Friday, 1 September 2017

Tips Melatih Konsistensi Menulis Bagi Blogger Pemula, Dan Harus Di Coba!!

Melatih Konsistensi Menulis. Mungkin bagi penulis/Bloger pemula seperti Saya dan Anda, sering sekali kita mengalami kesulitan dalam menjaga konsistensi dalam menulis. Entah itu karena kita memang tidak mendapatkan suatu ide maupun gagasan untuk dimuat dalam sebuah tulisan. Hal seperti ini dalam dunia Blogger disebut Writer Block.

Banyak penulis yang jam terbangnya tinggi juga mengalaminya, apalagi saya dan Anda yang hitungannya masih sangat minim pengalaman dan masih hijau dalam dunia Blogger ini.

Disaat awal saya membuat blog, saya juga pernah mengalami writer block ini, bahkan dalam rentang waktu yang lumayan lama tidak bisa menghadirkan satu post pun dalam blog ini.

Alasanya cukup simple, karena MALAS yang berkelanjutan.

Tapi setelah saya selidiki, ada beberapa faktor masalah yang mempengaruhi seorang bloger dalam menjaga konsistensinya dan kebanyakan pemula akan mengalami masalah-masalah seperti ini.

Masalah-masalah yang sering dialami oleh para bloger pemula dalam menjaga konsistensi:

1. Susahnya Mencari Ide/gagasan Untuk Membuat Sebuah Artikel.

Masalah-masalah yang sering dialami oleh para bloger pemula dalam menjaga konsistensi:

Biasanya seorang blogger pemula seperti saya akan kebingungan saat harus memulai dari mana saya harus menulis, tentang ide cerita, cara merangkai kata dan menjadikannya sebuah artikel yang sedap dibaca

Sering sekali para bloger pemula mencoba untuk menulis sesuai tema yang diangkat, begitu juga mencoba menulis dengan ide dan karyanya sendiri. Sebenarnya hal tersebut itu bagus, dengan membuat konten yang lebih original.

Tapi permasalahannya, sampai kapan kita bisa menulis dengan tingkatan original diseluruh artikel yang kita buat. Itu susah sekali.

2. Terbenturnya Waktu Ngeblog Dan Kesibukan Dunia Nyata.

Untuk bisa menjadi penulis bloger yang baik, kita juga harus bisa mengatur waktu dengan baik. Mengatur agar waktu untuk kehidupan nyata dan konsistensi menulis tidak terganggu.

Umumnya, bagi pemula, mengatur waktu bukanlah sesuatu yang mudah, apalagi kalau kita adalah seorang ibu rumah tangga. Tidaklah mudah untuk mengatur antara waktu menulis dan juga waktu untuk kewajiban kita sebagai ibu rumah tangga.

Karena terbenturnya antara kehidupan nyata dan hobby menulis kita ini yang pada akhirnya mengorbankan hobby ketimbang harus pekerjaan rumah berantakan. Dan di endingnya kita jadi semakin malas untuk kembali ketitik awal bernama konsisten.

3. Blog Sepi Dan Hasrat Menulis Menurun

Namanya juga pemula yang baru mencoba terjun didunia blogging, jadi tahapan sepi pengunjung itu sudah pasti terjadi. Bahkan saya sendiri yang sudah satu tahunan menulis disini, masih saja traffick ke blog tidak begitu signifikan. Tapi tetep harus disyukuri :D.

Dan kebanyakan bloger pemula akan merasa bosan melihat trafick ke blog cukup sepi pengunjungnya, dan mereka memutuskan untuk berhenti menulis karena tidak ada apresiasi yang mau membaca artikel yang mereka buat.

Sangat wajar sih, karena sebagai seorang penulis di bloger, tujuan awal kita memang agar ada yang baca artikel yang kita buat bukan?.

Tapi semestinya kita sadar, bahwa memiliki blog yang banyak pengunjungnya, tidaklah semudah membalikkan tangan. Harus ada usaha yang sebanding untuk bisa mengenalkan blog serta terus mengisi konten yang berkualitas, sekiranya konten tersebut membuat orang untuk mengunjungi blog kita.

4. Hingga Akhirnya Malas Untuk Ngeblog

Malas disini adalah problem terbesar bagi seorang bloger. Jika ingin terus berkarya dan ingin mengembangkan blognya, mereka harus melawan rasa malas terlebih dahulu. Karena malas inilah penyebab yang mematikan ide kreatif seorang bloger.

Cukup banyak blogger pemula yang memutuskan untuk tidak meneruskan blognya lagi, Dan penyebabnya karena 4 masalah tersebut. Ada juga yang memutuskan hiatus untuk rentang waktu yang tidak di perkirakan untuk kembali, mungkin bisa jadi selamanya.

Terus bagaimana cara agar konsistensi menulis ini tetap terjaga?

Nah, berikut ini saya mempunyai tip yang pernah saya coba dalam melatih konsistensi menulis, terutama perihal mengatasi kebosanan dan kemalasan dalam menulis:

1. Kuatkan Kembali Visi Dan Misi Anda Saat Awal Membuat Blog

Kuatkan Kembali Visi Dan Misi Anda Saat Awal Membuat Blog
Untuk menjadi bloger yang konsisten dalam menulis, Anda harus menentukan tujuan Anda ngeblog itu untuk apa?

Menjadi blogger yang mempunyai pundi-pundi uang, atau blog yang mempunyai ribuan traffict per hari atau hanya sekedar ikut eksis dalam meramaikan dunia perblogeran.

Apapun tujuannya, harus ada visi dan misi yang jelas agar tetap bertahan. Dengan adanya visi dan misi tersebut, Anda akan mempunyai alasan kuat untuk terus berkarya dalam menulis di blog ini

2. Cari tau waktu yang tepat untuk meluangkan waktu di blog sekiranya tidak menganggu aktivitas dunia nyata.

Seperti yang saya katakan di awal tadi, bahwa mengatur waktu itu tidaklah mudah. Ngeblog yang kita hanya anggap sebagai sampingan atau sekedar mengisi waktu luang. Pasti akan lebih mudah untuk dikorbankan. Dan itu tidak salah.

Banyak blogger yang mengatakan bahwa mereka bermasalah dengan terbenturnya waktu antara ngeblog dan dunia nyata.

Jadi sebagai blogger yang baik. Kita harus membuat jadwal rutin untuk menulis. Tidak perlu tiap hari, jika dalam seminggu hanya bisa meluangkan satu hari saja, maka luangkan satu hari itu untuk menulis secara istiqomah. Lambat laun kita akan bisa memanage waktu dengan sendirinya.

3. Latihlah menulis setiap hari

Latihlah menulis setiap hari

Beginning is difficult. Semua akan sulit jika kita baru pertama kali mencobanya. Menulis juga sama, butuh latihan terus menerus.

Tips untuk menjadi penulis cuma ada 3 hal, yaitu menulis, menulis dan menulis.Tidak ada trik khusus untuk bisa lancar menulis, kecuali dengan belajar menulis itu sendiri.

Dengan terus melatih diri menulis, Anda akan bisa belajar untuk lebih kreatif. Dari Anda yang belajar bagaimana menjadi editor dari tulisan sendiri sembari menjadi pembaca, juga Anda bisa menyunting dan memperbaiki kiranya ada kata yang kurang mengena.

Pengalamanlah yang membuat Anda semakin lihai dalam menulis

4. Nikmati saja setiap moment yang terjadi

Dalam hal ini, saya mencoba menjelaskan masalah-masalah yang sering terjadi bagi bloggger pemula. Terutama poin 3 dan 4, yaitu tentang traffick blog yang sepi dan kemalasan dalam menulis.

Bagi bloger pemula, pasti akan sangat antusias di awal-wal membuat blog, saya juga merasakan hal demikian saat memulai membuat blog. Setiap hari mencoba membuat artikel yang menarik. Tapi, bagaimana setelah beberapa minggu atau beberapa bulan, kunjungan ke blognya tidak begitu banyak, bahkan sangat sepi.

Tentu hal ini akan menyusutkan gairah ngeblog yang sejak awal membara. Yang tadinya sangat semangat, kemudian kehilangan gairah untuk menulis gegara tidak ada penyemangat berupa kunjungan yang kurang signifikan.

Dan dari situ, kita mulai malas untuk update isi blog lagi, atau bahkan kita bisa melupakan pernah punya blog. Untuk mengatasi hal ini, perlu kita ingat kembali bagaimana visi dan misi kita sejak awal membuat blog. Dari mengingat itu, InsyaAllah kita akan bisa mengatasi dan melawan rasa malas dalam menulis.


Demikianlah Tips Melatih Konsistensi Dalam Menulis Bagi Bloger Pemula yang dibuat oleh seorang pemula juga. Tak apa biarpun yang membuat artikel ini seorang pemula, yang penting tetap eksis dan berbagi hal baik untuk semua. Dan semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan. :)

Pandaan, 30 Agustus 2017
Dewi'Na Irawan

Perihal Diri
Perihal Diri Updated at: 07:00:00
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 

Perihal Diri Copyright © 2016 Minima Template
Designed by BTDesigner · Powered by Blogger