkreasi kita.

9. Menulis Ulang Artikel Orang Lain Dengan Sudut Pandang Yang Berbeda

10 Tips Bagaimana Cara Mendapat Dan Menemukan Puluhan Ide Artikel Setiap Hari

Kalau masih saja buntu dan tidak menemukan sebuah ide artikel untuk dipublish, coba deh cari di google, atau baca-baca artikel teman blogger lainnya. Kita bisa mengunakan metode “mencuri judul atau ide dari blog orang lain”. Tapi tunggu dulu....

Kita harus paham bahwa plagiat adalah perbuatan yang tidak dibenarkan. Jadi yang saya maksud dengan mencuri ide adalah dengan mengambil ide atau gagasan kemudian tidak serta merta copy-paste artikel blog yang bersangkutan. Tapi cobalah kembangkan ide itu dengan sudut pandang kita maupun mencoba dengan sudut pandang yang berbeda.

Seperti artikel yang berjudul “Jika kamu perokok, cobalah menjadi perokok yang bijak dan elegan”. Disini saya membahas sebagaimana sudut pandang saya yang benci dengan rokok, sementara suami saya juga seorang perokok.

Tentu saya membeberkan unek-unek saya akan ketidaksukaan saya terhadap asap rokok, tapi bukan berarti saya harus menyuruh semua orang untuk tidak merokok, karena merokok itu perihal hak masing-masing individu. Meskipun begitu, banyak penguna rokok yang tidak sadar betul bagaimana efek dan dampak bagi orang sekitarnya terutama orang tersebut merokok tidak kenal waktu dan tempat. Nah dari situlah saya membuat artikel tersebut.

Jadi menulis ulang disini bukan berarti harus semua di copy dan paste di artikel kita. Tapi bacalah terlebih dahulu, kemudian cobalah merangkai kembali dengan gaya bahasa sendiri ataupun dengan menulis ulang sesuai sudut pandang kita dengan berbagai referensi lain yang menguatkan pendapat kita.

10. Manfaatkan Pertanyaan Yang Ada Di Komentar Blog

Terakhir, Dengan memanfaatkan kolom pembaca atau komentar yang masuk ke blog kita. Tapi dengan syarat, Blog kita juga harus banyak pengunjung dan ada yang berkomentar juga sih, hihihi :P. Tapi tenang, jika ingin memiliki blog yang dikunjungi banyak pengunjung dan ada yang berkomentar juga, mungkin anda bisa membaca “Hal yang perlu diperhatikan agar blogmu disukai dan dikunjungi banyak orang”.

Jika kiita punya beberapa blog atau artikel yang menuliskan tentang tutorial atau tip blogging, biasanya ada pertanyaan yang masuk ke blog kita tentang pertanyaan baru via kolom komentar. Nah dari pertanyaan pembaca itulah kita bisa menemukan ide baru untuk dijadikan sebuah artikel.

***
Demikianlah 10 Tips Bagaimana Cara Mendapat Dan Menemukan Puluhan Ide Artikel Setiap Hari. Yah semoga sedikit pengalaman saya itu bisa menjadi motivasi untuk tetap berkarya di dunia blogger ini. Yuk menulis lagi.


Pandaan 07 November 2017
Dewi’na Irawan

Perihal Diri
Perihal Diri Updated at: 11:59:00
Share this article :

11 komentar:

  1. Point 1 itu suka ga kepikiran sama saya mak untuk nyiapin catatan.. Alhasil, ide yang udah muncul trus udah diusahain buat disimpan di kepala aja, hilang deh menguap.. Huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehee, karena alasan itu juga mbak, saya biasanya langsung nulis poin ide di gadget atau selmbar kertas biar tidak lupa

      Delete
  2. Poin 9 tuh enak hehe kalau kurang ngeh sama pendapat orang, langsung nambahin tp di blog sendiri hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, iya..
      Kebanyakan blog tutorial, biasanya sih gitu.
      cuman di tambahin dengan gaya bahasa sendiri

      Delete
  3. Bermanfaat nih buat nyari ide, detail juga memanfaatkan tulisan orang

    ReplyDelete
  4. Point no 1 ini susaah dan kepikiran Mbak untuk dilakukan padahal penting ya. Sebab pas traveling gitu boro2 mau nyatet, yang ada malah rempong ngawasi anak-anak he3.
    Makasih sharingnya idenya Mbak, smoga nanti aku bisa coba satu2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya juga sih mbak, cuma saya biasanya menyempatkan diri menulis di note gadget saya, biar tidak lupa aja pas keinget tema judul

      Delete
  5. Wah lengkap banget, tinggal pilih yang mana yang pas buat kita.
    Makasih mbak udah berbagi.
    Bermanfaat banget buat blogger newbie seperti kita-kita ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas, terima kasih juga sudah berkunjung

      Delete
  6. Wah.. Tulisan ini kebalikan dari yang saya alami. Saya malah kepenuhan ide di otak. Rasanya semua pengen ditulis, hehe.. Karena buat saya semua momen dalam hidup itu penting dan indah buat dikenang, caranya yang dengan ditulis. Anggaplah blog seperti diary.
    Alhamdulillah Tuhan menganugerahkan kelebihan ini buat saya 😊

    ReplyDelete
  7. Wihh. Tulisannya keren banget Kak. Terima kasih sudah menginspirasi. Salam kenal. ☺

    ReplyDelete

 

Perihal Diri Copyright © 2016 Minima Template
Designed by BTDesigner · Powered by Blogger