Tuesday, 20 December 2016

4 Hal Yang Perlu Diputuskan Saat Memulai Membuat Blog Baru Agar Tetap Konsisten Dalam Berkarya

Membuat blog yang cantik dan menarik tentu sangat di inginkan bagi pemula seperti saya dulu, apalagi ramai dikunjungi oleh pengunjung. Melihat dari blog-blog lain dengan tampilan yang ciamik membuat diri kita tertarik untuk membuat blog seperti itu.

Tapi perlu di ingat bahwa sebelum kita menginginkan membuat blog, kita harus paham apa Tujuan kita untuk membuat blog. Apa hanya sekedar ikut-ikutan atau memang kita sendiri menginginkan untuk membuatnya dengan kemauan sendiri.

4 Hal Yang Perlu Diputuskan Saat Memulai Membuat Blog Baru Agar Tetap Konsisten Dalam Berkarya
Kan rasanya buang-buang waktu jika kita sudah susah payah membuat tampilan blog ciamik tapi isi dari blog hanya lembaran kosong tanpa arti. Kita harus pahami, ketika kita memutuskan untuk membuat blog kita sudah tahu konsekuensi untuk berkemauan keras tetap berkarya mengisi artikel didalamnya.

Konsistensi dalam menulis bisa didapat dari awal membuat sebuah blog. Jadi kita harus benar-benar memilih dan memikirkan langkah awal apa saja yang diperlukan saat membuat blog. Berikut hal yang perlu di perhatikan saat memulai membuat blog baru.

1. Nama Blog dan Deskripsi

Ini adalah point awal untuk mengawali membuat sebuah blog yang baik. Tentunya kita harus memikirkan nama yang tepat untuk blog kita terlebih dahulu beserta pandangan kita menjadikan blog ini seperti apa.

Judul blog yang baik meningkatkan kosistensi dalam menulis

Jika kita menginginkan blog ini menjadi catatan pribadi atau diari, mungkin mengunakan nama sendiri sebagai judul blog adalah hal pertama yang kita pikirkan.

Seperti halnya blog saya, tujuan awal saya membuat blog ini adalah untuk catatan diary saya, atau artikel yang saya buat dengan ide sendiri. Makanya saya namakan "Perihal diri" yang artinya segala hal tentang diri.

Kok logo bannernya tentang gambar peri?

Entah, saya juga asal-asalan membuat banner header seperti itu, mungkin sedikit nyambung dengan "peri" adalah mahluk dari negeri dongeng, sedangkan blog saya juga bertujuan untuk menjadi dongeng buat anak dan cucu entar.

Nama blog yang menarik akan membuat pengunjung penasaran dengan isi dari blog, begitupun dengan pemiliknya, jika nama blog mengingatkan sesuatu yang berharga bagi kita, mungkin kita akan semangat dalam membuat postingan dan konsisten untuk terus melakukannya.
Baca juga  Menulis Di Blog Itu Tidaklah Mudah, Perlu Latihan Biar Tetap Konsisten

2. Alamat Url Blog

Alamat blog menentukan kesenangan dalam menulis

Alamat url juga perlu untuk dipikirkan masak-masak, karena alamat blog ini tidak bisa diganti berkali-kali seperti Nama blog.

Alamat yang baik itu mudah di ingat oleh orang lain, tidak terlalu panjang dan tidak mengandung angka atau karakter lainnya. Kalau saya sendiri, ketika searching di Google dan mendapati rekomendasi blog tentang artikel yang saya cari, tapi alamat blognya kurang menyakinkan, entah ada angka atau karakter laib, maka saya lebih memiih blog yang lain yang jelas alamat urlnya, singkat dan menarik untuk dikunjungi.

Seperti punya saya dulu sebelum beralih ke domain peridiri.blogspot.com. singkat, padat dan sama dengan judul blognya.

Mengganti nama blog sangat beresiko jika sudah terlanjur banyak visitor yang datang tiap harinya, selain akan menurunkan kunjungan tiap harinya, juga kita akan kehilangan backlink yang telah tertanam di blog kita.

Jadi alamat url yang baik, selain membuat pengunjung penasaran dengan isi blognya, juga membuat rasa lega bagi pemiliknya.
Baca juga  Cara Agar Mendapat Banyak Komentar di Blog Dengan Mudah

3. Tema Blog

Sebelum membuat blog, kita juga harus memikirkan tema dari blog yang kita buat, kalau bisa, judul blog berhubungan dengan tema yang kita inginkan. Seperti kita menginginkan blog kita itu berisi tentang puisi, mungkin judul yang tepat seperti lantunan jiwa, jeritan sanubari, diksi hati dan sebagainya. Intinya judulnya agak menjurus ke sebuah puisi.

Begitu juga kalau kita menginginkan blog kita berisi berita-berita, maka nama yang ada kata news, radar, headline, radar mungkin bisa jadi pilihan.

Tema yang sama atau berhubungan dengan nama blog akan terlihat lebih menarik untuk dikunjungi.

4. Tampilan Blog

Menganti theme blog akan berdampak pada traffick blog

Dan terakhir, ini yang paling penting. Tampilan blog yang menarik akan membuat pengunjung betah untuk berkunjung, selain itu kita juga akan bersemangat untuk berkarya kalau tampilan blog kita sudah kece.

Kalau saya sendiri, tampilan itu yang paling utama, karena bagi saya, ketika blog kita terlihat bagus di mata kita, ada rasa puas tersendiri yang timbul dalam hati, tentunya rasa puas tersebut akan memotivasi kita untuk terus menulis.

Kalau bisa jangan pernah ubah berkali-kali tampilan Theme blog, karena akan berpengaruh sekali terhadang visitor maupun index di Google. Jadi perlu diputuskan saat diawal membuat blog, dari tampilan serta widget-widget yang sesuai dengan tema yang kita ambil dalam membuat blog.
Baca juga Cara Membuat Page Sitemap/Daftar Isi Keren Dan Seo Friendly
**** 

Itulah 4 hal yang harus diputuskan sebelum memutuskan untuk membuat sebuah blog menurut saya pribadi. Bila Anda mempunya saran atau hal baru saat mau memulai membuat blog, boleh dishare di komentar.

Sekian Terima kasih


Pandaan, 20.12.2016
Dewi Na Irawan

Perihal Diri
Perihal Diri Updated at: 03:58:00
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 

Perihal Diri Copyright © 2016 Minima Template
Designed by BTDesigner · Powered by Blogger