Thursday, 12 January 2017

Cara Agar Mendapat Banyak Komentar di Blog Dengan Mudah

Cara Agar Mendapat Banyak Komentar di Blog, Pernah saya bahas sebelumnya bagaimana pentingnya sebuah komentar untuk sebuah blog. Komentar dalam sebuah blog apalagi bagi blogger pemula merupakan asupan semangat yang bisa menggugah diri untuk tetap berkarya di dunia blogger ini. 

Sebuah blog yang terdapat banyak komentar didalamnya menunjukkan bahwa blog tersebut ramai dikunjungi banyak orang. Juga, komentar berarti para pengunjungnya senantiasa membaca isi blog dengan seksama, baru pengunjung itu memberi apresiasi berupa komentar di penghujung artikelnya.

Mendapat ribuan komentar di blog
Cara Mendapat komentar di Blog
Bagaimana agar mendapat banyak komentar?

Bagi blog baru seperti saya, tidak mudah untuk bisa mendapatkan banyak komentar, Apalagi di blogger blogspot. berbeda dengan di blog gratis sebelah yaitu wordpress yang memberikan kenyamanan pada pengunanya untuk bisa menjalin hubungan antar blog dengan baik karena terdapat kemudahan untuk follow back dan berkomentar dengan adanya sistem notifikasi mobile bagi pengguna Android.

Mendapatkan satu komentar saja di blog blogspot.com itu sungguh apresiasi yang sangat membangun. Karena pengguna blogger tidak semudah blogwalking seperti di wordpress.

Jadi jangan berkecil hati saat blog Anda tidak banyak dikunjungi banyak orang, juga tidak ada satupun komentar yang masuk di setiap artikel yang Anda buat. Tetaplah berkarya hingga Anda bisa menemukan ritme menulis yang baik dan banyaknya kunjungan mengingat jumlah postingan sudah mulai banyak.

Selain dari jumlah postingan, Anda harus tau konten atau artikel seperti apa yang bisa mendatangkan banyak pengunjung dan komentar?. Dibawah ini Saya ingin memaparkan beberapa tips Bagaimana membuat blog pemula mendapat banyak komentar dengan mudah?

Jadilah Terkenal

Pernahkah Anda melihat account IG seorang bintang film, walau hanya dengan foto yang tidak penting saja, banyak followernya yang memberi komentarnya di foto tersebut. Seperti Syahrini, hanya dengan jalan dan mengucap "maju-maju cantik" bisa viral segitunya.

Jadi terkenal merupakan cara termudah agar mendapat banyak kunjungan dan komentar dari pengunjungnya.

Bagaimana bisa terkenal, Anda hanya manusia dengan kehidupan yang biasa?

Blogger yang terkenal tidak harus seorang artis, tapi dengan kerja keras dan konsistensi yang membuat blog para pakar blogger ini menjadi terkenal.

Mereka juga sama, bukan seorang artis, mereka membangun blog mereka juga mulai dari nol, hingga sampai sekarang. Dan itu tidaklah mudah, perlu usaha dan kerja keras untuk bisa mencapai hal seperti itu.

Bagaimana cara agar blog kita menjadi terkenal dengan mudah?

Membangun Hubungan Antar Blog Dengan Baik

Jika Anda hanya seorang pemula dalam dunia blogger dan Anda juga bukan seorang entertainer?, maka hanya dengan membangun hubungan baik antar bloggerlah yang bisa membuat blog Anda dikenal.

Jika Anda sadar blog Anda tidak dikenal, maka yang harus kita lakukan adalah mengenalkan blog Anda kepada mereka para blogger lain bukan?.

Mengenalkannya dengan cara apa?

Ya tentunya dengan mengunjungi blog lain, dan sempatkan membaca satu artikelnya yang menarik dan berkomentar yang baik sesuai dengan artikel yang kita baca.

Gunakan kolom komentar Name/URL untuk bisa mengisi nama website Anda, agar suatu saat saat pemilik blog atau pengunjung lain melihat komentar baik Anda, mereka akan klik nama Anda yang membuat mereka berkunjung ke blog Anda.

Sempatkan Untuk Meninggalkan Komentar diBlog Lain

Sempatkan Untuk Meninggalkan Komentar diBlog Lain
Meninggalkan jejak

Meninggalkan jejak, begitulah kata keren di dunia blogger tentang komentar. Seperti yang saya paparkan sebelumnya, agar blog Anda bisa dikenal, Anda harus berusaha untuk memperkenalkan ke blog lain dengan cara berkomentar atau meninggalkan jejak di blog tersebut.

Perlu di ingat bahwa komentar Anda harus relevan dengan artikel yang bersangkutan, itulah etikat baik agar mereka juga akan penasaran dengan Anda.

Jangan berfokus meninggalkan jejak dengan menyebarkan komentar spam di blog, apalagi mengandung unsur mengenalkan blog Anda dengan paksa. Maksudnya selalu memberi sebuah link yang menuju blog Anda saat berkomentar. Itu sangat tidak diperlukan, yang kita perlu hanya dengan berkomentar yang baik dan gunakan Name/url dengan memasukkan nama blog Anda di pilihan saat berkomentar.

Share di Media Sosial

Share di media Sosial
Share di media Sosial

Media sosial merupakan wadah untuk bisa mendapatkan trafick kunjungan dengan mudah. Pengguna internet selalu akan berhubungan dengan media sosial, entah itu Facebook, IG, Twitter, Google plus dan lain sebagainya.

Jadi, selalu gunakan media sosial ini jika Anda menginginkan ada kunjungan pada blog Anda dengan instan. Lakukan saja dengan share di beranda Facebook Anda sendiri, atau nge-tweet ke Twitter. Jangan menyebarkan spam dengan mengirim tautan blog ke group group Facebook yang tidak ada sangkut pautnya dengan artikel Anda, atau dengan mengirimkan tautan blog ke message pengguna Facebook lainnya.

Seperti contoh, Anda mempunyai artikel dengan judul "keunggulan Handphone Asus Zen Phone". Anda bermaksud share ke media sosial Facebook lewat group yang ada. Jadi yang harus Anda lakukan adalah share di group seperti group jual beli Handphone, group riview handphone dan lain-lain.

Intinya carilah group yang didalamnya ada orang yang mencari informasi tentang artikel yang Anda buat. Jangan sampai Anda share artikel tentang Handphone ke sebuah group jual beli kucing. Hal tersebut bisa disebut spammer.

Jika memang ingin men-share artikel secara bebas, Anda bisa membuat sebuah group sendiri atau halaman Facebook sendiri yang bisa menampung artikel Anda sesuka hati.

Jadi gunakan media sosial Anda untuk share artikel atau konten Anda dengan bijak untuk menarik pengunjung yang memang membutuhkan artikel Anda.

Bergabung Dengan Komunitas Blogger

Join Komunitas Blogger
Bergabung dengan komunitas blogger
Bergabung dengan komunitas blogger merupakan cara ampuh dalam mengenalkan blog kita kepada banyak orang. Cara ini juga tak lepas dari media sosial juga.

Maksudnya gini, bergabunglah dengan komunitas di blogger, seperti saya yang gabung dengan komunitas blogger perempuan network. Saya bisa melakukan sharing artikel entah lewat beranda Facebook maupun Twitter, dan di ending kalimat share, saya memberi hastag yang mengarah ke komunitas tersebut. Hal tersebut cara instan agar promo yang kita lakukan lewat media sosial dilihat banyak orang.

Juga, usahakan selalu ikutan dalam event-event yang diselenggarakan oleh komunitas tersebut. Selain untuk menambah pengalaman menulis Anda, juga blog Anda akan dikenal oleh banyak orang lewat artikel tersebut. Dan untung-untungan jika Anda bisa memenangkan event tersebut, maka semakin banyak lagi yang akan mengunjungi blog Anda.

Ya begitulah tips dari saya tentang Bagaimana agar mendapat banyak komentar di blog. Sekiranya tulisan tersebut bisa bermanfaat bagi Anda, dan juga saya sangat senang jika Anda bisa memberi masukan maupun kritik untuk memperbaiki konten yang saya buat. Sekian dan terima kasih. ^_^

Pandaan, 12.01.17
Dewi Na Irawan

Perihal Diri
Perihal Diri Updated at: 12:55:00
Share this article :

10 komentar:

  1. kalau follower sudah banyak tiap update artikel baru pasti ramai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya begitu...
      sepertinya aku harus mengenalkan diri dulu kepada bloger yang lain..
      supaya dikenal dan semoga ada juga yang mau ngikutin blogku yang apalah ini.. makasih kunjungannya ya mbak^^

      Delete
  2. Kadang aku lupa share di medsos hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga tak selalu mbak, hanya postingan yang aku anggap layak aja yang aku share...
      Salam Kenal ya mbak ^_^

      Delete
  3. bermanfaat sekali ni,,,thanks

    ReplyDelete
  4. makasih masukannya ^^
    tapi tulisan ttg wordpress itu lebih mudah mengisikan kolom komentar itu agak kurang setuju.. buat pengguna non-wordpress, mau nulis komen di blog wordpress harus isi ini itu gitu trus kalo mo dinotif kalau2 si yang empunya blog bales komentar, aku harus masuk ke link mana dulu gitu buat nyenting gitu untuk subscribe komentarnya. Kadang suka bete gitu harus setting-setting segala~ :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksud saja bagi pengguna sesama wordpress mbak, soalnya dulu saya lumayan lama berada di platform wordpress dengan kemudahan komentar sesama platform

      Delete
    2. tapi blogger juga mudah kak untuk blog walking atau ini udah updatean yang sekarang ya?

      Delete
    3. saya belum tau, seingat saya pernah install aplikasi blogger di gadget, tampilannya hanya untuk menulis saja, tidak ada fitur blogwalking gitu

      Delete
    4. oh untuk gadget aku ga nyoba si. cuma pernah install bentar tapi diuninstall lagi karena lebih nyaman nulis blog pakai laptop :p
      kalau di laptop, ada sih fitur blogwalkingnya..tapi emang masih ga bagus-bagus amat blogwalkingnya uhuhuhu

      Delete

 

Perihal Diri Copyright © 2016 Minima Template
Designed by BTDesigner · Powered by Blogger