Wednesday, 21 December 2016

Kiat Mempersiapkan Rencana Liburan Akhir Tahun Yang Murah Dan Menyenangkan

Desember adalah bulan terakhir dalam setahun, artinya kamu akan memiliki sejumlah hari libur yang cukup panjang. Hal ini tentu dikarenakan hari Natal dan Tahun baru, juga karena Hari libur bagi anak sekolah dasar setelah ujian tengah semestaer.

Menikmati masa liburan yang panjang tentu akan memberi kita kebebasan untuk liburan ke tempat-tempat wisata yang mungkin saja belum pernah kita datangi sebelumnya. Waktu liburan yang panjang juga akan memberi kita keleluasaan untuk melakukan berbagai hal yang selama ini tidak sempat kamu lakukan atau hanya terpendam dalam buah pikiran yang tak terlaksanakan.

Liburan panjang mau kemana?

Namun, setiap pemikiran dan rencana liburan harus di rencanakan secara matang jauh-jauh hari. Kita tidak inginkan, jika liburan yang kita inginkan gagal di hari H dan berujung menghabiskan waktu diam dirumah. Maka dari itu ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan sebelum memutuskan untuk liburan.

Menyusun Rencana Tujuan Perjalanan

Hal pertama yang wajib kita lakukan adalah menyusun rencana liburan. Se-enggaknya Kita harus mengetahui dengan jelas ke mana dan apa saja yang akan kita lakukan selama liburan ini. Dengan begitu kita akan bisa melakukan berbagai persiapan dan mencari informasi tentang tujuan liburan nanti.

Sepertinya berdiam diri saat liburan panjang bukanlah sesuatau yang menyenangkan dan membosankan, jadi merencanakan sebuah perjalanan selama masa liburan nanti adalah hal yang tepat agar bisa bersenang-senang dan sedikit melupakan sejenak rutinitas tempat kerja.

Kita cari informasi wisata liburan yang tepat, bila perlu kita voting dan berdiskusi dengan keluarga tentang tujuan kita berlibur. Setelah ketemu tempatnya, baru kita cari informasi tentang tujuan kita itu, tentang persiapan yang dilakukan dan tentang biaya yang mungkin dikeluarkan.
Baca juga : Tempat Wisata Yang Menarik Di Malang

Atur Anggaran Sejak Awal Dengan Biaya Yang Paling Minim

Perhitungkan budget sebelum memulai sebuah liburan
Liburan tentu akan membutuhkan sejumlah Biaya, dan kita harus menyusun dan mengumpulkan anggaran yang tepat untuk liburan ini jauh-jauh hari. Intinya anggaran yang kita keluarkan untuk liburan bukan termasuk anggaran untuk kebutuhan sehari-hari. Jadi disaat balik dari liburan, Anggaran belanja harian tetap terjaga.

Tentunya kita juga harus menyesuaikan anggaran kita dengan liburan yang kita inginkan. Jika memang anggaran tidak begitu besar, rencanakan tujuan liburan yang tidak begitu membutuhkan biaya besar, terutama dalam tiket masuk atau masalah penginapan jika memang membutuhkan.
Baca juga  Menabung Tidak Pakai Ribet Dengan Simpanan Online Sobatku

Kalau Bisa Jangan Sampai Menganggu Pekerjaan Kantor

Persiapan yang matang, akan membuat liburan kita lebih menyenangkan. Sebelum bepergian liburan, maka akan sangat tepat jika kita telah menyesuaikan jadwal perjalanan dengan cuti yang kita miliki dari kantor. Juga tentang anak-anak dengan urusan sekolahnya.

Jangan sampai liburan ini justru menganggu pekerjaan yang berujung negatif dalam penilaian kinerja kantor, juga jangan sampai anak-anak kita harus bolos sekolah hanya karena liburan kita. Jadi pemilihan waktu harus sangat cermat dalam memilih waktu untuk liburan.

Harus Rela Berhemat Agar Liburan Panjang Tidak Mengenaskan

Usahakan berhemat agar ada budget untuk oleh-oleh di ujung liburan

Belanja adalah hal wajib dalam berlibur, sekedar beli oleh-oleh untuk keluarga dirumah atau sekedar mencicipi kuliner khas daerah wisata membutuhkan anggaran yang besar. Jika perjalanan masih panjang, kita harus lebih bijak dalam membelanjakan setiap sen untuk keperluan yang tepat.

Membeli oleh-oleh boleh saja, tapi tetap harus bijak dan memperkirakan apakah dana akan sampai di ujung liburan ini. Kita tidak mau kan kehabisan uang saat perjalanan belum berakhir, mending belilah oleh-oleh seadanya atau beli saja oleh-oleh disaat perjalanan tersebut akan berakhir.

Kita juga bisa menghemat dengan membeli snack sesuai dengan kebutuhan kita, seperti air minum itu wajib dibeli, trus beli saja snack seperti roti atau hapitos secukupnya. Atau jika perjalanan ke tempat wisata harus dilakukan dengan naik becak atau ojek, kita lakukan dengan jalan kaki. Selain berhemat mungkin kita bisa menikmati pemandangan sekitar secara perlahan.
Baca juga : Tempat-tempat Yang Biasanya Menjadikan Pria dan Wanita Saling Jatuh Cinta

Teliti Harga Sebelum Mencicipi Kuliner

Mendatangi tempat baru tentu akan membuat kita bersemangat untuk menikmati beragam kuliner di sana. Maka dari itu perlu kita rencanakan terlebih dahulu letak kuliner yang enak dan murah di sekitar wisata tersebut.

Jangan sampai kita masuk dan mencicipi kuliner disana dan baru sadar bahwa makanan tersebut cukup menguras isi kantong. Dan akhirnya anggaran jatah untuk oleh-oleh terpakai untuk menikmati kuliner yang mungkin saja bisa kita minimalisir dengan mencari makanan yang lebih murah.

Mencari Wisata Yang Gratis

Nah, jika moment liburan panjang akan membutuhan banyak biaya, tapi jika ditengah-tengah kita sisipkan perjalanan ke sebuah tempat wisata yang GRATIS mungkin akan menghemat pengeluaran biaya.

Banyakloh tempat wisata yang tidak menargetkan tiket masuk untuk mengunjunginya, seperti Alun-alun kota atau ada Event bazar atau event lainnya. Jadi kita bisa bersenang-senang tanpa harus memusingkan biaya tambahan lainnya.
Baca juga   Rekreasi edukatif di wisata kebun kurma Pasuruan
****

Perlu saya ingatkan kembali bahwa akan sangat menyenangkan sekali liburan panjang kita isi dengan perjalanan jauh ke tempat wisata, jadi bijaklah memilih tempat wisata sesuai budget keluarga kita juga jadwal yang tepat agar tidak menganggu rutinitas kewajiban.

Selamat Bersenang-senang

Pandaan 21 Desember 2016
Dewi'Na Irawan

Perihal Diri
Perihal Diri Updated at: 21:49:00
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 

Perihal Diri Copyright © 2016 Minima Template
Designed by BTDesigner · Powered by Blogger