Wednesday, 6 September 2017

7 Tip Menjaga Kesegaran Kamar Tidur Tetap Terjaga Dan Tidak Berbau

Menjaga Kesegaran Kamar - Siapa sih yang tidak menyukai mempunyai kamar tidur yang bersih dan segar, kamar yang segar akan meningkatkan kenyamanan saat tidur maupun sekedar merebahkan badan.

Termasuk saya juga sangat senang dengan keadaan kamar yang bersih dan segar, saya sendiri juga merasa risih saat melihat kamar yang berantakan dan tidak tertata rapi. Mempunyai anak-anak yang masih kecil, sudah hal biasa melihat keadaan rumah bagaikan kapal pecah, terlebih lagi keadaan dalam kamar anak-anak.

Anak saya yang masih mengompol saat tidur, tiap pagi disaat membangunkan anak, bau air kencing anak menyebar keseluruh ruang kamar tersebut. Dan karena hal tersebut, bau kamar membuat rasa tidak nyaman untuk berlama-lama disana.

Nah, kali ini saya ingin membagikan Tip Menjaga Kesegaran Kamar Tidur Tetap Terjaga Dan Tidak Berbau agar kita senantiasa nyaman berada dalam kamar tersebut.

1. Rajinlah Membersihkan Dan Merapikan Kamar Tiap Hari

Seperti keadaan kamar anak saya itu, saya selalu mengambil selimut bekas ompol anak saya ketempat cucian sesegera mungkin. Saya juga merapikan tempat tidurnya kembali, dari menata bantal dan menyisihkan bantal atau guling yang terkena air kencing tersebut.

Setiap pagi dan sore, saya juga menyapu dan membersihkan setiap ruangan kamar tidur yang ada dirumah, dan tak lupa 2-3 hari sekali saya juga mengepel lantai kamar biar tambah bersih. Tujuannya sih agar terlihat bersih, karena saya percaya bahwa kamar yang bersih akan menghilangkan bau tak sedap dalam kamar. 
Source image by Stocksnap.io


2. Tidak Menimbun Pakaian Kotor Di Gantungan

Banyaknya timbunan pakaian yang sudah dipakai dan sudah bercampur bau keringat juga penyebab bau kamar tidak sedap. Apalagi kalau di gantung digantungan dalam kamar, selain menimbulkan bau, juga menjadi sarang nyamuk.

Saya jarang menimbun banyak pakaian tergantung di gantungan, saya lebih suka memakai pakaian satu kali dan mencucinya besoknya. Dan dengan mengurangi sedikit pakaian yang sudah dipakai di gantungan kamar, akan membuat kamar lebih fresh dan tidak berbau.

3. Usahakan Kamar Bebas Dari Asap Rokok

Jangankan kamar tidur, ruangan tamu yang sudah tercemar asap rokokpun, bau rokoknya akan susah hilang. Apalagi kalau merokoknya berada dikamar tidur.

Saya selalu melarang suami untuk merokok dalam kamar, tapi emang pada dasarnya suami tak pernah merokok dalam rumah apalagi dalam kamar. Dia lebih suka merokok di luar rumah dan itupun saat berkumpul dengan teman-teman perokoknya. Suamiku emang elegan saat merokok, hehehe :)

4. Tidak Makan Didalam Kamar

Saya selalu memarahi suami saat dia makan didalam kamar, entah itu sebuah camilan atau makan nasi. Saya tidak suka kalau kamar yang sudah saya tata rapi dan sudah saya bersihkan, harus berceceran sisa snack atau nasi yang jatuh.

Lagian, dengan makan dikamar, membuat bau ruangan juga tercemar dengan bau makanan itu, terlebih lagi juga bisa mendatangkan hewan yang tidak menyenangkan seperti semut dan kecoa. Kan tidak menyenangkan kalau kita pas tidur ditemani kecoa dan semut.
Source image by Stocksnap.io


5. Selalu Sediakan Tempat Sampah Di Dalam Kamar

Tidak ada salahnya menaruh tempat sampah kecil di dalam kamar, bukan berarti dengan meletakkan tempat sampah, kita berarti membolehkan anggota keluarga bisa makan didalam kamar. Tapi bisa saja ada sobekan kertas atau hal lainnya yang bisa langsung dibuat ketempat sampah, dari pada berserakan di dalam kamar.

Seperti tisu yang biasa saya pakai saat sedang galau dan nangis, atau bisa saja saat pilek dan flu melanda. Dengan adanya tempat sampah dalam kamar, tidak ada lagi sisa tisu dan sampah lainnya yang berserakan diruangan kamar tercinta, semua sudah masuk kedalam tempatnya.

6. Selalu Jaga Ventilasi Udara Dalam Kamar

Seperti yang saya ceritakan di awal, bahwa kamar anak saya bau tidak sedap saat bangun pagi. Selain bau air kencing, juga bau keringat yang menempel di bantal. Dan saya selalu membuka jendela kamar saat membangunkan anak-anak saya.

Begitu juga dengan kamar yang lainnya, meskipun diatas jendela sudah terdapat ventilasi udara, tetap akan lebih baik jika jendela dibuka lebar biar udara dalam kamar lebih cepat tergantikan dengan udara yang baru dan segar dari luar.
Source image by Stocksnap.io


7. Pakai Pengharum Ruangan Alami

Meskipun terdapat banyak pengharum ruangan yang sekali semprot bisa mengharumkan ruangan ataupun dengan pengharum ruangan otomatis yang bisa menyemprotkan secara berkala sesuai pengaturan waktu yang sudah ditetapkan.

Tapi saya menyukai pengharum ruangan alami dari bunga yang saya rawat dan saya letakkan di dalam kamar. Atupun dari aroma terapi lilin wangi yang biasanya saya beli dari teman saya yang jual.


Yah begitulah 7 Tip Menjaga Kesegaran Kamar Tidur Tetap Terjaga Dan Tidak Berbau yang biasa saya lakukan di keseharian saya, mungkin bagi kawan-kawan yang mempunyai tips lain bisa dishare di kolom komentar. Terima kasih


Pandaan, 06 September 2017
Dewi’Na Irawan

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 

Perihal Diri Copyright © 2013 Minima Template
Designed by BTDesigner · Powered by Blogger