Monday, 9 October 2017

7 Cara Untuk Melatih Pribadi Yang Lebih Optimis

Cara Agar Menjadi Pribadi Yang Optimis – Kita pasti pernah menghadapi hari-hari yang sulit. Hari ketika kita mengalami kejadian yang tidak mengenakkan sepanjang hari, atau mungkin karena kejadian itu mengakibatkan impian dan harapan yang selalu kita idam-idamkan menjadi sulit untuk direalisasikan.

7 Cara Untuk Melatih Pribadi Yang Lebih Optimis

Kita juga pasti pernah merasakan putus asa dan menyerah, seakan kita merasa bahwa kita telah gagal dalam mengapai semua ambisi yang pernah kita idamkan. Tapi semua itu jangan terlalu khawatir, karena semua itu bagian dari skenario kehidupan. Tentu kita yakin kan bahwa roda kehidupan itu pasti berputar. Kadang kala kita berada diatas, dan adakalanya kita berada di bawah. Yakinlah bahwa saat kita sedang merasa putus asa maka skenario kehidupan yang sedang kita jalani sekarang berada di bawah. Tinggal bagaimana kita menuju ke atas kembali kan permasalahnya.

Yah dengan tetap optimis adalah solusi yang tepat untuk menjalani drama kehidupan ini. Jika Anda memandang semua permasalahan tersebut dengan optimisme, maka sesulit apapun tantangan yang datang, Anda tetap tegak dan berdiri untuk menghadapinya, dan pada akhirnya permasalahan itu segera teratasi.

Berbeda jika Anda pesimis menghadapi permasalahan tersebut, Anda akan menyerah dengan tantangan kehidupan dan dikemudian hari permasalahan tersebut akan menumpuk dan akan menyulitkan Anda kembali. Menjadi optimis bukan berarti mencari yang terbaik dalam situasi apapun dan mengharapkan hal-hal baik terjadi. Tapi menjadi optimis cenderung yakin dan terus berusaha bahwa setiap hal akan berubah menjadi baik, kalaupun gagal mereka akan percaya bahwa semua yang terjadi adalah hikmah yang penting untuk diambil sebuah pelajaran.

Dengan optimis, Anda akan mempunyai pola pikir positif, Dan pola pikir positif inilah yang akan membuat Anda menjadi lebih sukses dan bahagia. Berikut ini beberapa Tip yang bisa Anda praktekkan di kehidupan sehari - hari untuk melatih diri menjadi pribadi yang optimis.

7 Cara Untuk Melatih Pribadi Yang Lebih Optimis 

1. Belajar Menghadapi Semua Tantangan Kehidupan

Yakinlah bahwa kehidupan kita adalah sebuah ujian, entah itu dalah keadaan suka maupun duka. Pasti kita pernah memikirkan resiko-resiko yang terjadi saat mau melangkah melakukan suatu hal. Dan itu wajar untuk ukuran manusia.

Perbedaannya, Orang yang optimis selalu berani menantang ketakutannya, mereka berusaha membuang pikiran negatifnya jauh-jauh dan mencoba percaya bahwa dengan berusaha semua tidak akan sia-sia. Kegagalanpun tidak membuatnya semakin putus asa, karena bagi mereka yang optimis, kegagalan adalah awal dari kesuksesan.

Setiap orang, apabila dikenalkan pada masalah, menjadikannya lebih dewasa dan bijak. Tanpa ia sadari, menjadi jalan untuk lebih bijak dalam menghadapi masalah-masalah kecil lainnya. Ia mau menempa diri dengan menerima semua gesekan dan tekanan hidup.
Baca Tips Buat Single Yang Sedang Mencari Jodoh Dunia Akherat

2. Belajarlah Untuk Tidak Mudah Mengeluh

Belajarlah Untuk Tidak Mudah Mengeluh

Mengeluh adalah kebiasaan tidak baik. Oleh karena itu jika pikiran negatif muncul sebaiknya segera buang jauh-jauh pikiran negatif seperti itu. Karena mengeluh bisa menular ke orang lain.

Seperti saat Anda sedang galau, dan tiba-tiba mencoba membuat status di media sosial dengan kata-kata yang lebay dan menceritakan kesialan dan kegalauan hari ini. Apakah dengan demikian galau anda akan hilang? Tidak bukan.

Kata-kata adalah sihir yang unik, kata bisa membuat orang ikutan galau dan tidak semangat dengan kata negatif yang kita ucapkan, begitu juga kita akan membuat orang menjadi semangat dengan kata positif yang kita ucapkan.

Dari pada mengeluh lebih baik kita alihkan kepada kesibukan dengan melakukan pekerjaan yang positif. Karena pikiran positif akan membuat Anda lebih aktif dan jadi lebih optimis.

3. Syukuri Apapun Yang Terjadi

Banyak orang tidak sadar bahwa segala sesuatu yang kita miliki adalah anugerah terindah yang wajib kita syukuri. Seburuk apapun keadaan kita, tetap kita harus bersyukur, kenapa demikian? Karena syukur itu akan terlihat jika kita melihat kebawah, bahwa masih banyak yang mengalami hal lebih parah dari kita. Jika kita terus melihat ke atas terus, kita tidak akan menemukan sebagaimana beruntungnya kita, kita akan terus merasa bahwa hidup ini tidak adil dan kita akan berputus asa akan hal itu.

Syukurilah apa yang ada, maka hal tersebut akan membuatmu lebih tegar dan optimis. Setiap terjadi sesuatu masalah, ambil hikmahnya dan syukuri hal tersebut. Lihat kenyataannya, banyak diantara kita memandang seberapa hina dirinya karena belum mendapatkan barang yang mereka inginkan. Padahal jauh didalam kehidupannya, mereka sudah mempunyai banyak barang yang diidam-idamkan oleh kebanyakan orang lain yang tak mampu mengejarnya.

Contohnya saja seperti mempunyai wajah cantik, mata normal dan keadaan yang prima. Hal tersebut adalah anugerah, banyak loh diantara kita yang mungkin harus berjalan ke dokter untuk check up dan menjalani obat-obatan tiap hari. Dengan belajar mensyukuri dari kecil, semoga Allah menambahkan lebih banyak lagi dari nikmat-Nya untuk kita.
Baca Kenikmatan Yang Jarang Disadari dan Disyukuri Oleh Kebanyakan Orang

4. Jangan Hanya Fokus Menghayal Sebuah Kesenangan

Karena kebahagian yang paling hakiki adalah kebahagiaan yang kita capai dengan usaha sendiri

Tidak dipungkiri lagi, kebahagiaan dunia merupakan hal dasar yang menjadi impian kita sebagai manusia. Menjadi kaya, populer, mempunyai banyak harta, jabatan yang tinggi dan sebagainya. Dan itu hal tersebut merupakan impian yang wajar dan boleh-boleh saja kita mengimpikannya dan mendambakannya.

Tapi tak sepatutnya kalau kita hanya fokus dengan mencari kebahagiaan duniawi saja, kita fokus dengan rasa iri melihat orang disekitar kita bahagia dengan suatu hal. Karena pada dasarnya ukuran bahagia tiap manusia itu berbeda-beda. Ada yang mendapat udang 100ribu rupiah dia sangat senang, ada juga yang merasa bahagia hanya dengan mencicipi hidangan lezat direstoran, dan banyak lagi yang lainnya.

Untuk menjadi pribadi optimis, jangan iri dengan kesenangan orang lain yang lebih dari kita. Namun ingatlah, mungkin mereka sudah mengorbankan banyak hal untuk mencapai semua itu. Sedangkan kita, belum melakukan sebagaimana yang mereka peroleh. Kita hanya fokus dari kesenangan yang mereka dapat tapi kita tak pernah perduli dengan usaha keras yang mereka lakukan untuk mendapatkan kesenangan itu.

Orang optimis tidak melulu mendamba kesenangan yang orang lain alami, Kesenangan yang memang pantas untuknya. Sedangkan kesenangan kita, kita harus mencari dengan usaha kita sendiri. Karena kebahagian yang paling hakiki adalah kebahagiaan yang kita capai dengan usaha sendiri, bukan dari hasil pemberian orang lain. Seperti contoh bahagianya gaji pertama sebuah pekerjaan pertama kita, hasil dari usaha keras kita itu jauh berharga dari pada pemberian orang tua meskipun itu besar jumlahnya.
Baca Beginilah Seharusnya Menyikapi Masa Lalu Yang Terus Membayang

5. Lakukanlah Sekarang, Jangan Menunggu Nanti Hingga Bisikan Setan Semakin Membebani

lakukanlah sekrang, Percayalah hal baik akan selalu mengikuti disetiap hati yang optimis untuk melangkah pasti

Orang yang optimis tidak mengatakan ini tidak mungkin terjadi. Akan tetapi mengatakan bagaimana ini bisa terjadi? Dengan melakukan hal-hal yang memungkinkannya terjadi. Lalu bergerak, praktik dengan apapun yang ia bisa lakukan. Orang optimis, tidak bertanya mengapa sesuatu yang buruk terjadi, tapi mengerahkan diri untuk melakukan hal baik yang ia bisa lakukan untuk keluar dari hal buruk tersebut.

Kadang kala kita terlalu menimbang-nimbang seberapa buruk langkah kedepan, seberapa banyak resiko yang akan kita hadapi di ujung jalan. Tapi kelamaan berpikir, justru akan melemahkan hati kita untuk melangkah.

Seperti disaat mau menyatakan cinta pada seorang sahabat, jika kita memang suka dan ingin tulus mencintainya, ungkapkan saja sebisanya dan sejujurnya. Justru kalau kelamaan mikir, Anda bisa mengalami banyak tekanan, dari takutnya persahabatan jadi renggang, bagaimana kalau ditolak itu sakit, dan ketakutan-ketakutan lainnya.

Akan jauh lebih baik kalau kita tetap optimis untuk menyatakan perasaan kita secepatnya, biarlah resiko yang terjadi kita hadapi nanti. Karena apapun yang kita lakukan, entah dilakukan sekarang atau nunggu beberapa hari berikutnya, semua itu tetap ada resiko.

Yang terbaik adalah tetap melangkah maju dan berani bertanggung jawab untuk semua hal buruk yang terjadi. Percayalah hal baik akan selalu mengikuti disetiap hati yang optimis untuk melangkah pasti. 
Baca 10 Tip Yang Menjadikanmu Menjadi Lebih Menarik Dan Disukai Banyak Orang

6. Cobalah Baca Artikel Inspiratif Dari Tokoh-tokoh Terkenal Yang Sukses

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya bahwa “Kata-kata” adalah sihir yang unik. Dengan membaca artikel atau catatan-catatan yang positif secara rutin, kan sangat bagus untuk memberi energi-energi positif dalam tubuh kita.

Dengan mendengar pengalaman orang-orang yang sukses di dunia, kita bisa mempelajari bagaimana kisah hidupnya, bagaimana kisah perjuangan mereka menghadapi kesulitan dan kepelikkan hidup. Mereka bergerak dari kesusahan dan ujian hidup. Tapi, mereka berhasil membuktikan pada dunia dengan menjadikan dirinya sukses.

Dengan begitu kata-kata inspiratif dan cerita-cerita pengalaman menarik dari orang-orang sukses tersebut akan tertanam dengan kuat dipola pikir kita dan menjadikan kita semakin optimis menjalani kehidupan.

7. Jadilah Baik dan Optimis Dengan Hati Yang Bersih

Kita boleh optimis dengan rencana yang kita buat, kita yakin dan terus bersemangat untuk mencapai goal dari apa yang sudah kita rencanakan. Tapi ketahuilah bahwa Allah Subhanahu wata’ala adalah sebaik-baiknya sutradara dan produsernya. Kita sebagai manusia hanya sebagai aktor didalamnya.

Jadi tetap semangat jalani hari-hari dan tetaplah baik untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut. Jangan pernah mengotori hati dengan berbuat curang dan hal buruk lainnya, jujurlah dalam menghadapi semua tantangan kehidupan. Karena dengan kebersihan hati, rasa optimis dan kepercayaan diri akan tumbuh dengan kuat.
Baca Jika Anda Sering Marah Tanpa Alasan, Mungkin 7 Alasan Ini Penyebabnya
Ingatlah, segala sesuatu datangnya dari Allah, kembalikan juga kepada Allah. Maka, berdoalah, setelah berusaha sekuat tenaga, sabar, jatuh bangun, tanpa mengeluh. Apabila belum menemukan titik ujungnya dari usaha yang penuh pengorbanan, berdoalah kepada Allah dan tetaplah optimis dan percaya bahwa setiap masalah pasti akan ada jalan keluarnya. Dengan begitu Anda akan menjadi pribadi optimis yang baik dan tangguh.


Demikian 7 tips untuk membangun pribadi yang optimis. Kini, sudah waktunya untuk melakukan hal-hal kecil, meneruskan berproses, dan fokus ke masa kini. Memikirkan dan menjalankan target-target bukan hanya teori. Menyusun aksi-aksi untuk merealisasikannya. Perlahan-lahan, sedikit demi sedikit, dari waktu ke waktu, hingga akhirnya tujuan, tercapai seiring bergulirnya waktu. Semoga tetap optimis


Pandaan, 09 Oktober 2017
Dewi’Na Irawan

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 

Perihal Diri Copyright © 2013 Minima Template
Designed by BTDesigner · Powered by Blogger