Tuesday, 31 October 2017

Hal Yang Perlu Diperhatikan Agar Blogmu Disukai Dan Dikunjungi Banyak Orang

Inti dari kegiatan blogging itu sendiri adalah membuat sebuah konten atau artikel yang menarik dan bisa dibaca dan dipahami isinya oleh pengunjung. Setiap blogger pasti menginginkan artikel yang dibuatnya dibaca oleh pengunjung, bukan? Terlebih lagi jika pengunjung tersebut memberi apresiasi berupa share maupun komentar sebagai bentuk apresiasi positif terhadap artikel yang kita buat.

Tapi, hal tersebut tidak semudah yang bisa kita bayangkan, terutama jika kita masih pemula. Saya sendiri saja sempat hiatus lama sebab tak ada pengunjung yang datang disaat awal-awal menulis diblog. Rasanya hasrat menulis saya hilang seketika, ketika blog yang saya isi dengan sepenuh hati, hanya berkisar 10-20 pengunjung tiap harinya.

Selang satu tahun saya menulis di blog ini, saya menyadari bahwa menulis artikel yang disukai pengunjung tidaklah mudah untuk dilakukan. Tidak cukup hanya dengan konsisten menulis beberapa artikel perminggu atau bahkan tiap hari. Meskipun dengan menulis artikel lebih banyak, memungkinkan blog kita memiliki sumber bacaan yang bisa dipilih oleh pengunjung.

Jadi butuh trik khusus agar pengunjung itu memilih untuk mengunjungi blog kita, syukur-syukur bisa jatuh cinta dan menjadi pembaca setia blog kita. Nah, kali ini saya ingin berbagi tip khusus ala saya bagaimana cara agar blog kita bisa dikunjungi oleh banyak pengunjung dan disukai oleh pengunjung.
Baca juga  Menulis Di Blog Itu Tidaklah Mudah, Perlu Latihan Biar Tetap Konsisten

4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Agar Blogmu Disukai dan Dikunjungi Banyak Orang

Hal Yang Perlu Diperhatikan Agar Blogmu Disukai Dan Dikunjungi Banyak Orang

1.Tampilan Blog Yang Rapi Dan Cepat

Menurut saya pribadi, tampilan blog yang menarik akan mempengaruhi pengunjung untuk singgah maupun pindah ke blog sebelah. Karena saya sendiri sebagai pengguna internet, juga menginginkan informasi yang menarik dengan tatanan tulisan yang enak dibaca.

Pernah saya jumpai blog yang tulisannya sangat banyak sekitar 1500 kata dan hanya mengunakan 2 paragraf saja. bisa dibayangkan bagaimana susahnya membaca artikel seperti itu.

Rata-rata penguna internet di gadget maupun desktop akan merasa enggan melihat artikel yang sangat panjang dalam satu paragraf. Jadi alangkah baiknya jika kita bisa memperhatikan bagaimana meletakkan tulisan yang menarik, tidak terlalu panjang, relevan dan dipisah paragraf biar lebih mudah membacanya.

Ada lagi disaat saya mau mencari informasi tentang sesuatu, dan menemukan blog dalam situs pencarian dengan keyword yang saya masukkan. Tapi disaat dibuka, justru loadingnya lama dan banyak iklan bertebaran.

Dalam posisi seperti ini, tanpa membaca artikel dalam blog, saya sudah memutuskan untuk menutup laman blog tersebut. Memang dengan menambahkan foto galery di sidebar maupun timeline instagram dan twitter membuat tampilan blog sangat variatif dan menarik. Tapi hal tersebut juga mempengaruhi dengan kecepatan loading suatu blog.
Baca juga  4 Hal Yang Perlu Diputuskan Saat Memulai Membuat Blog Baru

2. Konten Yang Padat, Informatif Dan Menarik


Konten yang menarik adalah Raja bagi suatu blog. Tidak bisa dipungkiri bahwa konten yang menarik merupakan faktor utama agar pengunjung mau berkunjung ke blog kita. Tapi permasalahannya bagaimana membuat konten yang menarik itu?

Menurut saya, Konten yang menarik itu semacam konten yang orisinil, informasinya relevan, menginspirasi dan bisa menjadi solusi bagi yang membutuhkan. Sedangkan kita sebagai pemula, untuk membuat konten seperti itu tidaklah mudah, mungkin bisa saya katakan sulit apalagi blog curhatan macam blog saya.

3. Judul Artikel Yang Membuat Orang Tertarik Untuk Berkunjung

Saya terinspirasi dari video youtube yang sangat menarik judulnya dan membuat saya ingin sekali melihat video tersebut. Akan tetapi disaat saya menonton video itu, justru saya kecewa dengan video yang saya tonton. Isi video tidak sesuai dengan judul yang di ambilnya.

Dari pelajaran ini, judul artikel itu menentukan orang tertarik atau tidak untuk membacanya (Baca: mengunjunginya). Entah itu isinya berkualitas atau tidak, orang akan terlebih dahulu memperhatikan judulnya dari pada isi dari artikelnya.

Jadi, jika kita memiliki artikel yang menarik, carilah judul yang tepat dan relevan dengan isi artikel. Selain bisa menarik pengunjung dengan judul yang unik dan menarik, juga dengan judul yang relevan dengan artikel yang kita muat, akan membuat pengunjung tersebut respeck dan akan menjadi pembaca setiamu.

4. Daftarin Ke Webmaster Tool

Awalnya, saat saya masih pemula banget, saya hanya melakukan update post dan setting widget saja. Tapi hal tersebut membuat blog saya masih sepi dengan pengunjung. Kebanyakan yang singgah diblog saya, merupakan rujukan dari media sosial hasil dari promosi saya keberbagai akun media sosial yang saya miliki.

Nah, disaat saya sudah tidak promosi lagi, pengunjungnya kembali turun diangka yang sama. Saya bertanya-tanya mengapa hal ini bisa terjadi. Kemudian saya baca-baca di internet dan menemukan ilmu baru.

Dalam studi kasus yang saya alami, blog baru itu harus didaftarkan kesebuah webmaster tool agar lebih cepat terindex oleh mesin penelusuran. Karena pengunjung terbesar harusnya berasal dari hasil penelusuran.

Maka saya daftarkan ke salah satu webmaster terbesar yakni google webmaster tool. Dan setelah itu saya improvisasi sesuai interuksi, dari pengunaan meta diskripsi, crawl, robot txt dan sebagainya. Dan Alhamdulillah, dari situ pengunjung di blog saya berangsur-angsur naik hingga tembus ratusan pengunjung tiap harinya.
Baca juga  Cara Membuat Page Sitemap/Daftar Isi Keren Dan Seo Friendly
**** 

Yah begitulah tip sederhana agar blogmu bisa dikunjungi oleh banyak pengunjung. Sebenarnya sangat banyak sekali artikel yang menarik dari berbagai master blogging diluar sana, saya hanya ingin sedikit berbagai informasi yang semoga bisa bermanfaat bagi kalian maupun bagi saya pribadi. Selamat mencoba


Pandaan 31 Oktober 2017
Dewi’Na Irawan

Perihal Diri
Perihal Diri Updated at: 03:25:00
Share this article :

14 komentar:

  1. Wah makasih sharingnya kak.. Perlu dicoba nih

    ReplyDelete
  2. 4 tips wajib tuh diatas untuk para penggiat dunia Blogging ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, setidaknya cara itu yang saya sudah coba :)

      Delete
  3. Terima kasih infonya sangat bemanfaat. Mau coba daftar ah ke google webmaster tool :) Betul sih ya judul blog mesti bisa bikin orang tertarik datang dan baca, siip lah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segera daftar mbak,
      banyak manfaatnya kok dengan daftar webmaster tools, dan jangan lupa bikin sitemap juga disana

      Delete
  4. Bermanfaat sekali tipsnya mbak. Bahkan dari juduknya aja udah bikin saya penasaran pengen segera baca isinya.
    Berarti saya harus segera daftar di Webmaster nih! Makasih info yaa mbak say

    ReplyDelete
  5. Makasih banget Tips nya mbak, sangat bermanfaat.
    Harus banyak belajar nih agar blog saya juga banyak pengunjungnya.
    Sebab apalah artinya sebuah blog bila tanpa pengunjung :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali, tapi blog saya sendiri juga masih sedikit kalau di banding sama mastah-mastah diluar sana. heheheh
      suka quotenya "Apalah artinya sebuah blog bila tanpa pengunjung"

      Delete
  6. Terima kasih tipsnya, baru tahu pakai webmaster, hehe

    ReplyDelete
  7. terima kasih mba tips nya jadi nambah ilmu nih, kebetulan saya juga lagi belajar ngblog, baca punya mba akhirnya sy langsung daftarin blog ke webmaster tool deeh.. biar banyak pembacanya hahaha..btw lam kenal juga ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mbak
      senang bisa membantu :)

      Delete
  8. Wah pake web master tool ya, makasih infonya mba. Kudu belajar lagi niih. Salam kenal ya

    ReplyDelete

 

Perihal Diri Copyright © 2016 Minima Template
Designed by BTDesigner · Powered by Blogger