Tuesday, 10 January 2017

Bagaimana Cara Agar Kita Tetap Termotivasi Untuk Terus Menulis Di Blogger

Memotivasi Diri Untuk Tetap Menulis, Menulis itu gampang-gampang susah, sejak sekolah dasar kita sudah diajarkan untuk menulis dan mengarang sebuah cerita. Hanya saja, menulis disitu hanya sekedar bagaimana kita mengarang sebuah cerita tanpa perlu tahu tulisan tersebut bagus atau tidak.

Bagi pemula seperti saya, menulis itu cukup mudah, yang susah itu bagaimana agar orang lain mau membaca apa yang kita tulis. Memang dari awal kita hanya sekedar coret-coret isi blog dengan tulisan harian kita, entah itu kata puitis, puisi maupun curhatan. Tapi, meskipun begitu, bukankah ketika ada yang kritik atau komen di blog kita, sejujurnya kita akan merasa senang?

menulis itu gampang gampang susah
Motivasi Menulis
Alasannya, Pertama, selain blog kita ada yang mengunjungi, ada suatu apresiasi dari pengunjung yang merasa tertarik untuk berkomentar di blog kita. Kedua, tentunya pengunjung yang berkomentar, pasti membaca isi artikel terlebih dahulu, baru berkomentar. Ketiga, adanya umpan balik seperti itu yang membuat kita senang dan bersemangat untuk bisa mendapatkan apresasi dari pengunjung lagi.

Nah, dari situ kita sudah mendapatka point kenapa kita harus terus menulis.
Berikut saya paparkan beberapa tips Bagaimana cara Agar kita termotivasi untuk terus menulis.

Semua itu Berawal Dari Nol

Tak ada kesuksesan yang instan di dunia ini, perlu waktu dan kerja keras. Sama dengan membangun blog, butuh waktu bertahun-tahun dan kerja keras dengan share artikel dan memperkenalkan blog kita agar blog kita bisa dikenal banyak orang.

Bahkan untuk blog yang sudah terkenal, pada awalnya tidak banyak pengunjung di blog tersebut. Juga tulisannya juga tidak sebagus sekarang. Tapi lambat laun, dengan proses belajar dan terus berkarya, hingga sekarang tiap hari pengunjungnya sudah puluhan ribu.

Jadi jangan berkecil hati jika blog Anda masih belum di lirik orang, jangan sedih ketika tulisan Anda masih jauh dari kata bagus dalam sudut pandang orang lain. Semua itu tidaklah instan, Anda butuh kerja keras dan tetap konsisten untuk belajar lebih baik lagi. Mungkin suatu saat, Anda akan lebih mahir dalam menulis sebuah konten yang menarik untuk dibaca orang lain.

Tampilan Blog Yang Menarik Memotivasi Diri Untuk Tetap Menulis

tampilan dan statistik blog yang dapat memotivasi untuk tetap menulis
Tampilan Blog harus semenarik mungkin
Blog dengan tampilan yang menarik akan membuat pengunjung betah untuk singgah, tapi juga harus diimbangi dengan konten yang baik dan menarik pula. Sama halnya dengan para pengunjung, kita sendiri akan termotivasi ketika kita melihat tampilan blog kita sendiri terlihat rapi dan indah dipandang.

Gambarannya seperti kamar tidur pribadi. Jika kamar Anda berantakan pasti Anda juga akan malas untuk tidur disitu. Jadi perlu sekali Anda menata tamplate blog dan widget sesuai keinginan kita, dan tentunya terlihat menarik untuk orang lain.

Tentunya, dengan berkunjung ke bebrapa situs terkenal, kita akan mendapat referensi bagaimana membuat tampilan blog lebih cantik dan menarik.

Statistik, Komentar Dan Follower Penggugah Minat Untuk Tetap Menulis

Seperti yang saya jelaskan diatas bahwa apresiasi pengunjung merupakan poin penting dalam mengugah semangat kita dalam menulis. Statistik blog yang stagnan, tak adanya umpan balik atau komentar juga konten yang kita buat jarang dicari oleh kebanyakan orang. Pasti hal itu yang membuat kita merasa bosan dengan aktifitas nge-blog.

Sebagian bloger mungkin tidak menyadari hal tersebut, tapi itu kebenarannya.

Bandingkan dengan semangat Anda saat pertama kali membuat blog. Pikiran anda dipenuhi banyak harapan tentang blog ini. Anda ingin konten yang Anda angkat bisa dibaca para pengunjung, Anda ingin mendapatkan kritik dan saran agar Anda bisa tau bagaimana kualitas tulisan anda menurut sudut pandang mereka. Atau Anda sangat berharap untuk bisa menghasilkan uang dari blog.
Baca juga : Apa tujuan Anda Menulis di blog dan Apa keuntungannya                 4 Hal yang perlu diputuskan sebelum membuat sebuah blog baru
Tapi setelah melihat statistik dan tidak ada komentar yang masuk, Anda mulai meragukan diri sendiri dan mulai malas untuk mengupdate artikel diblog Anda. Anda tidak termotivasi lagi dan merasa bahwa semua yang Anda lakukan ini sia-sia. Harapan Anda hilang dan Anda mulai malas menulis, yang pada akhirnya Anda memilih untuk berhenti ngeblog lagi.

Yah begitulah fenomena yang terjadi bagi pemula dalam dunia bloger, bisa terlihat dengan banyaknya blog-blog yang mulai tidak ter-urus bertahun-tahun yang berserakan di dunia maya ini.

Maka dari itu belajar SEO sangat perlu dilakukan untuk bisa mendapatkan statistik yang baik. Ada banyak website yang bisa digunakan untuk belajar secara gratis bagaimana meningkatkan trafick blog meningkat dengan SEO. Saya merekomendasikan panduanim.com, selain bahasanya sangat enak di baca, juga konten-kontennya sangat menarik dengan berbagai riset yang sudah teruji.

Menjalin Hubungan Baik Dengan Bloger Lain Agar Tidak Jenuh

Menjalin hubungan dengan blogger lain itu sangat perlu dilakukan, selain Anda bisa melihat dan belajar bagaimana blog lain memaparkan kontennya juga Anda bisa berkomen ria di blog mereka.

Alasanya, dengan memberi jejak berupa komentar di blog orang lain, tentunya dengan komentar yang baik sesuai konten yang diangkatnya. Hal tersebut bisa membuat si pemilik blog itu melakukan feedback dengan mengunjungi blog Anda lewat komentar yang Anda tinggalkan.

Tidak hanya sipemilik blog, orang lain yang sedang berkunjung ke blog mereka juga ada kemungkinan untuk melakukan hal yang sama seperti pemilik blog, dengan meng klik komentar yang Anda tinggalkan dan berujung mengunjungi blog Anda.

Selain itu dengan saling berkomentar dan saling berhubungan baik sesama blogger, Anda tidak akan merasa jenuh dan Anda akan termotivasi untuk terus menulis di blog Anda.

Ikut Event Atau GiveAway Untuk Tantangan Memotivasi Diri Untuk Menulis

mengikuti event dan giveaway
Event dan Giveaway
Mengikuti Event atau Giveaway yang diselenggarakan blog lain merupakan cara yang cukup manjur untuk memotivasi diri dalam menulis. Selain event tersebut merupakan ajang membuktikan diri bahwa Anda bisa menjawab tantangan yang diberikan, juga ada pengalaman yang sangat berharga yang bisa Anda petik walau Anda tidak memenangkan Event tersebut.

Juga dengan mengikuti event dan give away itu, membuat blog Anda dikenali banyak orang, karena pastinya orang-orang yang mengikuti event tersebut juga akan mencari referensi dan rujukan untuk menyelesaikan event itu, dan tentunya yang mereka buat rujukan adalah blog yang sudah menyelesaikan tantangan event tersebut. Jadi usahakan Anda membuat postingan lebih awal, walau Anda ridak memenangkan event itu, tapi blog anda menjadi titik acuhan dan referensi bagi blog lain untuk menyelesaikan event tersebut.
Baca juga : Penunjang konten blog lebih cantik dan menarik dengan Asus-Intel                 Serunya event pertama yang diikuti dan Hadiah kejutan
Bukankah itu sebuah kebanggan tersendiri?, saat Anda yang pemula menjadi rujukan dan referensi bagi mereka yang sudah berkecimpung lama di dunia blogger.

***
Sekian sudah tip dari saya tentang Bagaimana cara agar termotivasi untuk tetap menulis, menulis itu butuh kemauan keras dan konsistensi agar tetap termotivasi untuk tetap menulis. ^_^


Pandaan, 10.01.17
Dewi Na Irawan



Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 

Perihal Diri Copyright © 2013 Minima Template
Designed by BTDesigner · Powered by Blogger