Friday, 6 October 2017

Jika Anda Sering Marah Tanpa Alasan, Mungkin 7 Alasan Ini Penyebabnya

Menurut wikipedia, Marah adalah suatu emosi yang secara fisik mengakibatkan antara lain peningkatan denyut jantung, tekanan darah, serta tingkat adrenalin dan noradrenalin. Rasa marah menjadi suatu perasaan yang dominan secara perilaku, kognitif, maupun fisiologi sewaktu seseorang membuat pilihan sadar untuk mengambil tindakan untuk menghentikan secara langsung ancaman dari pihak luar.

Pada dasarnya, rasa marah adalah hal yang wajr dirasakan oleh seseorang, sama halnya dengan rasa bahagia dan sedih. Kemarahan sejatinya merupakan bentuk ekspresi dari dalam kondisi emosional terhadap suatu keadaan atau situasi. Penyebab munculnya rasa marah pun bisa beragam, mulai dari kesal, tersinggung, kecewa, hingga sakit hati.

Namun jika tingkat kemarahan terlihat begitu sering menerpa Anda tanpa alasan yang jelas, bisa jadi ada hal psykologis yang mempengaruhi ataupun dari obat-obatan yang Anda konsumsi. Berikut beberapa alasan penyebab mengapa seseorang menjadi sangat mudah untuk marah

7 Penyebab Anda Gampang Marah Tanpa Sebab

1. Depresi dan Stress Berlebih

7 Penyebab Anda Gampang Marah Tanpa Sebab

Penyebab paling sering orang marah-marah tidak jelas adalah perihal Depresi dan Stress berlebih. Faktor yang mempengaruhi seorang bisa depresi bisa terjadi dari banyak hal, dari konflik keluarga, konflik persahabatan, keadaan ekonomi yang tidak stabil dan banyak hal lainnya.

Efeknya, orang yang sedang depresi akan mudah panik dan gelisah, karena alasan ini kebanyakan orang yang sedang depresi lebih gampang tersinggung dan mudah tersulut emosinya.
Baca juga  Dampak Buruk Sering Marah-marah Dan Cara Ampuh Menahan Rasa Marah Berlebih

2. Pengaruh Obat-obatan

Menurut Dr. Helen Stokes Lampard dari Royal College of General Practitioners menyatakan bahwa terdapat beberapa obat-obatan yang dapat berdampak pada keadaan psikologis penggunanya.

Seperti pengaruh sejenis obat tidur dan obat penenang misalnya, Jarang orang yang mengetahui bahwa obat jenis ini dapat menyulut emosi seseorang karena kinerjanya ternyata memperlambat berbagai fungsi otak.

3. Kurangnya Porsi Tidur

Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas of Pennsylvania menyatakan bahwa tidur kurang dari 5 jam perhari selama tujuh hari bisa menyebabkan orang mudah stress dan gampang marah. Selain itu, kurang tidur juga salah satu penyebab orang mengalami depresi dan memperparah gejala depresi.

Porsi tidur yang berkualitas pun sangat dibutuhkan untuk menjaga tubuh agar tetap fit. Jika kurang tidur akan banyak masalah yang mengganggu, tidak hanya depresi dan marah-marah tidak jelas, gangguan kesehatan lainnya juga bisa saja terjadi misalnya penyakit jantung, penyakit diabetes bahkan penyakit stroke. Jadi jaga porsi tidur Anda.
Baca 7 Tip Menjaga Kesegaran Kamar Tidur Tetap Terjaga Dan Tidak Berbau

4. Tekanan Pekerjaan Baru

Terkadang tekanan dari pekerjaan dapat membuat orang menjadi depresi. Terutama bagi orang yang baru pertama kali terjun didunia kerja. Mereka yang belum pernah tunduk kepada seseorang biasanya memiliki emosi yang kurang terkendali sebab masih memandang dunia ini dari sudut pandang sendiri.

Tekanan tuntutan kerja serta mendengarkan perkataan bos yang kadang tidak mengenakkan di telinga, menambah berat kadar emosi dalam hati. Jadi tekanan seperti ini bisa membuat orang melampiaskan kekesalan terhadap orang lain.

5. Pre-Menstrual Syndrome (PMS)

7 Penyebab Anda Gampang Marah Tanpa Sebab

Hanya seorang wanita yang paham akan gejala ini, dan hal tersebut merupakan hal yang wajar yang bisa dialami oleh kebanyakan wanita. Saat wanita mengalami Pre-Menstrual Syndrome (PMS), tubuhnya akan mengalami beberapa perubahan hormon.

Seperti menurunnya jumlah hormon estrogen yang pada umunya berfungsi sebagai rasa nyaman dan bahagia, terlebih hormon estrogen ini berperan penting dalam meningkatkan nafsu makan, mood dan pola tidur.

Jadi jangan heran jika para wanita sering bertingkah emosional tidak jelas penyebabnya disaat sedang Pre-Menstrual Syndrome (PMS). Jaga jarak yah guys saat kami para wanita sedang PMS.

6. Kurang Piknik

Permasalahan dirumah tangga, baik dengan lelahnya tubuh dan pikiran karena rutinitas kehidupan rumah tangga, membuat seseorang mudah terserang depresi, terutama bagi seorang wanita. Disaat semua masalah menumpuk dan pikiran sudah lelah untuk memikul berat kehidupan sendirian, hal tersebut akan memicu Anda menjadi lebih mudah emosi akan sesuatu.

Refreshing adalah hal yang perlu dilakukan oleh setiap orang agar pikiran dan tenaga bisa fresh kembali. Kurangnya piknik untuk refreshing bisa saja membuat permasalahan pribadi menjadi penyebab seseorang mudah tersulut amarah.
BacaInilah Cara untuk Menenangkan Istri Yang Menangis Karena Terluka Oleh Ucapan Atau Tingkah laku Suami

7. Program Diet

Program diet berarti Anda menjalankan program untuk menguruskan badan , entah dengan mengurangi porsi makan, atau dengan mengunakan obat-obatan tertentu untuk mempercepat proses diet.

Tapi taukan Anda bahwa program seperti ini merupakan salah satu penyebab Anda menjadi gampang marah. Hal ini seperti dijelaskan oleh Jane Wardle dari University College London, bahwa keputusan untuk program diet yakni dengan membatasi diri dari konsumsi makanan kesukaan ternyata dapat meningkatkan kadar depresi.

Nah karena hal tersebut Anda yang menjalankan program diet akan lebih cepat tersinggung dan cepat marah.


Itu tadi beberapa alasan mengapa seseorang bisa mudah tersulut amarah tanpa sebab. Akan mudah bagi Anda untuk mengatasi persoalan mudah marah dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Dengan mempelajari dan mengetahui penyebab akhir-akhir ini Anda cepat marah, Mungkin Anda bisa mengetahui solusi untuk menangani rasa marah dengan tepat. Semoga bermanfaat


Pandaan, 07 Oktober 2017
Dewi’Na Irawan

Share this article :

1 komentar:

  1. Ah bener banget, cewek kalau udah PMS memang harus hati-hati kalu mau dideketin, hahahaha

    ReplyDelete

 

Perihal Diri Copyright © 2013 Minima Template
Designed by BTDesigner · Powered by Blogger