Saturday, 23 September 2017

Panduan Lengkap Langkah-langkah Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan (JAMSOSTEK)

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan - Sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam UU Ketenagakerjaan, semua pekerja yang ada di Indonesia harus menggunakan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan untuk melindungi pekerja dari risiko terkait kesehatan, jaminan hari tua, dan segala manfaat yang tergantung dalam BPJS tersebut.

Selama ini pengalaman Saya sebagai karyawan, Saya hanya mengandalkan prin-out yang dikirimkan pihak BPJS Ketenagakerjaan ke perusahaan setiap tahunnya. Dan dari print-out itu, Saya baru bisa melihat rincian saldo JHT (Jaminan Hari Tua) yang tiap bulan saya bayarkan.

Nah di era teknologi sekarang, kita tak perlu menunggu lama untuk bisa mengetahui berapa sih saldo JHT kita. Atau kita tidak perlu repot-repot untuk antri lama di kantor BPJS Ketenagakerjaan hanya untuk mengecek saldo JHT.

Ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk mengecek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan dengan mudah. Yakni:

1. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Website Resmi BPJS Ketenagakerjaan

Jika Anda sering memakai internet di desktop tiap harinya, Anda bisa langsung cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dari web resminya di www.bpjsketenagakerjaan.go.id

Untuk login, Anda bisa memilih menu ELECTRONIC SERVICE di beranda website BPJS Ketenagakerjaan. Anda bisa login atau registrasi akun baru jika belum terdaftar.

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Website Resmi BPJS Ketenagakerjaan

2. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi BPJSTK Mobile Di Smartphone Anda

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi BPJSTK Mobile Di Smartphone Anda

Dizaman sekarang, masyarakat sudah lebih dari 50% yang mengunakan teknologi Smartphone untuk beraktivitas sehari-hari. Dengan smartphone, Anda bisa mengecek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan dengan mudah.

Caranya cukup mudah, Anda bisa install aplikasi BPJSTK Mobile ini di playstore atau Apps Store. Setelah itu Anda bisa daftar atau login kalau sudah punya account ID dan Pin untuk masuk ke account BPJS Ketenagakerjaan Anda.

Untuk pengguna Android bisa klik disini untuk install aplikasinya.
Baca juga : Cara Mencairkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek) 2017 di Pandaan Pasuruan

Langkah-langkah Registrasi Akun BPJS Ketenagakerjaan Melalui BPJSTK Mobile

1. Install aplikasi BPJSTK Mobile di smartphone Anda, jika sudah terinstall buka aplikasi tersebut. Pilih setuju dengan persyaratan yang di ajukan oleh aplikasi tersebut.

2. Jika belum pernah mendaftar sebelumnya, Pilih menu “Daftar Baru” 

Langkah-langkah Registrasi Akun BPJS Ketenagakerjaan Melalui BPJSTK Mobile

3. Masukan email aktif Anda, kemudia Anda akan mendapatkan email verifikasi berupa nomor unik dari BPJSTK mobile ke email yang Anda daftarkan tadi. Masukkan nomor verifikasi tersebut untuk melanjutkan proses registrasi. Anda juga akan di minta untuk memasukkan pin untuk login berupa angka maksimal 6 digit.

4. Setelah itu ada pertanyaan “Apakah Anda peserta BPJS Ketenagakerjaan dan memiliki nomor KPJ sesuai E-KTP?”. Pilih “Ya, Saya Peserta” jika Anda memang sudah memiliki kartu BPJS Ketenagakerjaan dari perusahan Anda bekerja.

Langkah-langkah Registrasi Akun BPJS Ketenagakerjaan Melalui BPJSTK Mobile

5. Langkah berikutnya Anda akan diminta untuk memasukkan nama sesuai KTP, Tanggal lahir sesuai KTP, dan Nomor KTP Anda beserta Nomor KPJ. Dan terakhir adalah verifikasi nomor handphone aktif Anda

7. Nah seperti ini tampilan Akun BPJSTK Mobile punya Suami saya.

Langkah-langkah Registrasi Akun BPJS Ketenagakerjaan Melalui BPJSTK Mobile

Anda bisa cek saldo JHT dengan memilih pilihan “Cek Saldo JHT”. Anda terlebih dahulu harus memasukkan pin yang tadi dimasukkan disaat daftar. Dan Taraaaaa... Saldo JHT suami saya masih segini, hihihihi :D

Langkah-langkah Registrasi Akun BPJS Ketenagakerjaan Melalui BPJSTK Mobile

Yah demikian langkah-langkah mudah untuk cek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan. Cara ini bisa dicoba untuk kepo seberapa banyak jaminan hari tua suami Anda selama bekerja. Semoga bermanfaat :D




Pandaan, 23 September 2017
Dewi'Na Irawan

Perihal Diri
Perihal Diri Updated at: 04:14:00
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 

Perihal Diri Copyright © 2016 Minima Template
Designed by BTDesigner · Powered by Blogger