Thursday, 12 October 2017

Beberapa Alasan Orang Saat Menunda Suatu Pekerjaan Atau Kegiatan

Alasan Untuk Menunda - Alasan orang menunda pekerjaan itu sangat beragam. Apa pun alasannya, menunda pekerjaan itu sudah jadi sebuah kebiasaan bagi kita, sebut saja itu hoby baru yang terselubung bagi kita.

Entah kenapa, Ada saja alasan untuk menunda suatu kegiatan atau pekerjaan yang ingin kita lakukan, terlebih lagi jika suatu pekerjaan itu di perintah oleh seseorang. Entah itu perintah atasan atau suami, selalu ada celah yang bisa membuat kita enggan untuk melakukan pekerjaan dengan segera.

Seperti pengalaman saya dulu saat lagi asik mencari daftar nama-nama bayi di internet, tiba-tiba atasan menyuruh untuk mengecek sesuatu. Namanya juga perintah atasan, harusnya itu jadi sebuah kewajiban untuk dilakukan terlebih dahulu, bukan? Tapi rasanya nanggung sekali kalau harus menunda mencari nama bayi ini, hihihih.

Sama halnya saat mengerjakan Skripsi, padahal banyak waktu luang untuk mengerjakannya. Tapi memang lebih menyenangkan jika dilakukan saat deadline, dan saya jadi bingung dan super sibuk dengan kepanikah, hahaha. Itu pengalaman yang menyenangkan sekaligus mempilukan.

Mungkin memang kita melakukan penundaan itu tanpa sengaja, ataupun memang sudah jadi kebiasaan yang sudah termindset dalam alam bawah sadar kita. Apapun itu, pasti ada alasan kuat yang mendorong seseorang untuk menunda pekerjaan? Berikut saya ingin menerangkan sedikit alasan saya sering menunda suatu pekerjaan.

6 Alasan Orang Saat Menunda Suatu Pekerjaan

1. Merasa Punya Punya Banyak Waktu Untuk Mengerjakan Belakangan

Saya sendiri sering sekali melakukan penundaan terhadap pekerjaan saat merasa banyak waktu luang dihari ini. Terkadang saya sering mengabaikan tugas tersebut dan merencanakan untuk dikerjakan besok mengingat deadlinenya masih lama. Akan tetapi, besoknya justru ketambahan banyak kerjaan yang lebih mendesak, hingga akhirnya saya terpaksa mengerjakan tugas tersebut di hari deadline. Dan hasilnya, banyak kerjaan yang salah, dari memasukkan angka dan penulisan yang tidak tepat.

Merasa banyak waktu luang hingga menunda pekerjaan itu tidaklah bagus, mungkin itu semua hanya ilusi belaka. Kita idak pernah tau besok jadwalya seperti apa, bisa saja waktu justru tidak mengizinkan untuk mengerjakan tugas tersebut.

Pun juga, jika kita mengerjakannya di hari deadline dan cara pengerjaannya dilakukan dengan tergesa-gesa, biasanya hasilnya tidak akan optimal bahkan akan banyak kekeliruan. Jadi alangkah baiknya, kerjakanlah pekerjaan yang bisa kau kerjakan sekarang, jangan menunda hanya karena kita merasa banyak waktu luang. Justru akan lebih menyenangkan jika kita punya waktu luang dan tidak ada beban hutang pekerjaan yang menanti kita dibelakang.

2. Rasa Malas


Terkadang seseorang menunda karena terlalu letih melakukan rutinitas seharian, hingga akhirnya memutuskan untuk berhenti sejenak hanya untuk sekedar merehatkan badan. Tapi terkadang dengan kita mencoba berhenti sejenak, kita akan cenderung susah untuk memulainya lagi. Akibatnya tentu akan muncul rasa malas yang membuat kita enggan untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Memang terlihat sangat sepeleh, hanya diam sejenak dengan menunda suatu pekerjaan dan disitulah jebakan rasa malas mulai muncul. Seperti menulis di blog ini, gara-gara saya malas dan menunda satu kali dan tidak menulis selama satu minggu, saya jadi keterusan hingga 3 bulan. Jadi lawan rasa malasmu dengan tetap bergerak selagi masih semangat dan punya waktu.
Baca Bagaimana Cara Agar Kita Tetap Termotivasi Untuk Terus Menulis Di Blogger

3. Banyak Pikiran (Strees)

Disaat banyak pikiran atau mengalami strees, kita akan sering mengabaikan suatu tugas dan menundanya beberapa saat hingga fikiran kembali normal. Namun ini bukanlah cara yang bijak mengingat hal tersebut hanyalah bersifat sementara.

Menunda hanyalah menghilangkan sementara stres namun ia tidak menyelesaikan masalah dan mungkin juga akan membuat pekerjaan Anda semakin menumpuk dan berakibat stress Anda makin bertambah.

Kalau saya sendiri mengatasi hal tersebut dengan mendengarkan sebuah alunan music sembari mengerjakan tugas tersebut. Terkadang lantunan musik yang kita sukai, bisa menyembuhkan atau hanya sebagai penghilang sementara stress yang kita alami.

Tapi saran saya, akan lebih baik menghilangkan stress terlebih dahulu, mungkin dengan menyenangkan hati atau bepergian untuk sementara waktu. Setelah stress mereda, barulah Anda bisa mengerjakan tugas itu kembali.

4. Merasa Kalau Pekerjaan Tersebut Mudah Dan Bisa Dikerjakan Secepatnya Nanti

Alasan lain kenapa banyak orang menunda suatu pekerjaan adalah anggapan bahwa pekerjaan itu dirasa mudah, jadi orang akan berfikir untuk menundanya nanti karena hal tersebut tidak butuh waktu lama untuk mengerjakannya, mungkin karena pekerjaan itu sudah menjadi hal biasa yang Kita kerjakan tiap harinya, atau memang pekerjaan itu merupakan specialis kita yang bisa dikerjakan dengan waktu yang cukup singkat..

Meskipun pekerjaan itu benar-benar mudah, sifat menunda inilah yang tidak begitu baik. Coba bayangkan, jika seandainya dikerjakan sejak awal, maka waktu yang tersedia selepas tugas itu tuntas bisa dimanfaatkan untuk hal-hal lain yang lebih bermanfaat. Jangan meremehkan sebuah pekerjaan sebagai hal mudah sebab tanpa waktu yang cukup kita bisa saja tersiksa saat terlupa.
Baca 7 Cara Untuk Melatih Pribadi Yang Lebih Optimis

5. Banyak kerjaan Yang Menumpuk


Terkadang karena banyaknya kerjaan yang menumpuk, kita menfokuskan untuk menyelesaikan satu tugas terlebih dulu dan menunda yang lainnya. Itu cara efektif untuk bisa mengerjakan dengan sebaik-baiknya.

Tapi terkadang karena banyaknya kerjaan itu, kita jadi lupa akan kerjaan lain yang kita tunda tersebut. Nah saran saya sih, buatlah sebuah jadwal atau buat sebuah list job yang akan kita selesaikan. Kita bisa mengerjakannya satu per satu sesuai list maupun secara acak, dan kita tidak akan lupa karena pekerjaan itu sudah tercatat.

6. Kehilangan Mood Karena Kurangnya Motivasi

Semua orang pasti pernah merasakan malas dan mood yang tidak bagus, tapi usahakan tidak menunda suatu pekerjaan hanya karena mood yang hilang dan tidak ada motivasi untuk mengerjakan.

Biasanya hal ini karena tugas tersebut tidak menghasilkan sesuatu, misalnya uang atau kepuasan lainnya, seperti menulis di blog. Menulis diblog hanya masalah hoby, dan tidak salah juga kita mengorbankan demi kepentingan yang lain.

Mungkin kita melakukan itu karena tidak ada motivasi dalam menulis blog, mungkin karena blog yang kita buat tidak menghasilkan pundi-pundi uang atau hanya dikunjungi beberapa orang saja hingga kita tidak merasa puas akan hal tersebut. Hingga akhirnya memutuskan untuk menunda menulis karena hanya buang-buang waktu. Tapi bagi yang menulis di blog yang tak mempunyai motivasi apa-apa dan hanya ingin menuangkan hobby menulisnya saja, tentu hal tersebut tidak akan menghentikannya menulis.
Baca Menulis Di Blog Itu Tidaklah Mudah, Perlu Latihan Biar Tetap Konsisten

Yah begitulah beberapa alasan saya menunda suatu pekerjaan yang sering saya alami, Dengan mengertahui alasan kenapa kita sering menunda suatu pekerjaan, kita bisa tau bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut. Mungkin bagi teman-teman ada yang sama seperti yang saya alami atau ada hal lain yang bisa menunda suatu pekerjaan? Kalau ada, bisa dishare di kolom komentar. Terima kasih.


Pandaan 12 Oktober 2017
Dewi’Na Irawan

Perihal Diri
Perihal Diri Updated at: 13:23:00
Share this article :

6 komentar:

  1. Rasa malas itu kalau saya nomor satu sih 😅😅
    Susah ngusirnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak, saya juga gitu..
      makanya aku tempatkan dinomor satu, huhuhu tos dulu

      Delete
    2. Akhir-akhir ini mulai nulis lagi mba, tapi kok lebih semangat kalau nulis dari hp ya, kalau berhadapan sama laptop stuck nggak tau kenapa jadi stuck 😅😅 hehe

      Delete
    3. nulis pakai HP, apa semacam aplikasi wordpress mobile gitu yah...
      kalau untuk blogger bisa yah mbak?

      Delete
  2. Kalau saya lebih anyak karena no 2 dan 6 huhuhu.
    Memang musuh terbesar itu diri sendiri dgn kemalasan yg menyertai itu yaaaa :(
    btw TFS jd reminder nih buat saya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak, saya juga kadang sering kurang bersemangat jika mood nulis lagi hilang :)

      Delete

 

Perihal Diri Copyright © 2016 Minima Template
Designed by BTDesigner · Powered by Blogger