Thursday, 26 January 2017

Menulis Di Blog Itu Tidaklah Mudah, Perlu Latihan Biar Tetap Konsisten

Menulis di blog itu gampang-gampang susah, Tak semudah kelihatannya. Walaupun isi dari blog itu hanya sekedar catatan pemilik blog (Diary) saja, tapi tetap saja butuh latihan dan dilakukan terus menerus agar tetap konsisten.

Faktanya, banyak orang yang mencoba ingin menulis di sebuah blog, tapi dari sekian banyak itu, hanya menyisahkan beberapa yang tetap konsisten berkarya di blog. Ini menandakan bahwa menulis di blog itu tidak lah mudah.

menulis di blog
Melatih Diri Menulis Di Blog
Banyak alasan mengapa sebagian orang tersebut akhirnya memutuskan untuk berhenti menulis di Blog. Alasan yang paling masuk akal adalah karena malas.
Baca juga : Bagimana agar kita tetap termotivasi dalam menulis
Hal ini sangat bertolak belakang dengan saat memulai pertama membuat sebuah Blog, saat kita mulai menerka-nerka apa yang bisa saya lakukan untuk blog ini, juga harapan kedepan dengan menulis di Blog ini, yang membuat kita mengebu-ngebu untuk tetap berkarya di dunia Blogger. Kenyataanlah yang membuat si pemilik Blog ini berhenti menulis lagi karena banyak hal, salah satunya ya malas itu.

Malas karena tidak ada pengunjung yang konsisten mengunjungi blognya, malas karena tidak menghasilkan apa-apa, dan malas karena tidak mendapat ide apa yang harus di tulis di Blog.

Menurut Thomas Alfa Edison, bakat berpengaruh 1% sedangkan 99% karena latihan alias kerja keras

Menulis juga sama, menulis itu 1% bakat dan 99% latihan, Tak ada seorang penulispun yang tiba-tiba menciptakan karya besar tanpa mendapat kegagalan terlebih dahulu. Mereka yang sukses, merupakan orang yang terus mengulang dan bekerja keras dengan memperbaiki kegagalannya menjadi sebuah karya besar.

Tengok saja tulisannya bang Raditya Dika (radityadika.com) saat awal menulis di Blog tahun 2007. Tulisannya nyambung jadi satu tanpa ada ganti paragraf. Penulis terkenalpun tetap butuh latihan secara konsisten untuk mendapat karya yang besar.

Jadi bukan masalah dia mempunyai bakat menulis atau tidak?, yang mampu bertahan di dunia Blogger. Tapi dia yang konsisten dan mengasah kemampuan menulisnya dengan latihan secara terus menerus yang membuat dia tetap bertahan hingga sekarang. Baca juga tentang 4 hal yang harus diputus kan saat memulai membuat Blog baru agar tetap konsisten.

Terus sebagai penulis Bloger pemula, apa yang harus kita lakukan agar tetap berkarya di dunia Blogger ini?

Pertama, yang kita harus lakukan adalah membulatkan tekat dengan menetapkan tujuan sebenarnya kita membuat sebuah blog ini. Dengan tujuan yang tepat, kita bisa memantapkan hati untuk mengapai semua tujuan kita dengan membuat blog tersebut.

Kedua, dengan latihan dan mengasah kemauan menulis itu secara konsisten, agar kita tetap bertahan dengan memunculkan ide-ide yang brilian. Karena menulis di Blog itu bukan tentang kita bisa menulis apa tidak, bukan tentang kita punya ide apa tidak. Tapi tentang menulis artikel yang enak dibaca dan bermanfaat bukan hanya untuk kita, tapi untuk pembaca diluar sana.

Jumlah pengunjung yang datang sangat mempengaruhi konsistensi kita dalam menulis di blog ini, karena dengan dorongan mereka berupa komentar dan saran sebagai apresiasi ketertarikan mereka terhadap artikel yang kita tulis. Merupakan motivasi tersendiri terhadap kita.

Terus latihan seperti apa agar selain kita tetap konsisten, juga apa yang kita tulis ini menjadi menarik untuk di baca?

Banyak hal sih, untuk bisa dibuat sebagai latihan dalam menulis di blog. Berikut Sedikit banyak yang saya pelajari dan yang saya lakukan sebagai latihan dalam menulis di Blog ini:
Baca : Apa Yang Harus Saya Tulis Sebagai Pemula Dalam Dunia Blogger?

Tulis Ulang Apapun Yang Anda Baca Dengan Gaya Bahasa Sendiri

Tak semua artikel yang viral merupakan ide perseorangan, ada juga yang mengambil ide artikel dengan menulis ulang dengan tata bahasa kita sendiri. Dan itu diperbolehkan. Tidak gampang membuat ide artikel terkecuali kita pernah mengalaminya sebelumnya, seperti pengalaman, perjalanan dan trik yang kita lakukan saat melakukan sesuatu.

Yang tidak diperbolehkan itu dengan copy-paste tanpa seizin pemilik blog, apalagi tanpa mencamtumkan alamat url yang bersangkutan. Itu Plagiat dan di kecam oleh banyak pihak.

Lebih baik, bacalah tentang sesuatu di sebuah buku. Pahami dan cermati apa yang dibahas dan di maksudkan di buku tersebut. Setelah itu tulis ulang dengan gaya bahasa sendiri kalau perlu dengan menambah sudut pandang kita terhadap artikel yang kita unggah.

Menulis ulang seperti ini, merupakan latihan yang bagus untuk menemukan gaya menulis di blog, kita tak perlu repot-repot memikirkan sebuah ide, hanya kita menjabarkan artikel yang pernah kita baca dengan sudut pandang kita. Tak masalah kita menulis dengan sudut bertolak belakang dengan artikel yang kita baca, justru itu lebih bagus dan menghasilkan karya yang lebih original.

Iseng Menulis Buku Diary

Saya membuat blog ini juga sebagai ganti buku diary saya. Dulu saat masih single, saya lebih suka menulis di buku harian. Semenjak sudah menikah, dan ada netbook yang menganggur, akhirnya saya mencoba untuk menulis di blog ini.

Membuat blog ini juga bukan pertama kali buat saya, ini blog kedua saya yang saya khususkan untuk artikel yang murni tulisan saya,. Di blog sebelumnya hanya kebanyakan berisi tentang catatan kuliah saya dan share artikel yang menurut saya bagus untuk disharekan.

Membuat diary, merupakan latihan yang terbaik untuk melatih konsistensi menulis, dengan adanya buku harian, kita mencoba menulis apapun yang terjadi satu hari ini. Entah itu penting atau tidak, yang penting ada sebuah judul dan isi tulisan dalam lembaran buku harian.

Membuat Riview Novel Atau Film Yang Anda Tonton

Jika Anda hobi membaca novel/menonton film drama atau film lainnya. Cobalah untuk menulis ulang isi dari novel/film tersebut ke dalam sebuah tulisan versi Anda. Banyak kok bloger yang melakukan riview seperti itu.

Kalau saya sendiri, sebenarnya pengen juga ngeriview Novel, cuma memang tidak ada waktu kosong untuk membaca selagi anak masih kecil dan tidak mau di tinggal. Munngkin lain kali saya ingin mencoba meriview film drama korea yang saya tonton :D

Menulis Sebuah Kejadian Terhangat Yang Terjadi Disekitar Anda

Mencari ide tulisan itu tidak perlu jauh-jauh, cukup tengok di sekitar kita, mungkin kita akan menemukan banyak yang bisa kita tulis untuk blog kita.

Seperti artikel “Menunggu itu tak selamanya membosankan”. Artikel tersebut saya tulis saat saya berada dalam sebuah Bank, menunggu antrian. Juga tentang artikel “Mengembangkan Potensi Untuk Belajar Dari Hal Yang Disukainya”. Itu juga saya menulis ketika melihat video anak saya yang di rekam oleh suami saya.

Menulis hal apa saja di sekitaran kita merupakan latihan menulis yang baik, selain kita tak perlu memikirkan banyak referensi yang ada, cukup dengan apa yang kita lihat dan bagaimana kita menuliskan sesuatu itu menurut sudut pandang kita.

Menulis Tentang Diri Sendiri

Hal ini sama dengan diary, menulis tentang diri sendiri, entah itu perjalanan yang kita lakukan maupun kesialan yang terjadi pada kita di hari itu. Seharusnya menulis dengan judul seperti ini, sangat mudah kita lakukan. Kita cukup membayangkan dan me-reka ulang kejadian yang sudah terjadi, dan menulis secara bertahap proses kejadiannya.

****** 

Setelah mencoba melakukan latihan yang saya jabarkan diatas, cobalah untuk melakukan latihan tersebut secara continue. Sedikit demi sedikit, kita akan menemukan gaya menulis kita sendiri dalam menulis sebuah artikel, juga bagaimana membuat artikel tersebut menarik dan enak untuk dibaca oleh khalayak ramai.

Sekian tips menulis untuk kali ini, semoga bisa bermanfaat ^_^

Pandaan, 26.01.2017
Dewi'Na Irawan

Share this article :

1 komentar:

  1. Sedang belajar membisakan aktif mengisi blog dengan artikel original setiap hari. Berat sih, tapi tetap saja belajar..

    ReplyDelete

 

Perihal Diri Copyright © 2013 Minima Template
Designed by BTDesigner · Powered by Blogger